Tutorial Cara Mengisi SKU Penjual di TikTok Shop dengan Mudah

Tutorial cara mengisi SKU penjual di tiktok shop dari Alkisahnews.com. Penting bagi Anda untuk memahami metode efektif dalam mengimplementasikan SKU (Stock Keeping Unit) di TikTok Shop. Usahakan agar kode SKU ini terlihat jelas dan mudah dibaca oleh konsumen. Ini merupakan langkah esensial untuk mempermudah proses belanja mereka di toko Anda.

Selanjutnya, kita akan menggali lebih dalam tentang SKU, termasuk keuntungannya dan cara pengisian SKU oleh penjual di TikTok Shop yang dapat meningkatkan daya tarik toko Anda bagi pelanggan. Jangan biarkan rasa penasaran Anda bertambah, mari kita langsung menjelajahi lebih lanjut melalui artikel ini!

Baca Juga : Apakah TikTok Shop Bakal Efektif ?

Cara Umum Membuat SKU Produk di TikTok

Membuat SKU (Unit Pemeliharaan Stok) adalah proses yang sederhana. Anda hanya perlu menambahkan kode untuk kategori tertentu. Sebagai ilustrasi, bila Anda menjajakan barang-barang fashion, awalilah dengan kode unik yang merepresentasikan jenis barang tersebut, diikuti oleh detail lebih lanjut seperti ukuran dan warna. Metode ini efektif untuk memisahkan spesifikasi dan label setiap varian produk yang Anda tawarkan.

Misalnya, untuk SKU produk pramuka, kode BLS-M-PINK-01 dapat digunakan. Di sini, ‘BLS’ merupakan singkatan dari Blouse, ‘M’ menunjukkan ukuran, ‘PINK’ adalah warna, dan ’01’ menandakan motif bunga tertentu. Anda juga dapat menciptakan nomor SKU yang lebih mudah diingat dan sesuai dengan produk Anda sendiri.

Simak Juga : Cara Menghapus Tulisan Tiktok

2 Langkah Cara Mengisi SKU Produk di TikTok Shop

Anda perlu melalui dua tahap utama. Langkah pertama adalah mendaftarkan diri sebagai penjual dan kemudian mengunggah produk Anda secara online di TikTok Shop. Agar tidak ada kebingungan, mari kita ulas secara rinci langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Mendaftar di TikTok Seller Center untuk TikTok Shop

Sebelum Anda memulai pengisian SKU untuk penjual di TikTok, penting bagi Anda untuk membuat dan mengaktifkan akun di TikTok Seller Center. Ini adalah syarat utama untuk dapat mengupload produk di TikTok. Berikut adalah prosedur yang dapat Anda ikuti untuk mengaktifkan akun Anda di TikTok Seller Center.

Mengakses TikTok Seller Center Melalui Browser

Anda dapat mengunjungi situs TikTok Seller Center menggunakan perangkat yang Anda miliki. Di sana, Anda akan diarahkan untuk mendaftar sebagai penjual. Anda memiliki pilihan untuk menggunakan akun TikTok pribadi Anda atau membuat akun baru yang dikhususkan untuk keperluan bisnis.

Masuk atau Daftar untuk Akun TikTok Seller

Apabila Anda telah memiliki akun, Anda bisa langsung masuk ke TikTok Seller Center. Jika belum, terdapat pilihan untuk mendaftar menggunakan Akun TikTok Anda. Bagi yang belum mempunyai akun TikTok, Anda dapat membuat akun TikTok Seller dengan memanfaatkan nomor telepon atau alamat email.

Melengkapi Data Toko Anda

Setelah berhasil masuk atau mendaftar, Anda akan diarahkan ke sebuah halaman pengisian informasi. Di sini, Anda harus mengisi detail-detail penting bisnis Anda seperti alamat toko, nama orang yang dapat dihubungi, serta nomor telepon yang aktif. Setelah semua informasi terisi, Anda bisa melanjutkan dengan menekan tombol untuk mulai menambahkan produk.

Melakukan Verifikasi Toko di TikTok

Tahap berikutnya dalam proses ini adalah verifikasi akun Anda. Ini bisa dilakukan dengan memilih opsi ‘Verify Document’. Setelah itu, Anda akan melihat pilihan untuk ‘Upload Documents’. Di sini, Anda harus menentukan jenis bisnis Anda, apakah itu bersifat korporat atau individual.

Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen identitas, seperti foto KTP. Dokumen ini dapat diunggah dalam format seperti .pdf, .jpeg, .jpg, atau .png. Ingatlah untuk memastikan bahwa ukuran file tidak melebihi 10MB. Setelah semua persyaratan terpenuhi, lanjutkan dengan menekan tombol “Submit”.

Simak Juga : Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Tiktok Shop

2. Cara Mengisi SKU Penjual di TikTok

Aktivasi Akun TikTok Seller Center dan Pengisian SKU

Segera setelah akun TikTok Seller Center Anda aktif, Anda dapat memulai proses mengunggah produk Anda di TikTok, serta mengisi SKU. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk pengisian SKU bagi penjual di TikTok Shop. Mari kita mulai!

Mengunggah Produk ke TikTok Shop

  1. Untuk mengunggah produk Anda di TikTok, pertama-tama masuk ke akun Seller Center di TikTok Shop. Dari halaman utama, navigasikan ke bagian ‘Produk’ dan pilih opsi ‘Tambah Produk’.
  2. Mengisi Informasi Dasar Produk. Langkah ini melibatkan pengisian informasi dasar tentang produk Anda, termasuk nama produk, kategori, merek, gambar, dan deskripsi produk. Setelah mengisi semua informasi ini, Anda dapat melanjutkan dengan menekan tombol ‘Terbitkan’ untuk mengunggah produk tersebut.

Singkronkan SKU Produk TikTok

Setelah berhasil mengunggah seluruh produk Anda, langkah berikutnya adalah menyinkronkan SKU, jumlah stok, dan harga produk. Ini memastikan bahwa setiap perubahan pada produk dapat diperbarui secara otomatis. Anda dapat melakukan sinkronisasi produk di TikTok Shop menggunakan berbagai alat dari pihak ketiga. Bagi Anda yang belum menggunakan SmartSeller, berikut adalah panduan untuk mengisi SKU penjual di TikTok Shop.

  • Pertama, akses fitur sinkronisasi SKU
  • Buka menu Integrasi.
  • Pilih opsi TikTok Shop.
  • Klik pada fitur Impor/Sync Produk untuk produk di TikTok Shop yang ingin Anda sinkronkan.
  • Pilih ‘Ya, impor’.
  • Sistem manajemen inventaris akan memproses impor produk Anda dari akun TikTok Shop. Anda akan diberitahu ketika proses impor berhasil.
  • Setelah proses impor selesai, produk-produk Anda akan tersedia di menu Produk, di bawah sub-menu Daftar Produk.

Langkah berikutnya adalah membuat master produk, termasuk SKU yang diisi secara rinci. Inilah penjelasan tentang SKU dan metode pengisian SKU penjual di TikTok Shop, yang umumnya digunakan untuk mengidentifikasi daftar dalam invoice dan pemesanan. (Alkisahnews.com)

Tinggalkan Balasan