Cara Screenshot di Laptop dengan Sangat Mudah

Alkisahnews.com – Melakukan tangkapan layar atau mengambil screenshot tak hanya dapat dilakukan melalui ponsel. Ternyata hal tersebut juga dapat dilakukan pada perangkat komputer atau laptop dengan cara yang mudah dan cepat. Bukan sebagian, melakukan tangkapan layar pada laptop bisa dilakukan secara keseluruhan. Bagaimana caranya? Simak ulasan perihal cara screenshot di laptop berikut ini!

Baca Juga : Cara Mematikan Laptop

Cara Screenshot Panjang di Laptop

Tak hanya satu, terdapat beragam cara screenshot di laptop yang bisa Anda pilih untuk melakukan tangkapan layar pada laptop. Anda bisa melakukan tangkapan layar menggunakan tombol fungsi yang terdapat pada laptop bahkan menggunakan snipping tool. Berikut merupakan 8 cara mudah melakukan tangkapan layar pada laptop!

1. Menggunakan Tombol Fungsi PrtScn (Print Screen)

Cara screenshot di laptop Windows 10 yang pertama dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol fungsi print screen yang terdapat pada laptop. Untuk melakukan tangkapan layar secara keseluruhan, Anda dapat memencet tombol PrtScn yang ada di bagian atas keyboard. Menggunakan cara ini tangkapan layar tidak akan disimpan dalam bentuk berkas, melainkan disalin ke clipboard.

Oleh karena itu, sebelum melakukan penyimpanan Anda harus terlebih dahulu membuka salah satu aplikasi pengeditan gambar seperti misal paint atau microsoft word. Baru kemudian Anda dapat melakukan penyalinan hasil tangkapan layar ke dalam aplikasi kemudian menyimpannya di dalam perangkat.

2. Memanfaatkan Tombol Alt + PrtScn pada Keyboard

Cara ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan tangkapan layar secara cepat pada beberapa laptop, salah satunya Asus. Cara Screenshot di Laptop Asus ini adalah memanfaatkan tombol fungsi Alt + PrtScn yang terdapat di dalam keyboard.

Menggunakan tombol fungsi ini Anda akan dapat melakukan penangkapan layar windows yang sedang aktif dan melakukan penyalinan tangkapan layar ke clipboard. Sama halnya seperti cara yang pertama, untuk dapat melakukan penyimpanan Anda harus membuka salah satu aplikasi foto baru kemudian menyimpan hasil tangkapan layar.

3. Menggunakan Tombol PrtScn dan Windows Key

Selanjutnya, Cara Screenshot di Laptop Acer dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol fungsi Windows Key dan PrtScn. Anda dapat melakukan tangkapan layar secara otomatis hanya dengan menekan tombol Windows key + PrtScn yang terdapat di dalam keyboard perangkat.

Ketika Anda sedang memencet kedua tombol tersebut secara bersamaan, layar laptop Anda akan meredup beberapa saat. Hal ini merupakan tanda bahwa Anda baru saja melakukan pengambilan tangkapan layar dan hasilnya akan disimpan di dalam folder gambar dengan sub folder tangkapan layar (screenshot).

4. Memanfaatkan Tombol Fungsi Windows Key + Shift + S

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa melakukan Cara Screenshot di Laptop Lenovo dengan memanfaatkan tombol fungsi Windows Key + Shift + S yang terdapat di dalam keyboard. Seperti halnya cara ketiga, ketika tombol fungsi ini ditekan, layar laptop Anda akan meredup dalam waktu beberapa saat.

Kemudian penunjuk tetikus laptop Anda akan berubah. Pada saat ini Anda dapat menarik kursor untuk memilih bagian layar yang akan Anda ambil gambarnya. Hasil tangkapan layar ini akan disalin ke clipboard yang dapat ditempelkan ke aplikasi atau program lain. Catatan, pintasan ini hanya berfungsi apabila Anda menginstal OS Windows 10 versi paling baru.

5. Manfaatkan Keberadaan Tombol Logo Windows + Volume Turun

Anda pengguna perangkat Microsoft Surface? Memanfaatkan keberadaan tombol fungsi logo Windows + Volume turun yang terdapat di dalam keyboard. Anda dapat menggunakan tombol fisik untuk melakukan pengambilan layar dari seluruh layar perangkat.

Sama dengan cara cara screenshot di laptop hp, untuk melakukan tangkapan layar menggunakan tombol fungsi ini Anda hanya perlu menekan tombol sentuh logo Windows yang terdapat di bagian bawah layar Surface sekaligus menekan tombol volume turun fisik di pada sisi tablet. Layar Anda akan meredup sesaat dan tangkapan layar akan secara otomatis tersimpan ke dalam folder gambar.

6. Menggunakan Game Bar

Cara Screenshot zoom di laptop Macbook. Anda dapat menggunakan game bar untuk mengambil tangkapan layar, baik saat sedang bermain game atau tidak. Anda hanya perlu menekan tombol Windows + G untuk memunculkan game bar.

Melalui tombol ini Anda dapat melakukan tangkapan layar di game bar atau menggunakan pintasan menggunakan tombol Windows + Alt + PrtSc untuk mengambil screenshot layar penuh.

7. Manfaatkan Snipping Tool

Snipping tool merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar pada laptop. Melalui aplikasi ini Anda dapat mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel. Seperti misalnya dalam bentuk persegi panjang, melakukan tangkapan layar Windows yang aktif saja, bahkan sampai dengan tangkapan layar secara penuh.

Cara Screenshot zoom di Laptop, cukup dengan memencet tombol fungsi Windows + Shift + S dan Anda dapat langsung bisa memilih area yang ingin discreenshot. Perlu Anda ketahui, aplikasi ini tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar. Anda harus menyimpan secara manual di aplikasi tersebut sebelum keluar. Jika sudah aplikasi ini akan secara otomatis menyalin tangkapan layar pada clipboard.

8. Menggunakan Aplikasi LightShot

Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi untuk memilih dan menyesuaikan tangkapan layar pada laptop, aplikasi pihak ketiga yang bernama LightShot bisa Anda manfaatkan. Aplikasi ini akan jauh lebih baik Anda gunakan untuk Anda seorang profesional. Kendati demikian bukan berarti Anda yang tidak profesional tidak bisa memanfaatkan LightShot.

Simak Juga : Harga Keyboard Laptop

Cara Menyimpan Screenshot di Laptop

Setelah mengetahui 8 cara melakukan tangkapan layar pada laptop, berikutnya adalah mengetahui cara melakukan penyimpanan hasil tangkapan layar di dalam laptop. Bagaimana caranya?

Anda dapat melakukan penyimpanan dengan mengklik tombol CTRL + S yang terdapat di dalam keyboard. Berikutnya, isi nama pada bagian file name, lanjutkan dengan memilih format yang Anda inginkan pada bagian save as type dan berikutnya klik save.

Lebih dari itu, screenshot laptop juga dapat Anda lakukan melalui website. Tersedia beragam website yang dapat Anda akses untuk melakukan screenshot. Lain dari cara screenshot sebelum-sebelumnya, melalui website Anda hanya dapat melakukan tangkapan layar dari halaman website.

Untuk melihat hasil tangkapan layar, Anda dapat masuk ke dalam folder tempat hasil tangkapan tersebut Anda simpan. Misalnya Anda menyimpan hasil tangkapan di dalam folder picture, maka Anda dapat membuka folder tersebut untuk melihat hasil tangkapan.

Cara lengkapnya, adalah buka folder picture kemudian cari hasil tangkapan layar Anda dan buka dengan cara mengklik dua kali tetikus laptop. Beberapa saat kemudian hasil tangkapan layar tersebut akan muncul di hadapan Anda.

Demikian informasi terkait cara screenshot di laptop yang dapat menjadi bahan referensi. Ingat ya, selain menggunakan cara-cara manual dengan memanfaatkan tombol fungsi pada keyboard Anda dapat melakukan tangkapan layar melalui website atau aplikasi pihak ketiga. Gunakan cara yang menurut Anda paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. (PC)