Cara Mengembalikan Akun yang Terkena “Shadowban” TikTok

Tutorial Tentang Bagaimana Cara Mengembalikan Akun yang Terkena “Shadowban” TikTok. Mari kita simak pembahasannya di artikel singkat ini.

Menghadapi shadowban di TikTok memang bisa berakibat buruk, terutama untuk bisnis-bisnis kecil dan menengah. Situasi seperti ini dapat menurunkan pendapatan dari penjualan.

Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk waspada dan menghindari aktivitas yang bisa menyebabkan akun mereka terkena shadowban atau blokir unilateral.

Simak Juga : Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Tiktok Shop

Tip Cara Mengembalikan Akun yang Terkena “Shadowban” TikTok

Jika akun Anda sudah terkena shadowban di TikTok, Yosef Abas, pendiri SekolahPebisnis dan pelatih pemasaran, menawarkan strategi untuk memulihkan akun yang terkena dampak. Menurut Yosef, live selling adalah teknik pemasaran yang efektif, dan TikTok merupakan platform pilihan utama bagi banyak pelaku usaha kecil dan menengah.

Kesempatan ini sangat berarti bagi peningkatan penjualan. Namun, shadowban yang menarget konten atau akun UMK pada TikTok menjadi hambatan serius dalam pemasaran melalui live selling. Yosef menegaskan, “Setiap platform media sosial mempunyai aturan yang unik, termasuk TikTok.

Yosef menekankan bahwa pengguna yang tidak mematuhi aturan TikTok akan menghadapi konsekuensi, termasuk risiko shadowban. Dia menyarankan agar pengguna berhati-hati dalam mengelola akun mereka, terutama saat menggunakan platform untuk berjualan, agar tetap aman dan nyaman.

Dia menjelaskan bahwa shadowban merupakan sebuah tindakan pemblokiran yang diterapkan oleh TikTok ketika sebuah akun bisnis melanggar pedoman komunitas atau peraturan platform. Akun atau konten yang melanggar ini akan diblokir.

Beberapa alasan yang dapat menyebabkan akun terkena shadowban termasuk pelanggaran aturan dasar, aktivitas spam dari akun atau konten, menyebut aplikasi atau platform jual beli lain, menggunakan bahasa kasar saat siaran langsung, dan merokok selama siaran langsung.

Oleh karena itu, para pelaku live selling di TikTok harus waspada dalam memilih kata-kata dan strategi saat siaran langsung.

Beberapa indikator bahwa sebuah akun mungkin terkena shadowban termasuk: video yang tidak muncul di halaman For Your Page (FYP), ketidakmampuan menemukan konten melalui pencarian, kesulitan bagi orang lain dalam menemukan konten akun tersebut, penurunan jumlah tayangan pada konten lain, serta kesulitan mendapatkan penonton saat siaran langsung.

Simak Juga : Cara Cek Resi TikTok Shop Melalui Aplikasi dan Website

Apabila sebuah akun sudah terkena shadowban, ada empat langkah yang bisa diambil untuk mengatasi situasi tersebut:

Meningkatkan Akun ke Versi TikTok Pro

Mengupgrade akun ke TikTok Pro memberikan manfaat yang signifikan dibandingkan dengan menggunakan versi standar. Sebagai pengguna TikTok Pro, Anda akan mendapat akses ke fitur analisis mendetail, termasuk informasi tentang shadowban pada akun Anda.

Ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Menghapus Konten yang Mendapat Shadowban

Apabila TikTok mengidentifikasi konten yang melanggar aturan mereka dan memberikan shadowban, hal ini dapat mempengaruhi jumlah penonton Anda. Jika ini terjadi, tidak perlu khawatir. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghapus konten yang mendapat shadowban.

Setelah itu, fokuslah pada pembuatan dan pengunggahan konten baru yang sesuai dengan pedoman komunitas TikTok, untuk menghindari masalah serupa di masa depan.

Sebagai langkah penutup dalam mengatasi masalah shadowban di TikTok, penting untuk memahami bahwa kesabaran dan konsistensi adalah kunci.

Setelah Anda menghapus konten yang melanggar pedoman dan meningkatkan akun Anda ke TikTok Pro, tetaplah aktif dengan membuat konten yang sesuai dengan standar komunitas. Rutin memonitor performa akun dan berinteraksi dengan pengikut secara positif juga sangat membantu. Ingat, pemulihan dari shadowban bisa membutuhkan waktu; jadi, jangan berkecil hati.

Tetaplah berkreasi dengan penuh tanggung jawab dan integritas, dan secara bertahap, Anda akan melihat akun Anda pulih dan kembali berinteraksi dengan audiens Anda secara normal. Kesuksesan di TikTok bukan hanya tentang popularitas, tetapi juga tentang membangun komunitas yang sehat dan menghargai pedoman yang telah ditetapkan.

Baca Juga Informasi : TikTok Shop

Tinggalkan Balasan