Cara Menggunakan Fitur Split Screen di HP Xiaomi untuk Multitasking yang Efektif

Tutorial Cara Split Screen Xiaomi – Alkisahnews.com. Dalam dunia yang serba cepat dan digital, kemampuan untuk melakukan multitasking dengan efisien menjadi sangat penting. Fitur split screen atau layar terbagi pada smartphone Xiaomi memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Berikut adalah panduan mendetail untuk memanfaatkan fitur ini secara maksimal.

Mengaktifkan Fitur Split Screen

Sebelum kita menyelami langkah-langkah penggunaan, pastikan smartphone Xiaomi Anda mendukung fitur ini dengan menjalankan MIUI versi 9 atau lebih tinggi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan fitur split screen:

Persiapan Awal:

  • Masuk ke Setelan:
    • Buka aplikasi ‘Setelan’ pada perangkat HP Xiaomi Anda.
    • Gulir ke bawah dan pilih ‘Setelan Tambahan’.
  • Aktivasi Fitur Split Screen:
    • Dalam menu ‘Setelan Tambahan’, cari dan pilih ‘Pintasan Tombol’.
    • Temukan opsi ‘Buka Layar Split’ dan pilih gestur atau tombol yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur split screen.

Langkah-Langkah Cara Split Screen Xiaomi

Setelah fitur split screen diaktifkan, Anda dapat mulai menggunakannya dengan mengikuti langkah-langkah ini:

Untuk MIUI 9 hingga 11:

  • Mengakses Recent Apps:
    • Tekan tombol di pojok kiri bawah untuk membuka ‘Recent Apps’.
    • Cari dan pilih opsi ‘split screen’ di bagian atas.
  • Memilih Aplikasi:
    • Seret aplikasi yang ingin digunakan ke area atas layar untuk mengaktifkan mode split screen.
    • Pilih aplikasi kedua untuk mengisi bagian bawah layar.

Untuk MIUI 11 ke Atas:

  • Mengaktifkan Split Screen:
    • Gunakan gestur atau metode yang telah Anda setel sebelumnya untuk mengaktifkan split screen.
    • Layar akan terbagi menjadi dua, memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Tips dan Trik Efektif dalam Menggunakan Split Screen

  1. Pemilihan Aplikasi: Tidak semua aplikasi kompatibel dengan fitur split screen. Pastikan aplikasi yang ingin digunakan mendukung fitur ini.
  2. Multitasking Efisien: Manfaatkan split screen untuk situasi seperti menonton tutorial di YouTube sambil mengambil catatan, atau menjawab email sambil menjelajahi web.
  3. Pengaturan Tampilan: Anda dapat menyesuaikan ukuran tampilan setiap aplikasi dengan menggeser batas yang memisahkan kedua aplikasi di layar.
  4. Penghematan Waktu: Gunakan fitur ini untuk menghemat waktu, misalnya memeriksa kalender sambil merencanakan acara melalui aplikasi perpesanan.
  5. Kustomisasi Pengalaman Pengguna: Eksperimen dengan berbagai kombinasi aplikasi untuk menemukan setup yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Contoh Kasus Penggunaan Fitur Split Screen pada HP Xiaomi

1. Mengerjakan Tugas Kantor sambil Mengikuti Webinar

Bayangkan Anda sedang bekerja dari rumah dan perlu mengikuti webinar penting sambil tetap memantau email kerja Anda. Dengan fitur split screen, Anda dapat membuka aplikasi Zoom di satu sisi layar untuk mengikuti webinar, dan di sisi lainnya, Anda dapat membuka aplikasi email seperti Outlook atau Gmail. Hal ini memungkinkan Anda untuk tetap aktif dalam webinar sambil cepat merespons email penting yang masuk.

2. Belanja Online sambil Membandingkan Harga

Saat Anda ingin membeli produk baru dan sedang membandingkan harga di berbagai platform e-commerce, fitur split screen sangat berguna. Anda bisa membuka aplikasi Tokopedia di satu sisi dan Shopee di sisi lainnya, memungkinkan Anda untuk membandingkan harga dan penawaran secara langsung tanpa harus berganti-ganti aplikasi.

3. Menavigasi Petunjuk Arah sambil Mendengarkan Musik

Jika Anda sedang berkendara dan perlu petunjuk arah dari Google Maps, tetapi juga ingin mendengarkan playlist favorit Anda di Spotify, fitur split screen memungkinkan Anda melakukan keduanya secara bersamaan. Dengan begitu, Anda dapat mengikuti navigasi tanpa melewatkan trek musik favorit Anda.

4. Membaca Resep Masakan sambil Menonton Video Tutorial

Ketika Anda mencoba resep baru dan membutuhkan bantuan visual, fitur split screen memungkinkan Anda untuk membuka blog resep di satu sisi layar dan video tutorial memasak di YouTube di sisi lainnya. Ini sangat membantu untuk mengikuti langkah-langkah resep sambil melihat demonstrasi langsung cara memasaknya.

5. Chatting sambil Menonton Film atau Serial

Kadang kala, saat menonton film atau serial di Netflix, kita juga ingin berbagi tanggapan atau diskusi dengan teman di WhatsApp atau media sosial. Dengan split screen, Anda dapat menonton di satu sisi layar dan mengobrol di aplikasi perpesanan di sisi lain, memungkinkan interaksi sosial sambil menikmati tayangan.

Kesimpulan

Fitur split screen pada perangkat Xiaomi merupakan alat yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan smartphone. Dengan panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengatur dan menggunakan fitur ini sesuai kebutuhan. Selamat mencoba dan nikmati pengalaman multitasking yang lebih lancar dan efisien dengan smartphone Xiaomi Anda!

Simak Juga : Cara Hapus Akun Google di HP Xiaomi

Tinggalkan Balasan