Kuota Kemendikbud untuk aplikasi apa saja
Kuota Kemendikbud untuk aplikasi apa saja ?

Kuota Kemendikbud untuk Aplikasi Apa Saja, Inilah Daftarnya

Kuota Kemendikbud untuk aplikasi apa saja menjadi salah satu pertanyaan yang dipertanyakan oleh para pelajar. Dengan adanya bantuan berupa kuota data internet gratis. dari Kemendikbud Ristek atau Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi hampir ke semua situs web maupun aplikasi bisa diakses.

Keseluruhan dari bantuan kuota data internet pada tahun 2021 tersebut merupakan jenis kuota umum yang bisa dipergunakan untuk mengakses semua laman situs web hingga berbagai aplikasi di dunia maya.

Akan tetapi, ada beberapa aplikasi yang justru dilarang atau pun diblokir oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo diakses memakai bantuan kuota internet dari Kemendikbud tersebut. Artinya, bantuan kuota gratis ini hanya berlaku untuk beberapa aplikasi saja.

Kuota Kemendikbud untuk Aplikasi Apa Saja, Ini Dia Daftar Larangannya

Para pengguna bisa melakukan pengecekan daftar aplikasi yang dapat dibuka dan tidak bisa diakses menggunakan bantuan kuota tersebut. Pada tahun ini, program dari bantuan kuota internet Kemendikbud bagi pelajar, mahasiswa hingga tenaga pendidik pun resmi disalurkan.

Bantuan kuota tersebut memang telah tersedia bagi seluruh jaringan operator. Para penerima bantuan kouta Kemendikbud ialah para pelajar dari seluruh jenjang pendidikan, mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi.

Bantuan kuota internet pun akan selalu diberikan karena proses pembelajaran secara online atau daring selama masa pandemi Covid-19 melanda seluruh belahan dunia.

Proses untuk pengecekan bantuan kuota paket internet akan langsung dihubungi oleh setiap operator bila telah masuk. Aplikasi ini juga sudah bisa langsung diunduh melalui App Store atau pun Play Store.

Sedang Trending :  Jenis Makanan Kucing Whiskas Kering yang Harus Anda Ketahui

Di bawah ini ada sejumlah aplikasi yang sudah tidak dapat diakses menggunakan kuota internet gratis dari Kemendikbud 2021, di antaranya adalah :

  1. Aplikasi sosial media, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, Bigolive, Pinterest, Badoo, Periscope, Snapchat, Tinder, Tumblr, Snackvideo dan yang lainnya.
  2. Game mobile online, seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, COC, Free Fire, AOV, PES dan lainnya.
  3. Aplikasi streaming video online, mulai dari TikTok, Netflix, Viu, Dailymotion, serta JWPlayer.

Besaran Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud

Kepada para pelajar yang masih belum memeroleh bantuan tersebut, alangkah baiknya segera lakukan pendaftaran langsung ke instansi atau pun lembaga sekolah dengan cara menyetorkan nomor telepon aktif.

Bukan hanya diperuntukkan kepada para pelajar maupun mahasiswa saja, bantuan kuota internet ini juga diberikan kepada tenaga pendidik yaitu dosen dan juga guru. Sementara itu, besaran dari bantuan paket kuota internet berbeda – beda untuk tiap jenjangnya, di antaranya ialah :

  1. Peserta didik PAUD besaran kuota 7 GB per bulan
  2. Peserta didik SD hingga SMA besaran kuota 10 GB per bulan
  3. Mahasiswa besaran kuota 15 GB per bulan
  4. Tenaga pendidik PAUD hingga SMA besaran 12 GB per bulan, serta
  5. Dosen besaran 15 GB per bulan

Kuota Kemendikbud ini bersifat kuota umum, namun hanya dapat digunakan untuk mengakses situs web yang menunjang pembelajaran jarak jauh atau online saja.