tips cara mengkilapkan body motor
tips cara mengkilapkan body motor. Sumber gambar: SplitShire from Pixabay Free License

Tips Cara Mengkilapkan Body Motor

Sepeda motor merupakan transportasi paling banyak ditemukan di Indonesia. Tidak aneh apabila masyarakat mencari tips bagaimana cara mengkilapkan body motor. Tujuan utama melakukannya tentu untuk menjaga penampilan tetap bersih.

Namun selain itu, menjaga kebersihan body kendaraan juga untuk menjamin performanya. Sehingga bagian-bagian penting seperti mesin, kabel rem, dan sebagainya juga tidak terganggu akibat debu maupun pengotor lainnya.

Umumnya memang banyak orang yang memilih jasa salon motor untuk mengkilapkannya. Namun jika tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan, Anda bisa secara mandiri membuat kendaraan kembali mengkilap dengan beberapa tips berikut.

Beberapa Tips Cara Mengkilapkan Body Motor

Beberapa tips yang akan Kami berikan meliputi alat apa yang sebaiknya digunakan. Selain itu bahan apa saja yang sebaiknya dihindari ketika proses membuat motor lebih mengkilap. Berikut adalah detail tipsnya.

1. Rutin Membersihkan dan Mencucinya

Hal paling mendasar yang harus dilakukan adalah Anda harus rajin membersihkan dan mencuci body motor. Karena jika sampai kotoran maupun debu terlalu banyak menumpuk, cat bisa terkelupas hingga kusam.

2. Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung Saat Parkir

Sinar ultraviolet bisa menjadi penyebab rusaknya lapisan cat kendaraan. Jika tidak ingin hal itu terjadi, jangan biarkan kendaraan terlalu lama di bawah sinar matahari. Carilah tempat teduh ketika memarkirkannya.

3. Cuci Sehabis Terguyur Hujan

Terdapat kandungan asam nitrat yang mampu menyebabkan korosi pada badan motor. Maka pastikan selalu mencucinya setelah terguyur air hujan. Pastikan juga jangan langsung mengelapnya karena dikhawatirkan debu justru menyebabkan goresan.

4. Hindari Pemakaian Detergen

Orang awam banyak yang menggunakan detergen saat mencuci kendaraan. Faktanya detergen ini justru bisa menjadikan warna cat pudar. Pastikan pakai shampo kendaraan saja yang kandungannya tidak merusak lapisan cat kendaraan.

5. Coba Gunakan Poles Serta Kompon

Kompon merupakan cairan berbentuk gel yang bisa menghilangkan goresan. Sedangkan setelah menggosok badan motor menggunakan kompon ini, kilapkan body kendaraan dengan cairan poles.

6. Coba Minyak Kayu Putih

Beberapa orang pasti pernah membersihkan noda di benda elektronik memakai minyak kayu putih. Maka coba aplikasikan saat membersihkan motor. Caranya gosok perlahan dengan kain yang sudah diberi minyak kayu putih ini.

7. Pakai Skotlet

Skotlet atau stiker motor bisa menjadi alternatif untuk menghindarkan dari lecet maupun lapisan cat yang memudar. Selain itu tentunya menjadikan kendaraan Anda lebih mengkilap dengan tampilan yang bisa menyesuaikan selera.

8. Pastikan Motor Kering Setelah Dicuci

Air yang masih tersisa setelah proses pencucian ternyata juga bisa menyebabkan masalah seperti karat dan warna cat pudar. Maka pastikan bahwa body kendaraan sudah kering setelah dicuci maupun terkena hujan.

Hal yang terpenting pastikan rajin mencuci kendaraan, supaya tampilan dan performa selalu terjaga. Anda juga bisa menggunakan beeswax maupun minyak goreng sebagai salah satu tips cara mengkilapkan body motor.

FAQ

Apakah minyak goreng bisa mengkilapkan body motor?

Minyak goreng adalah bahan alami yang sering dimanfaatkan dalam memasak. Namun, bagi Anda yang sedang bermasalah dalam hal finansial, dapat juga menggunakan minyak goreng ini untuk kilapkan bodi motor Anda. Minyak jenis ini cukup aman untuk cat dan bahan bodi motor Anda.

Cuci motor yang bagus pake apa?

Berdasarkan informasi dari Grid Oto, sabun pencuci piring yang dalam bentuk cair atau krim bisa digunakan untuk membersihkan bagian mesin, kaki-kaki, velg, dan sprocket gear motor. Hal ini lantaran produk sabun ini biasanya memiliki kandungan bahan cleaning agent yang memiliki sifat korosif yang bisa merontokkan kotoran termasuk minyak. (tim penulis)

Baca juga: Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *