Hal Yang Termasuk Dalam Pilar Kecakapan Digital Adalah Apa?
Hal Yang Termasuk Dalam Pilar Kecakapan Digital Adalah Apa Saja?

Hal Yang Termasuk Dalam Pilar Kecakapan Digital Adalah Apa?

Apakah Anda memiliki pertanyaan seperti : Hal yang termasuk dalam pilar kecakapan digital adalah apa? Yuk kita simak jawaban dan pembahasannya di bawah ini.

Soal

Apa saja yang termasuk dalam pilar kecakapan digital?

A. Pemrograman dan pengembangan web
B. Literasi informasi dan data
C. Komunikasi dan kolaborasi
D. Semua jawaban benar

Jawaban Hal Yang Termasuk Dalam Pilar Kecakapan Digital Adalah Apa?

Jawaban yang benar: D. Semua jawaban benar

Jawaban yang paling tepat dari pilihan yang diberikan adalah “D. Semua jawaban benar.” Pilar kecakapan digital mencakup berbagai aspek yang penting dalam era digital saat ini, dan ketiga opsi yang disebutkan dalam pertanyaan termasuk dalam pembahasan yang lebih luas mengenai literasi digital.

Baca Juga : Berikut Termasuk Dalam Pilar Budaya Digital Adalah?

Pembahasan

Pemrograman dan Pengembangn Web

Aspek teknis seperti pemrograman dan pengembangan web termasuk dalam kategori Digital Skills atau Cakap Digital, yang berbicara tentang kecakapan dalam memahami teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dari segi perangkat lunak dan keras, serta sistem operasi digital.

Literasi Informasi dan Data

Literasi informasi dan data juga menjadi bagian dari Digital Skills, khususnya melalui pengetahuan dasar mengenai mesin pencarian informasi, cara penggunaannya, dan pemilahan data. Ini termasuk memahami lanskap digital, internet, dan dunia maya.

Simak Juga : Jurus Keamanan Digital Sebagai Berikut Kecuali Apa?

Komunikasi dan Kolaborasi

Aspek komunikasi dan kolaborasi ditekankan dalam Digital Ethics atau Etika Digital, di mana pengetahuan dasar untuk berinteraksi, berpartisipasi, dan berkolaborasi di ruang digital sesuai kaidah etika yang berlaku menjadi sangat penting​ (Melek Media)​. Ini mencakup pemahaman tentang netiket dan interaksi yang bermakna di ruang digital.

Kecakapan digital tidak terbatas pada penguasaan teknis semata tetapi juga mencakup pengetahuan dan kematangan emosi dalam menggunakan media dan perangkat digital. Literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Baca Juga : Hal Yang Termasuk Dalam Jurus Kecakapan Digital Adalah Apa?

Dengan demikian, pilihan “D. Semua jawaban benar” mencakup keseluruhan aspek yang diperlukan untuk kecakapan digital, termasuk pengetahuan teknis dan etika dalam berinteraksi di ruang digital. Ini menunjukkan pentingnya memiliki berbagai kecakapan dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan