Berikut Termasuk Dalam Pilar Budaya Digital Kecuali
Berikut Termasuk Dalam Pilar Budaya Digital Kecuali Apa?

Berikut Termasuk Dalam Pilar Budaya Digital Apa?

Pertanyaan tentang “Berikut termasuk dalam pilar budaya digital apa saja?” akan kami jawab pada tulisan ini. Silahkan disimak jawaban dan pembahasannya berikut ini.

Pertanyaan

Berikut termasuk dalam pilar budaya digital, kecuali apa?

A. Cakap Bermedia Digital
B. Budaya Bermedia Digital
C. Aman Bermedia Digital
D. Etis Bermedia Digital
E. Main Game Digital

Jawaban dan Pembahasan: Berikut Termasuk Dalam Pilar Budaya Digital, Kecuali Apa?

Jawabannya E.

Pertanyaan tersebut berkaitan dengan konsep “pilar budaya digital,” yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, terdapat empat pilar utama dalam literasi digital, yaitu:

  • Cakap Bermedia Digital (Digital Skills): Pilar ini menekankan pentingnya memiliki keterampilan dan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif. Ini termasuk memahami cara kerja perangkat digital, aplikasi, dan layanan internet, serta kemampuan untuk mengadaptasi penggunaan teknologi baru. Simak Juga : Hal Yang Termasuk Dalam Jurus Kecakapan Digital Adalah Apa?
  • Budaya Bermedia Digital (Digital Culture): Fokus pada pengembangan sikap dan nilai yang positif terhadap penggunaan media digital. Ini mencakup pemahaman tentang etika bermedia, menghargai keberagaman dan inklusi dalam ruang digital, serta mengpromosikan konten yang konstruktif dan positif. Baca Juga : Berikut Termasuk Dalam Jurus Budaya Digital Kecuali Apa?
  • Aman Bermedia Digital (Digital Safety): Berkaitan dengan aspek keamanan dalam menggunakan internet dan teknologi digital. Ini meliputi proteksi terhadap risiko dan ancaman online seperti penipuan, phishing, cyberbullying, dan lain-lain. Pilar ini mengajarkan pengguna untuk memahami privasi online, penggunaan password yang aman, dan cara-cara untuk melindungi diri dari bahaya digital. Baca Juga : Jurus Keamanan Digital Sebagai Berikut Kecuali Apa?
  • Etis Bermedia Digital (Digital Ethics): Menyasar pada pentingnya berperilaku etis dan bertanggung jawab saat berada di dunia digital. Ini mencakup menghormati hak cipta dan properti intelektual, berinteraksi dengan sopan di media sosial, serta menghindari penyebaran informasi palsu atau hoaks.

Pilihan “E. Main Game Digital” tidak secara langsung termasuk dalam keempat pilar literasi digital yang diuraikan di atas. Meskipun bermain game digital dapat menjadi bagian dari pengalaman bermedia digital, kecakapan, budaya, keamanan, dan etika bermedia digital mencakup spektrum yang lebih luas dari aktivitas online dan penggunaan teknologi digital​​.

Dengan demikian, A, B, C, dan D secara langsung berkaitan dengan konsep pilar budaya digital yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI sebagai bagian dari upaya meningkatkan literasi digital di Indonesia.

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan