Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs

Salam para pembaca blog Alkisahnews.com! Artikel ini akan membahas cara membuat daftar pustaka di Google Docs, mulai dari cara menjorokkan teks di Google Docs, membuat daftar pustaka menggunakan smartphone, hingga cara merapikan daftar pustaka dan membuat daftar gambar. Jadi, mari simak informasi berikut ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs

Cara Membuat Daftar Pustaka Menjorok di Google Docs

Sebelum membahas cara membuat daftar pustaka di Google Docs, ada baiknya kita mengetahui cara menjorokkan teks di Google Docs. Menjorokkan teks sangat penting untuk menjaga tampilan daftar pustaka agar rapi dan mudah dibaca. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Google Docs dan buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada.

2. Blok teks yang ingin dijorokkan. Anda bisa menggunakan tombol “Shift” dan “Panah” pada keyboard untuk memilih teks yang ingin dijorokkan.

3. Klik pada ikon “Format” pada menu toolbar, lalu pilih “Paragraf” dan kemudian “Indentasi” atau “Menjorokkan”.

4. Pilih “Menjorokkan Baris Pertama” untuk menjorokkan hanya baris pertama, atau pilih “Menjorokkan Keseluruhan” untuk menjorokkan seluruh paragraf.

5. Sesuaikan jarak menjorok dengan menggeser slider yang muncul di sebelah kanan.

6. Klik “Terapkan” untuk menerapkan perubahan pada teks yang dipilih.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs HP

Membuat daftar pustaka di Google Docs menggunakan smartphone juga sangat mudah. Berikut cara membuat daftar pustaka di Google Docs HP:

1. Buka aplikasi Google Docs di ponsel Anda. Pastikan Anda telah menginstal dan masuk dengan akun Google Anda.

2. Buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada yang ingin Anda tambahkan daftar pustaka.

3. Ketuk pada lokasi di mana Anda ingin menambahkan daftar pustaka.

4. Ketik daftar pustaka dengan format yang diinginkan. Misalnya, format APA, MLA, atau format lainnya sesuai kebutuhan Anda.

5. Untuk menjorokkan teks, ketuk dan tahan teks yang ingin dijorokkan, kemudian ketuk ikon “Format” pada toolbar di bagian atas layar. Pilih “Paragraf” dan kemudian “Indentasi” atau “Menjorokkan”.

6. Pilih “Menjorokkan Baris Pertama” atau “Menjorokkan Keseluruhan” sesuai kebutuhan Anda, kemudian sesuaikan jarak menjorok dengan menggeser slider yang muncul.

7. Setelah selesai, ketuk “Terapkan” untuk menerapkan perubahan pada teks yang dipilih.

8. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menambahkan sumber-sumber lain pada daftar pustaka Anda.

Baca Juga : Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Cara Merapikan Daftar Pustaka di Google Docs

Setelah menambahkan daftar pustaka, Anda mungkin ingin merapikannya agar terlihat lebih profesional. Berikut cara merapikan daftar pustaka di Google Docs:

1. Blok teks daftar pustaka yang ingin dirapikan.

2. Gunakan fungsi “Menjorokkan” seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya untuk menjorokkan teks dengan rapi.

3. Periksa tanda baca, spasi, dan format penulisan sumber-sumber dalam daftar pustaka. Pastikan semuanya konsisten sesuai dengan format yang diinginkan (APA, MLA, atau format lainnya).

4. Periksa urutan daftar pustaka. Biasanya, daftar pustaka diurutkan berdasarkan abjad nama penulis atau judul sumber. Sesuaikan urutan jika diperlukan.

5. Setelah selesai, simpan dokumen Anda.

Simak Juga : Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Mendeley

Cara Membuat Daftar Gambar di Google Docs

Untuk melengkapi artikel Anda, Anda mungkin ingin menambahkan daftar gambar. Berikut cara membuat daftar gambar di Google Docs:

1. Buka dokumen di Google Docs yang berisi gambar-gambar yang ingin Anda daftar.

2. Pada bagian di mana Anda ingin menambahkan daftar gambar, ketik judul “Daftar Gambar” dan format sesuai keinginan, misalnya dengan menggunakan teks tebal atau ukuran font yang lebih besar.

3. Di bawah judul “Daftar Gambar”, ketik nomor dan keterangan gambar sesuai dengan urutan gambar dalam dokumen. Contoh: “Gambar 1. Skema proses fotosintesis.”

4. Ulangi langkah ketiga untuk setiap gambar yang ingin Anda daftarkan.

5. Jika diperlukan, Anda bisa menjorokkan teks keterangan gambar agar tampilan daftar gambar lebih rapi dan mudah dibaca. Ikuti langkah-langkah menjorokkan teks yang telah dijelaskan sebelumnya.

6. Setelah selesai, simpan dokumen Anda.

Baca Juga : Cara Merapikan Daftar Pustaka di Word

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat daftar pustaka di Google Docs, menjorokkan teks, membuat daftar pustaka menggunakan smartphone, merapikan daftar pustaka, dan membuat daftar gambar. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik atau pekerjaan yang melibatkan penyusunan daftar pustaka dan daftar gambar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menghasilkan dokumen yang rapi, profesional, dan mudah dibaca.

Google Docs merupakan alat yang sangat berguna untuk menulis dan mengedit dokumen secara daring. Fitur-fitur yang disediakan Google Docs, seperti menjorokkan teks, merapikan daftar pustaka, dan membuat daftar gambar, memudahkan pengguna untuk membuat dokumen yang rapi dan profesional. Selain itu, Google Docs juga memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan rekan kerja atau teman dalam penyusunan dokumen.

Meskipun Google Docs telah menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan proses penyusunan dokumen, Anda tetap perlu memeriksa secara teliti daftar pustaka dan daftar gambar yang Anda buat. Pastikan semua informasi yang diperlukan telah dimasukkan dan diatur dengan benar, serta tanda baca, spasi, dan format penulisan sumber telah konsisten.

Selain menggunakan Google Docs, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai aplikasi atau layanan online lain yang membantu dalam proses penyusunan daftar pustaka. Namun, jika Anda sudah terbiasa menggunakan Google Docs, informasi yang telah disampaikan di atas akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas yang melibatkan penyusunan daftar bacaan dan daftar gambar.

Terima kasih atas kunjungan Anda ke blog Alkisahnews.com. Kami berharap informasi yang disampaikan di atas bermanfaat dan membantu Anda dalam menghasilkan dokumen yang rapi dan profesional. Jangan lupa untuk mengunjungi kami kembali dan membaca artikel-artikel menarik lainnya yang ada di blog ini. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan