Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet – Salam para pembaca Alkisahnews.com! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menulis daftar pustaka dari internet dengan berbagai gaya penulisan. Di era digital seperti saat ini, informasi sangat mudah diakses melalui berbagai sumber daring, seperti artikel jurnal, website, email, majalah, dan buku elektronik.

Ulasan Lengkap : Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Internet

Sebagai penulis, penting untuk mengetahui cara mengutip sumber-sumber ini dengan tepat untuk menghargai karya orang lain dan menghindari plagiasi.

Jenis Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet

Sebelum kita membahas cara menulis daftar pustaka dari internet, ada baiknya kita mengenal beberapa gaya penulisan daftar pustaka yang populer dan sering digunakan, seperti ASA Style, APA Style, MLA, MHRA, dan CSE. Selain itu, kita juga akan membahas cara menulis daftar pustaka dari email.

Simak Juga : Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Daftar Pustaka Dengan ASA Style (American Sociological Association)

ASA Style merupakan gaya penulisan yang banyak digunakan dalam bidang sosiologi. Gaya penulisan ini mengutamakan penggunaan nama penulis, tahun publikasi, judul, dan sumber dalam format tertentu. Berikut adalah contoh daftar pustaka dengan ASA Style:

  Nama Penulis. Tahun Publikasi. "Judul Artikel." Nama Website. Diakses tanggal bulan tahun. (URL).

Daftar Pustaka Dengan APA Style (American Psychological Association)

APA Style adalah gaya penulisan yang populer digunakan dalam bidang psikologi dan ilmu sosial. Gaya penulisan ini menekankan pada penggunaan nama penulis, tahun publikasi, judul, dan sumber dengan format tertentu. Berikut adalah contoh daftar pustaka dengan APA Style:

  Nama Penulis. (Tahun Publikasi). Judul artikel. Nama Website. URL.

Daftar Pustaka Dengan MLA (Modern Language Association)

MLA merupakan gaya penulisan yang sering digunakan dalam bidang sastra dan humaniora. Gaya penulisan ini mengutamakan penggunaan nama penulis, judul, dan sumber dalam format tertentu. Berikut adalah contoh daftar pustaka dengan MLA:

  Nama Penulis. "Judul Artikel." Nama Website, Tanggal Publikasi, URL.

Daftar Pustaka Dengan MHRA (Modern Humanities Research Association)

MHRA adalah gaya penulisan yang sering digunakan dalam bidang ilmu humaniora. Gaya penulisan ini menekankan pada penggunaan nama penulis, judul, dan sumber dengan format tertentu. Berikut adalah contoh daftar pustaka dengan MHRA:

  Nama Penulis, 'Judul Artikel', Nama Website (Tahun Publikasi) <URL> [diakses tanggal bulan tahun].

Daftar Pustaka Dengan CSE (Council Of Science Editors)

CSE merupakan gaya penulisan yang banyak digunakan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Gaya penulisan ini menekankan pada penggunaan nama penulis, judul, dan sumber dalam format tertentu. Berikut adalah contoh daftar pustaka dengan CSE:

  Nama Penulis. Judul artikel. Nama Website. Tanggal publikasi [diakses tanggal bulan tahun]. URL.

Daftar Pustaka Dari Email

Menulis daftar pustaka dari email memerlukan informasi seperti nama pengirim, subjek email, tanggal pengiriman, dan alamat email pengirim. Berikut adalah contoh daftar pustaka dari email:

  Nama Pengirim. Subjek email. Tanggal pengiriman. Email kepada Nama Penerima (Alamat email penerima).

Kriteria Website di Internet yang Bisa Dijadikan Daftar Pustaka

Sebelum menulis daftar pustaka dari internet, penting untuk menilai kredibilitas sumber yang akan digunakan. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan antara lain adalah kualitas konten, keabsahan informasi, reputasi penulis, dan tanggal publikasi. Pastikan juga untuk menggunakan sumber yang relevan dengan topik yang sedang dibahas.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Berikut ini adalah beberapa cara menulis daftar pustaka dari internet dengan berbagai jenis sumber, mulai dari artikel jurnal, website, hingga buku elektronik.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet: Sumber Artikel Jurnal Beserta Contohnya

Untuk menulis daftar pustaka dari artikel jurnal yang diakses secara online, Anda perlu mencatat informasi seperti nama penulis, judul artikel, judul jurnal, nomor volume dan edisi, halaman, tahun publikasi, dan URL. Contoh daftar pustaka dari artikel jurnal online:

  Nama Penulis. (Tahun Publikasi). Judul artikel. Nama Jurnal, Volume(Edisi), Halaman. URL.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Tanpa Penulis Dan Tanggal dan Contohnya

Jika Anda menemukan sumber dari internet yang tidak mencantumkan penulis atau tanggal publikasi, Anda bisa menggunakan “n.d.” (no date) untuk tanggal dan “Anonim” atau “Tanpa Penulis” untuk penulis. Contoh daftar pustaka tanpa penulis dan tanggal:

  Anonim. (n.d.). Judul artikel. Nama Website. URL.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet: Sumber Website Beserta Contohnya

Untuk menulis daftar pustaka dari website, Anda perlu mencatat informasi seperti nama penulis (jika ada), judul artikel atau halaman, nama website, dan URL. Contoh daftar pustaka dari website:

  Nama Penulis. (Tahun Publikasi). Judul artikel atau halaman. Nama Website. URL.

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet Untuk Majalah Atau Surat Kabar Online dan Contohnya

Menulis daftar pustaka dari majalah atau surat kabar online memerlukan informasi seperti nama penulis, judul artikel, nama majalah atau surat kabar, tanggal publikasi, dan URL. Contoh daftar pustaka dari majalah atau surat kabar online:

  Nama Penulis. (Tahun Publikasi, Bulan Tanggal). Judul Artikel. Nama Majalah atau Surat Kabar. URL.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet: Sumber Buku Elektronik Beserta Contohnya

Untuk menulis daftar pustaka dari buku elektronik, Anda perlu mencatat informasi seperti nama penulis, judul buku, edisi (jika ada), penerbit, tahun publikasi, dan URL atau DOI (jika tersedia). Contoh daftar pustaka dari buku elektronik:

  Nama Penulis. (Tahun Publikasi). Judul Buku (Edisi). Penerbit. URL atau DOI.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku

Kesimpulan

Menulis daftar pustaka dari internet merupakan hal yang penting untuk menghargai karya orang lain dan menghindari plagiarisme. Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai gaya penulisan daftar pustaka seperti ASA Style, APA Style, MLA, MHRA, dan CSE, serta cara menulis daftar pustaka dari berbagai jenis sumber online. Ingatlah untuk selalu mengevaluasi kredibilitas sumber yang Anda gunakan dan pastikan relevan dengan topik yang sedang dibahas.

Terima kasih atas kunjungan Anda, para pembaca Alkisahnews.com. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menulis daftar pustaka dari internet. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya di Alkisahnews.com. Selamat menulis!

Tinggalkan Balasan