Rekomendasi Saham Syariah Hari Ini
Beberapa Rekomendasi Saham Syariah Hari Ini

Apa Saja Rekomendasi Saham Syariah Hari Ini? Ini Jawabannya

Tentang Saham Syariah

Alkisahnews.com – Apa rekomendasi saham syariah hari ini? Banyaknya jenis, model, dan instrumen investasi tak jarang membuat kegiatan memulai investasi jadi membingungkan. Terlebih untuk calon investor pemula. Salah satu jenis investasi yang akhir-akhir ini marak dan semakin digandrungi adalah jual beli saham.

Saham sendiri merupakan bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan yang maksudnya saat berinvestasi saham Anda turut menyimpan modal di perusahaan yang Anda beli sahamnya. Adanya kenaikan atau penurunan harga saham di bursa dapat memberi laba atau rugi kepada Anda.

Dari ratusan perusahaan yang masuk Bursa Efek Indonesia, beberapa diantaranya diketahui tergabung dalam saham syariah. Dilansir dari situs resmi BEI, saham syariah adalah efek berbentuk saham yang sesuai dengan prinsip syariah di Pasar Modal dan merujuk pada definisi saham pada umumnya yang diatur dengan UU dan peraturan OJK.

Baca Juga : Rekomendasi Saham Murah Hari Ini

Kriteria Saham Syariah

Sebelum mengulas rekomendasi saham syariah hari ini perlu diketahui secara berkala tiap bulan Mei dan November diterbitkan saham-saham syariah yang ada di pasar modal syariah dan masuk ke dalam DES (Daftar Efek Syariah) dari OJK. Dimana kriteria saham syariah mengacu pada peraturan OJK berupa Emiten tidak melakukan kegiatan berikut:

  • Perjudian atau permainan yang masih tergolong judi.
  • Perdagangan yang dilarang syariah seperti perdangan dengan permintaan atau penawaran palsu dan perdagangan tanpa adanya penyerahan barang atau jasa.
  • Jasa keuangan ribawi seperti bank berbasis bunga dan perusahaan pembiayaan berbasis bunga.
  • Jual beli dengan risiko karena adanya unsur gharar (ketidakpastian) atau maisir (judi) seperti asuransi konvensional.
  • Membuat, menyalurkan, memperdagangkan, atau menyediakan barang atau jasa yang haram zatnya (haram li-dzatihi), barang atau jasa yang harap tapi bukan karena zatnya yang ditetapkan DSN MUI (haram lighairihi), dan barang atau jasa yang bersifat mudarat merusak moral.
  • Kriteria terakhir saham syariah adalah emiten tidak melakukan transaksi yang mengandung risywah (unsur suap).
Sedang Trending :  Info Prediksi dan Rekomendasi Saham Hari Ini Untuk Pemula

Simak Juga : Rekomendasi Saham Gorengan Hari Ini

Selain itu Emiten juga harus memenuhi rasio keuangan. Dimana total utang berbasis bunga dibanding dengan total aset tidak boleh lebih dari 45%. Total pendapatan bunga dan pendapatan non halal lain revenue atau total pendapatan usaha dan lain-lain tidak lebih dari 10%.

Rekomendasi Saham Syariah Hari Ini

Dari sekian banyaknya Emiten saham syariah yang masuk BEI, ada beberapa yang layak direkomendasikan. Namun, perlu digaris bawahi Rekomendasi Saham Hari Ini yang disampaikan ini bukan rekomendasi beli atau jual saham syariah melainkan lebih ke penyampaian informasi yang bisa Anda pertimbangkan.

Beberapa rekomendasi saham syariah hari ini diantaranya ERAA (PT Erajaya Swasembada Tbk), ANTM (PT Aneka Tambang Tbk), BRIS (Bank Syariah Indonesia Tbk), BUKA (Bukalapak.com Tbk), KLBF (PT Kalbe Farma Tbk), INCO (PT Vale Indonesia Tbk), EXCL (PT XL Axiata Tbk), JPFA (PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk), TLKM (PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk), dan CPIN (PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk). (PC)

Tinggalkan Balasan