Cara Screening Saham untuk Swing Trading Agar Profit
Tutorial Cara Screening Saham untuk Swing Trading Agar Profit

Cara Screening Saham untuk Swing Trading Agar Profit

Cara screening saham untuk swing trading wajib dipahami oleh para trader. Tujuannya agar proses trading yang dilakukan benar-benar bisa menghasilkan uang. Ketika Anda berhasil memilih saham yang tepat, portofolio akan meningkat dengan signifikan.

Hal ini sebenarnya berlaku bagi semua tipe trader. Terlebih lagi bagi Anda yang senang menggunakan konsep swing trading. Tentunya ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk proses screening ini. Wajib sekali bagi Anda untuk memahaminya lebih lanjut.

Baca Juga : Cara Belajar Saham Untuk Pemula

Mengenal Swing Trading dan Keuntungannya

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, penting sekali bagi Anda untuk memahami pengertian swing trading itu sendiri terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu metode trading yang paling banyak digunakan oleh orang-orang.

1. Pengertian dari Swing Trading

Swing trading adalah metode jual beli saham yang dilakukan dalam maksimal tempo satu bulan. Bahkan banyak trader yang melakukannya dalam tempo lebih singkat. Tentunya metode trading satu ini terbukti ampuh dan bisa menghasilkan profit bagi para penggunanya.

Swing trading juga sangat efektif bagi Anda yang ingin menerapkan kinerja trading plan. Dengan penggunaan metode satu ini, Anda bisa melihat resisten dan potensi profit secara lebih akurat. Tidak hanya pemula saja, para trader profesional juga banyak yang melakukannya.

2. Keuntungan Swing Trading

Selain poin-poin penting yang sudah kami jelaskan di atas, penerapan swing trading ini berpotensi untuk memberikan Anda banyak keuntungan. Sudah tentu udah datang keuntungan ini menjadi alasan lain kenapa ada banyak sekali trader yang menerapkannya dalam perdagangan mereka masing-masing.

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada tiga keuntungan utama yang bisa Anda dapat dari penerapan metode trading satu ini. Berikut ini beberapa keuntungan tersebut.

  • Sebagai trader, Anda bisa lebih fokus pada kualitas trading yang dilakukan
  • Berpotensi memberikan profit maksimum karena ada prinsip set and forget di dalamnya.
  • Anda tidak perlu membuka banyak posisi sehingga potensi loss bisa diminimalisir dengan baik.
Sedang Trending :  4 Rekomendasi Saham Hari Ini Kontan, Menurut Samuel Sekuritas

Tentunya beberapa keuntungan tersebut juga bisa Anda rasakan juga. Namun pastikan untuk memahami swing trading itu sendiri secara mendalam sebelum menerapkannya.

Simak Juga : Belajar Investasi Saham

Cara Screening Saham untuk Swing Trading

Bagi Anda yang ingin menerapkan swing trading, memahami cara memilih saham yang tepat adalah satu hal yang tidak kalah penting. Pemilihan atau screening saham yang tepat akan membantu Anda untuk memaksimalkan potensi profit di dalamnya. Berikut ini cara-cara tersebut.

  1. Tentukan Support dan Resistance yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda
  2. Sebagai trader, Anda juga harus memastikan kalau jarak support dan resistance ini tidak terlalu dekat.
  3. Pilih indikator swing trading yang tepat. Anda bisa memilih penggunaan trend channel ataupun bollinger band.
  4. Pastikan grafik saham yang Anda pilih sedang berada dalam kondisi uptrend.
  5. Hindari semua saham yang berada dalam kondisi downtrend
  6. Lakukan investasi pada tipe saham yang grafiknya sedang mengalami sideways.
  7. Beli saham yang sedang berada di wilayah support dan memiliki sinyal reversal
  8. Pilih jenis saham yang kondisi perdagangannya memiliki cukup liquid.

Jika cara di atas diterapkan dengan baik, tentu potensi profit Anda akan semakin besar. Anda juga bisa menggunakan aplikasi screening saham untuk memudahkan prosesnya, cara ini juga banyak diterapkan oleh para trader profesional saat ini. (SA)

Baca Juga : Belajar Saham Dari Nol

Tinggalkan Balasan