Apa yang dimaksud dengan control panel hosting
Apa yang dimaksud dengan control panel hosting itu?

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Control Panel Hosting

Apa yang dimaksud dengan control panel hosting adalah suatu perangkat yang berfungsi mengelola berbagai fitur seperti file, domain, database hingga email. Adanya halaman control panel mempermudah aktivitas Anda.

Selain itu, terdapat indikator sumber daya hosting yang menampilkan informasi mengenai sisa disk space serta RAM. Tanpa adanya control panel maka untuk menjalankan sebuah perintah Anda harus mengetik secara manual.

Contoh control panel terpopuler antara lain cPanel, webuzo, plesk, cyberpanel dan lain sebagainya. Selain menawarkan banyak fitur menarik, cara menggunakannya juga sangat mudah.

Apa yang Dimaksud dengan Control Panel Hosting beserta Fungsinya

Kehadiran control panel akan mempermudah Anda dalam mengelola hosting website. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja fungsinya yang akan dibahas dalam ulasan berikut ini.

1. Menginstall Aplikasi

Aplikasi merupakan program yang dapat Anda instal di hosting. Aplikasi akan mempercepat pengelolaan website. Salah satu contohnya yaitu CMS (Content Management System).

Di sini, kehadiran CMS mempermudah pembuatan website tanpa membutuhkan coding. Banyak orang yang memakai CMS WordPress, selain itu ada juga CodeIgniter dan Laravel.

2. Mengelola Domain

Pengelolaan domain memerlukan hosting karena di dalamnya menawarkan beragam pilihan pengaturan. Misalnya menambahkan domain dan membuat subdomain. Subdomain dipakai ketika akan menambahkan website khusus.

Sedang Trending :  Perangkat Lunak yang Termasuk ke Dalam Program Aplikasi Pengolah Kata Adalah Apa

Selain itu, untuk mengelola DNS (Domain Name System) yang mempermudah Anda dalam mengakses website. Caranya Anda ketikkan nama domain pada browser, misalnya mozilla firefox dan google chrome.

3. Membuat sekaligus Mengelola Email

Email bisnis Anda mudah untuk dikelola karena memiliki tampilan yang profesional. Selain itu, bisa mengecek status penerimaan maupun pengiriman email dan membuat filter seperti blacklist, spam filter serta whitelist.

4. Mengelola Database

Anda bisa menyimpan data dengan aman seperti username, comment, password, page dan post. Selain itu, dapat digunakan untuk menambahkan akun, mengupdate database dan mengatur hak akses pengguna.

5. Mengelola File

Di website minimal ada 3 jenis file pada hosting seperti style.css, script.js dan index.html. Adanya control panel Anda dapat pengelola file tersebut secara langsung pada hosting.

Banyak sekali fungsi dari control panel yang harus Anda ketahui. Keberadaannya sangat membantu dalam proses pengelolaan file, database, domain, subdomain dan masih banyak lagi lainnya. (SA)

Tinggalkan Balasan