Network id dapat dibedakan dari host id menggunakan

Network Id dapat Dibedakan dari Host Id Menggunakan Apa?

Network id dapat dibedakan dari host id menggunakan berbagai aspek. Pada jaringan komputer dijumpai IP address yang terdiri atas 2 bagian, yaitu network id dan host id. Keduanya sama-sama memiliki fungsi yang cukup signifikan.

Angka pada network harus sama agar komputer-komputer pada jaringan dapat terhubung satu dengan yang lainnya. Anda juga dapat saling berkomunikasi menggunakan komputer berbeda.

Selain itu, Anda harus mengetahui apa saja hal-hal yang dapat membedakan kedua bagian dari IP address tersebut. Dengan demikian, bisa memahami apa saja fungsi dan kegunaannya.

Network Id dapat Dibedakan dari Host Id Menggunakan Apa Saja?

Anda dapat membedakan antara network dan host dalam jaringan berdasarkan kegunaan dan aplikasinya. Simak detail informasinya pada pembahasan berikut ini.

1. Kegunaan

Network id merupakan bagian IP address yang memperlihatkan keberadaan komputer dalam sebuah jaringan. Sedangkan, host dapat menunjukkan workstation, router, server dan semua host IP lainnya pada jaringan tersebut.
Semua host di sebuah jaringan harus mempunyai network id sama dan unik. Hal ini karena berfungsi sebagai identitas dari sekelompok IP address di jaringan komputer.

Sedang Trending :  Serial Laptop ASUS ROG Gokil Murah

Selain itu, juga berfungsi mengidentifikasi sebuah jaringan dari jaringan yang lain. Garis pemisah antara keduanya tidak tetap dan sangat tergantung dengan kelasnya.

Jumlahnya di masing-masing kelas berbeda-beda. Adapun jumlah kelasnya ada 5 dalam sebuah jaringan. Kelas tersebut antara lain diberi nama A, B, C, D dan E.

2. Penerapannya

Network tersebut sangat dipengaruhi oleh jenis kelas yang Anda gunakan. Apabila Anda memakai kelas C maka ada 24 bit angka pertama, sedangkan untuk kelas B ada 16 bit.

3. Jumlahnya

Pada kelas yang berbeda biasanya jumlah networknya sama yaitu 1, sedangkan untuk host berbeda-beda. Jumlahnya berturut-turut dari kelas A, B, C sampai D adalah 2, 3, 4 dan 1.

Pembagian kelas-kelas ini bertujuan agar mempermudah dalam mengalokasikan IP address. Masing-masing kelas dibedakan berdasarkan jumlah dan ukuran IP address.

Ketiga poin di atas dapat membantu Anda untuk memahami apa saja perbedaan dari kedua bagian dari IP address tersebut. Keduanya juga terlibat dalam pembagian kelas-kelas IP address. (SA)

Tinggalkan Balasan