cara bayar pajak kendaraan secara online
cara bayar pajak kendaraan secara online. Sumber gambar: mohamed Hassan from Pixabay Free License

Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Masa pandemi covid-19 ini mengharuskan setiap orang membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan, sehingga Anda perlu mengetahui cara bayar pajak kendaraan secara online. Tentunya lebih aman, bebas antri, dan lebih fleksibel.

Anda bisa melakukan pembayaran secara mandiri dari mana saja. Saat ini pemerintah telah memberikan pelayanan paling baru yang semakin memudahkan masyarakat. Mengikuti tren milenial yang lebih nyaman melakukan transaksi daring.

Mengikuti layanan masyarakat lainnya yang go online, Samsat juga mulai berinovasi. Wajib pajak tidak perlu khawatir telat membayar karena berbagai kendala. Sebab bisa dilakukan tanpa harus datang ke kantor.

Tata Cara Bayar Pajak Kendaraan secara Online

Cara membayar pajak kendaraan melalui online sangat mudah. Bagi pengguna aktif smartphone dan internet tidak akan kesulitan mengikuti setiap langkahnya. Berikut tahapan bayar pajak menggunakan fasilitas internet.

1. Download Aplikasi Mobile

Caranya terlebih dulu adalah mendownload aplikasi mobile. Untuk sementara baru tersedia di play store bagi pengguna Android, belum bisa diunduh melalui iOS.

Untuk kebutuhan ini perhatikan sistem operasi smartphone. Gunakan sistem operasi yang support dengan aplikasi mobile Samsat Online. Sehingga proses download dan instalasi bisa berjalan maksimal.

2. Daftar sebagai Pengguna

Setelah aplikasi terpasang pada smartphone, cara bayar pajak kendaraan secara online berikutnya adalah mendaftar sebagai pengguna. Klik menu registrasi dan lakukan pendaftaran dengan mengikuti instruksi di dalamnya.

Langkah ini cukup mudah, sama seperti pada saat mendaftar sebagai pengguna di berbagai aplikasi mobile. Tanpa melakukan pendaftaran Anda tidak akan mendapatkan akses ke dalam halaman Samsat Online.

3. Siapkan Data Pendukung

Dalam mengisi formulir registrasi Anda akan diminta mengisi sejumlah data penting. Siapkan dulu data pribadi berupa kartu identitas dan data kendaraan yang berkaitan seperti nomor STNK, rangka mesin dan sebaginya.

Perhatikan dengan teliti pada saat mengisi form pendaftaran. Sebisa mungkin hindari kesalahan supaya tidak perlu mengulang. Pastikan jaringan internet yang digunakan berkualitas supaya lebih lancar.

4. Lakukan Pembayaran

Setelah form registrasi selesai diisi selanjutnya minta kode pembayaran. SKPP akan dikirimkan dan Anda dapat langsung membayar sesuai fasilitas yang tersedia. Cara membayar pajak kendaraan secara online bisa melalui transfer.

Beberapa Bank sudah menjalin kerja sama dengan Samsat Online, jadi Anda bisa memilih rekening yang sama untuk menghindari biaya transfer. Anda juga bisa memanfaatkan layanan e-commerce untuk membayar secara online.

5. Tunggu Stiker Pengesahan

Setelah pembayaran dilakukan maka akan langsung terverifikasi secara otomatis. Anda akan menerima pengesahan sementara dalam bentuk elektronik yang dikirim melalui email. TBPKB dan STNK yang dikirim online berlaku 30 hari.

Setelah pengesahan elektronik tersebut diterima, Anda hanya cukup menunggu beberapa hari untuk mendapatkan cetak fisiknya. Mengetahui cara bayar pajak kendaraan secara online memudahkan Anda yang disibukkan dengan rutinitas sehari-hari supaya tidak telat membayarnya. (tim penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *