Cara cek pajak motor Jakarta yang mudah
Cara cek pajak motor Jakarta yang mudah. Sumber gambar: Monoar Rahman Rony from Pixabay Free License

Cara Cek Pajak Motor Jakarta

 

Pada era serba teknologi sekarang ini, cara cek pajak motor Jakarta juga sudah semakin dipermudah. Tanpa perlu mendatangi kantornya, Anda sudah bisa tahu nominal pajaknya.

Apabila Anda memiliki kendaraan dengan pelat B, terdapat beberapa metode untuk mengetahui pajak ini. Baik mobil maupun motor, pemilik dapat melihatnya lewat website, SMS, kode USSD, serta terbaru lewat aplikasi.

Aplikasi sendiri memang bisa digunakan sejak 21 Juni 2017 lalu. Diharapkan dengan adanya layanan ini, memang bisa membantu masyarakat dalam mengetahui data kendaraan maupun total pajaknya.

Cara Cek Pajak Motor Jakarta, Tanpa Perlu Repot Keluar Rumah

Seperti yang sudah dijelaskan, terdapat 4 metode yang bisa dipakai saat cek pajak kendaraan pelat B. Dapat pakai metode mana saja yang menurut Anda paling mudah dengan detail berikut.

1. Lewat Laman Resmi

Layanan website ini berhasil dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta, tepatnya Tim Aplikasi dari Samsat PKB-BBNKB Diskominfotik. Siapkan perangkat serta koneksi internet, lalu pengguna dapat mengaksesnya di alamat https://samsat-pkb2.Jakarta.go.id/.

Berikutnya tuliskan nomor polisi kendaraan berikut nomor induk kependudukan Anda. Setelahnya klik opsi proses, maka website akan memberikan informasi mengenai nominal pajaknya supaya bisa dibayarkan.

2. Kirim Pesan ke Nomor 8893

Pemilik kendaraan bermotor Jakarta juga dapat mengetahui pajak lewat SMS. Caranya mudah, ketikkan INFO (spasi) RANMOR (spasi) dan terakhir tuliskan nomor kendaraannya secara lengkap. SMS tersebut dikirimkan ke nomor 8893.

Anda tinggal menunggu balasannya. Tidak lama maka sudah dapat mendapat informasi lengkap mengenai merek, warna, tipe, STNK berlaku hingga kapan, sampai waktu pembayaran terakhir perpanjangan STNK.

3. Pakai Kode USSD

Pemilik motor dengan plat B juga dapat menggunakan layanan Unstucked Supplementary Service Data (USSD) ketika memastikan pajak kendaraannya. Ketikkan *368*1# pada handphone Anda. Setelah itu pilih layanannya, pajak pilih nomor dua.

Berikutnya tuliskan nomor kendaraan secara tepat. Menuliskannya tidak perlu ditambahkan spasi. Lalu klik OK untuk bisa mengetahui detail mengenai kendaraan serta jumlah pajak yang wajib pemilik bayarkan.

4. Unduh Aplikasi

Cara cek pajak motor Jakarta yang terbaru adalah lewat aplikasi. Unduhlah terlebih dahulu melalui Play Store di perangkat Android Anda. Tentunya penggunaan aplikasi tanpa dikenakan pembayaran, alias gratis bagi yang ingin menggunakannya.

Perlu diketahui bahwa menggunakan layanan aplikasi ini langkahnya hampir sama dengan saat melalui website. Anda harus mengisikan NIK dan nomor kendaraan untuk tahi detail pajaknya.

Saat masa pandemi saat ini, pemerintah memang menganjurkan untuk menghindari kerumunan. Maka 4 pilihan cara untuk cek pajak motor di atas lebih praktis dan tentunya bisa menekan penyebaran virus.

Bahkan pihak kepolisian juga telah mengurangi layanan secara langsung di kantor. Maka lebih baik pilih cara cek pajak motor Jakarta lewat website, SMS, kode USSD, atau aplikasi. (tim penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *