TOEFL Berlaku Berapa Lama

TOEFL berlaku berapa lama? TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu ujian yang paling banyak diakui untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Ujian ini penting bagi mereka yang ingin belajar atau bekerja di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris.

TOEFL memiliki dua jenis utama: TOEFL iBT (Internet-Based Test) dan TOEFL ITP (Institutional Testing Program), yang masing-masing memiliki kegunaan dan format yang berbeda.

Masa Berlaku TOEFL

Jadi, TOEFL berlaku berapa lama? Masa berlaku TOEFL adalah dua tahun dari tanggal tes. Hal ini berdasarkan pemahaman bahwa kemampuan bahasa seseorang dapat berubah, baik meningkat atau menurun, seiring waktu.

Oleh karena itu, setelah periode dua tahun, skor TOEFL dianggap tidak lagi mencerminkan kemampuan bahasa Inggris terkini seseorang. Jika masa berlaku sertifikat TOEFL telah berakhir, Anda harus mengambil tes lagi untuk mendapatkan skor terbaru​​​​​​​​​​​​.

Baca Juga : Perbedaan Antara TOEFL dan TOEIC

Pentingnya Perencanaan Tes TOEFL

Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengikuti tes TOEFL sangat penting, terutama jika skor TOEFL akan digunakan untuk keperluan tertentu seperti pendaftaran universitas atau aplikasi pekerjaan.

Disarankan untuk mengikuti tes TOEFL saat Anda sudah siap dan dalam rentang waktu yang tidak terlalu jauh dari tenggat waktu pendaftaran atau kebutuhan lainnya.

Penting juga untuk mempersiapkan diri dengan baik, karena kesalahan umum yang sering terjadi adalah mengikuti tes tanpa persiapan yang matang​​​​.

Memilih Jenis Tes TOEFL

Ada dua jenis utama TOEFL, yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Keduanya memiliki perbedaan dalam hal format dan tujuan penggunaannya. TOEFL ITP fokus pada kemampuan listening, structure and written expression, dan reading comprehension.

Sementara itu, TOEFL iBT lebih komprehensif dengan menguji kemampuan reading, listening, speaking, dan writing. Memahami perbedaan ini penting untuk menentukan tes mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda​​​​.

Menyiapkan Diri untuk Tes TOEFL

Persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan dalam TOEFL. Ini mencakup pemahaman materi tes, latihan soal, dan strategi menjawab soal. Banyak sumber daya belajar yang tersedia online dan offline untuk membantu persiapan Anda, termasuk kursus bahasa Inggris dan buku-buku persiapan TOEFL.

Penting untuk tidak hanya memahami materi, tetapi juga format tes dan bagaimana mengelola waktu selama ujian​​​​.

Menggunakan Skor TOEFL

Setelah Anda mendapatkan skor TOEFL, sangat penting untuk memahami cara terbaik untuk menggunakannya. Pertimbangkan masa berlaku skor saat merencanakan aplikasi pendidikan atau pekerjaan.

Selain itu, beberapa universitas mungkin memiliki kebijakan khusus terkait masa berlaku skor TOEFL, jadi penting untuk memeriksanya dengan universitas atau institusi terkait. Jangan lupa untuk juga mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk menerima skor setelah menyelesaikan tes​​​​.

Simak Juga : Standar Nilai TOEFL Untuk S1

Kesimpulan

TOEFL adalah alat penting untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dan sering menjadi syarat dalam pendidikan dan pekerjaan. Memahami masa berlaku, jenis tes, dan cara persiapan yang efektif akan membantu Anda memanfaatkan tes TOEFL sebaik-baiknya.

Selalu ingat bahwa sertifikat TOEFL adalah representasi kemampuan bahasa Inggris Anda pada titik waktu tertentu dan dapat memberikan keuntungan kompetitif dalam karier atau pendidikan Anda.

Tinggalkan Balasan