Memahami Perbedaan Antara TOEFL dan TOEIC

Dalam dunia pendidikan dan kerja yang global, kemampuan berbahasa Inggris menjadi penting. Dua tes yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan ini adalah TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan TOEIC (Test of English for International Communication). Keduanya memiliki fokus dan kegunaan yang berbeda, penting untuk dipahami agar bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Beda TOEFL dan TOEIC

1. Konteks Penggunaan

TOEFL iBT® lebih berfokus pada kemampuan akademik. Tes ini umum digunakan untuk persyaratan masuk universitas atau institusi pendidikan tinggi, terutama di negara-negara berbahasa Inggris.

Sementara itu, TOEIC® lebih ditujukan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris dalam konteks bisnis dan pekerjaan, sering menjadi syarat dalam perekrutan atau promosi di lingkungan kerja.

2. Konten dan Struktur Ujian

TOEFL iBT® terdiri dari empat bagian: Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Ini mencerminkan kebutuhan komprehensif dalam lingkungan akademis.

Sedangkan TOEIC® dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu Listening and Reading serta Speaking and Writing, dengan fokus lebih pada penggunaan bahasa dalam konteks profesional.

Baca Juga : Standar Nilai TOEFL Untuk S1

3. Skala Skor dan Penilaian

Skor TOEFL iBT® berkisar antara 0 hingga 120 poin, memberikan gambaran tentang kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam lingkungan akademik.

Di sisi lain, skor TOEIC® berkisar antara 10 hingga 990 poin, mencerminkan pemahaman bahasa Inggris dalam konteks bisnis dan pekerjaan.

4. Tujuan dan Kebutuhan Pendidikan

Jika tujuan Anda adalah karir atau promosi di tempat kerja yang memerlukan bahasa Inggris, terutama untuk bisnis dan komunikasi profesional, TOEIC® adalah pilihan tepat.

Namun, jika Anda berencana melanjutkan studi di luar negeri, terutama di negara-negara berbahasa Inggris, TOEFL iBT® adalah langkah yang sesuai.

5. Pilihan Kombinasi

Tergantung pada tujuan Anda, ada opsi untuk mengambil kedua ujian. Misalnya, seseorang bisa mengambil TOEIC® untuk keperluan kerja dan kemudian TOEFL iBT® untuk tujuan akademis.

Kesimpulan

Memilih antara TOEFL dan TOEIC bergantung pada tujuan spesifik Anda. TOEFL iBT® lebih cocok untuk kebutuhan akademik, sementara TOEIC® lebih fokus pada konteks profesional dan bisnis.

Penting untuk memahami kebutuhan dan tujuan Anda sebelum memilih, dan mempersiapkan diri dengan baik untuk tes yang dipilih. Kursus persiapan khusus seperti yang ditawarkan di LaC bisa menjadi pilihan untuk mempersiapkan diri menghadapi tes ini.

Tinggalkan Balasan