Donatur Untuk Bayar Hutang
Donatur Untuk Bayar Hutang

Mencari Donatur untuk Bayar Hutang? Ini Pilihan Terbaiknya

Keuangan – Banyak orang di luar sana merasa kesulitan ketika mencari donatur untuk bayar hutang. Kesulitan ini terbilang normal mengingat masalah finansial sendiri tidak bisa diselesaikan dengan mudah. Diperlukan pihak yang benar-benar fokus ke bidang ini.

Itu karena, dibutuhkan kemampuan finansial yang mempuni supaya hutang bisa diselesaikan seluruhnya. Pihak ini sendiri memang perlu diakui oleh pihak yang berhutang maupun penerima hutang. Itu karena, hutang biasanya tidak dibayar langsung.

Di Indonesia sendiri, ada banyak pihak yang bisa memberikan bantuan terkait hal ini. Tetapi ingat, pastikan untuk tidak asal ketika memilih pihak tersebut. Jika asal memilihnya, bukan tidak mungkin hutang tersebut malah tidak dibayarkan.

Baca Juga : Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang

Daftar Donatur untuk Bayar Hutang

Ketika mengalami masalah ini, beberapa orang sering menjatuhkan pilihan pada aplikasi pelunas hutang. Perlu diketahui, menjatuhkan pilihan pada aplikasi semacam itu merupakan kesalahan besar. Itu karena, beberapa aplikasi bergerak secara ilegal.

Nantinya sangat mungkin pihak aplikasi malah menyebarkan informasi pribadi mengenai diri Anda. Jika masih bingung mengenai hal ini, berikut ulasannya secara lebih lanjut.

1. Amalan

Penolong orang terlilit hutang pertama adalah amalan. Perlu diketahui, amalan adalah sebuah lembaga bantuan yang terbukti bisa menjadi solusi. Ada banyak masalah hutang yang sudah diselesaikan lembaga ini.

Kondisi seperti kredit macet, KPR, dan lain-lain nantinya akan bisa dibantu. Walaupun tidak membantu membayar hutang secara keseluruhan, Amalan biasanya membantu mediasi Anda dengan pemberi hutang.

Simak Juga : Cara Menagih Hutang Ke Orang Yang Susah Bayar

2. Bank Indonesia

Bank Indonesia juga bisa menjadi opsi bagi mereka yang sedang terlilit hutang. Sama seperti amalan, Bank Indonesia juga bisa mempermudah proses mediasi. Bahkan tidak ada biaya konsultasi yang perlu dikeluarkan ketika menggunakan layanan BI.

3. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia

Tempat terakhir yang bisa didatangi ketika mencari donatur untuk membayar hutang adalah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI. Untuk mendapatkan bantuan, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu di situs resminya yaitu YLKI.or.id.

Nantinya YLKI akan merespons pendaftaran tersebut dalam waktu kurang lebih 21 hari. Ini juga akan memperkecil kemungkinan Anda merasakan hal buruk seperti ungkapan kasar dari seorang debt collector.

Pastikan untuk tidak asal ketika mencari donatur. Jangan sampai memilih donatur yang menyebarkan informasi pribadi Anda. Daripada bingung, pilih saja salah satu opsi yang diberikan di atas. (SA)

Tinggalkan Balasan