Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang
Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang

Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang, Berikut Caranya!

Alkisahnews.com – Banyak orang yang ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang. Apalagi bila sudah ada janji pada pemberi pinjaman uang untuk segera membayar hutang sesuai kesepakatan atau sudah masuk jatuh tempo.

Tapi, namanya kondisi tidak bisa di prediksi. Hari ini bisa saja memiliki banyak uang, tapi karena kebutuhan mendesak belum sampai satu jam sudah habis. Begitu juga saat hendak melunasi pinjaman, tentu ada momen di mana ingin melunasi, tapi ternyata sedang terkendala uang.

Alasannya beragam, salah satunya karena ada kebutuhan sangat mendesak padahal sudah mempersiapkannya dengan baik. Alasan lainnya, karena memang pada saat itu belum memiliki dana mencukupi. Untuk mengatasinya, simak beberapa cara sebagaimana pada uraian berikut.

Baca Juga : Cara Menagih Hutang Ke Orang Yang Susah Bayar

Berbagai Cara Mengatasi Kebingungan Besok Harus Bayar Hutang

Ketika ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang tentu yang dibutuhkan adalah solusi konkrit. Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mengatasi kebingungan besok harus membayar pinjaman. Sebagai referensi, beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan, antara lain:

1. Berdoa

Cara pertama adalah berdoa. Banyak orang jarang menyadari bahwa doa memiliki kekuatan luar biasa. Terutama bagi seseorang yang mempunyai agama tertentu atau kepercayaan tinggi terhadap Tuhan.

Sebenarnya berdoa bisa dipanjatkan kapan saja dengan berbagai macam tujuan, seperti meminta kemudahan kepada Tuhan. Salah satu kemudahannya saat menghadapi situasi mau bayar hutang tapi tidak punya uang.

2. Melakukan Renegotiate atau Negosiasi Ulang

Cara kedua, melakukan renegotiate atau negosiasi ulang. Maksud negosiasi dalam kondisi ini yaitu dengan mengajukan penambahan waktu atau meminta keringanan kepada pihak yang memberikan pinjaman barangkali bisa.

Bagaimanapun juga ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang perlu usaha, bukan hanya sekadar berdoa supaya memberikan hasil maksimal. Terkait negosiasi, tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

3. Menjual Barang yang Sifatnya Tidak Terlalu Penting

Cara ketiga alias terakhir, menjual barang yang sifatnya tidak terlalu penting untuk membayar pinjaman. Barang dimaksud tentunya berharga tapi bukan merupakan kebutuhan primer.

Sebagai contoh, Anda memiliki televisi sejumlah dua buah di rumah. Kondisinya, bukan sebuah masalah besar bila televisi di rumah hanya ada satu saja. Jadi, Anda bisa menjualnya satu untuk membayar pinjaman.

Sebaiknya jangan membiasakan diri gali lobang tutup lobang. Maksudnya, ketika ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, meminjam dana orang lain. Pinjaman terhadap orang pertama memang sudah lunas, tapi orang berikutnya masih memiliki tanggungan.

Apalagi bila orang berikutnya yang memberikan pinjaman untuk pelunasan pinjaman mematok suku bunga tinggi. Bukannya meringankan beban, malah sebaliknya. Jadi, sebaiknya pertimbangkan ulang bila ingin meminjam lagi kepada orang lain.

Inilah Lembaga atau Orang yang Bisa Membantu Melunasi Hutang

Pertanyaannya, adakah yang bisa membantu melunasi hutang? Jawabannya ada. Bila membahas tentang orang, biasanya adalah saudara atau kerabat terdekat yang memang berkenan melunasi pinjaman.

Tapi, tidak semua orang seberuntung itu, mendapatkan bantuan dari kerabat terdekatnya. Bila ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, Anda bisa mencoba menghubungi lembaga bantuan khusus.

Lembaga bantuan ini bergerak di bidang pelunasan hutang. Seseorang dapat melakukan konsultasi untuk memperoleh bantuan berupa program keringanan pinjaman melalui lembaga satu ini.

Tujuannya yaitu untuk menyelamatkan nama baik. Selain itu juga mencegah kemungkinan berurusan dengan kepolisian serta menghindari dikejar-kejar oleh pihak yang memberikan pinjaman.

Bila kondisinya ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang dan tanpa adanya upaya penanganan, akan ada potensi nama Anda tercantum dalam DHN atau Daftar Hitam Nasional. Isi dari daftar ini yaitu deretan nama orang terlibat permasalahan hutang berkepanjangan di BI.

Akibatnya ketika masuk dalam daftar DHN, Anda tidak akan bisa mengakses layanan keuangan, seperti bilyet giro serta cek. Hal ini bisa terjadi karena bank mempunyai rekam jejak kredit buruk. Beberapa lembaga yang bisa memberikan bantuan antara lain:

1. YLKI

YLKI atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia merupakan sebuah lembaga pengaduan konsumen untuk beragam industri, salah satunya berkaitan dengan hutang bank. Bila ingin mengajukan permohonan bantuan terhadap YLKI, Anda perlu membuat akun lebih dulu.

Caranya dengan mengakses laman resmi ylki.or.id. secara online. Kemudian Anda bisa mengadukan hal-hal berkaitan dengan hak konsumen kepada YLKI, termasuk ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang.

Atau ketika memperoleh terror dari debt collector menggunakan gaya bicara kasar serta mengintimidasi. Lembaga ini akan membantu memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan Anda dengan pihak bank.

Biasanya pemrosesan serta penindaklanjutan laporan pengaduan ke YLKI maksimal 21 hari sesudah laporan pengaduan dianggap lengkap. Mengenai data pribadi Anda akan dijamin tersimpan aman.

2. PMN

PMN atau Pusat Mediasi Nasional merupakan lembaga berikutnya yang bisa membantu ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang. Dengan persentase mencapai 83%, PMN berhasil menyelesaikan sengketa para kliennya.

Lembaga ini sudah berpengalaman di bidangnya, mulai dari teknik perbankan, hukum hingga bisnis. Ada banyak akreditasi PMN, salah satunya AMA atau Asian Mediation Association.

3. Amalan

Amalan mampu mengatasi permasalahan hutang hingga mencapai persentase 70%. Pengalamannya dalam menangani beragam kasus, seperti KTA, KPR, kartu kredit serta KMG.

Bila Anda ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang dan sedang memerlukan bantuan, bisa mendaftarkan diri melalui situs resmi lembaga ini di amalan.com. Dalam hal ini transparansi akan memiliki peran sangat penting.

4. Baznas

Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional akan membantu membayari pinjaman seseorang yang masuk dalam kategori asnaf zakat. Sesuai dengan QS At-Taubah ayat 60, di antaranya fakir, miskin, mualaf, amil, fisabilillah, ibnu sabil, hamba sahaya serta gharimin.

Peminjaman uang atas dasar karena ingin memenuhi kebutuhan hidup dengan sifat sangat mendesak. Bila pinjaman dilakukan untuk membeli barang-barang konsumtif, seperti handphone, lembaga ini tidak bisa membantu.

Jadi, pastikan terlebih dahulu, kondisi Anda ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang didasari oleh latar belakang seperti apa. Berbagai dokumen perlu dipersiapkan, seperti KTP, KK, SKTM desa setempat serta bukti tagihan hutang.

5. Bank Indonesia

Ketika Anda meminta bantuan BI atau Bank Indonesia untuk menangani permasalahan pinjaman dengan bank, akan mendapatkan bantuan secara gratis. Perjanjian mediasi yang diberikan BI maksimal 60 hari kerja semenjak menyampaikan masalah ini ke nasabah.

Pelaksanaan mediasi secara informal dan fleksibel. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin memperoleh bantuan mediasi dari BI, salah satunya nilai hutang tidak mencapai lebih dari angka Rp. 500.000.000.

Persyaratan lainnya bila ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang melalui BI, permasalahan tersebut belum pernah diajukan ke lembaga lain seperti PNM dan YLKI. Cara menghubungi BI bisa melalui nomor (021) 500131.

Baca Juga : Donatur Untuk Bayar Hutang

Berbagai Tips Cara Melunasi Hutang Rentenir Secara Cepat

Masih banyak yang bertanya-tanya, bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat? Apalagi bila pinjaman tersebut berkaitan dengan rentenir. Inilah berbagai tips cara melunasi pinjaman rentenir secara cepat bisa coba dilakukan:

1. Menjual Barang

Untuk memperoleh uang tambahan, bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya menjual barang. Baik itu perabotan, peralatan rumah tangga, mainan, pakaian atau barang berharga lainnya yang bisa di konversi dalam bentuk uang.

Dengan menjual barang-barang ini, pinjaman Anda kepada rentenir bisa berkurang. Anda bisa memilih, lalu memilah kira-kira jenis barang apa yang laku dipasaran dan bisa mengurangi bahkan membereskan tanggungan pinjaman.

2. Mencairkan Aset

Ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang kepada rentenir dengan cepat juga bisa dilakukan dengan cara mencairkan aset. Aset dimaksud bisa berupa barang elektronik bekas yang sudah tidak dipakai atau menyewakan kendaraan, baik mobil maupun motor.

Bisa juga dengan menyewakan ruangan kosong tidak terpakai yang ada di rumah. Apapun jenis asetnya, usahakan yang memang memiliki nilai tapi tetap melancarkan aktivitas Anda sehari-hari.

3. Meminta Bantuan Pihak Profesional

Tips terakhir, meminta bantuan pihak profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Keuntungan yang bisa diperoleh, Anda mendapatkan bantuan negosiasi terkait pengurangan bunga maupun denda pinjaman.

Pada kondisi tertentu, program sejenis ini dapat membantu mengurangi pembayaran secara keseluruhan. Jadi, ketika ingin melunasi hutang tetapi tidak punya uang kepada rentenir, bisa meminta bantuan profesional supaya proses pelunasan cepat.

Doa Supaya Dibantu Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang

Sebenarnya ada banyak doa yang bisa diamalkan supaya terbantu saat mengalami kesulitan melunasi pinjaman tapi sedang terkendala uang. Tentu saja doa ini disertai dengan usaha yang sudah dilakukan sebelumnya. Berikut doanya:

اللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Ayat tersebut memiliki maksud meminta kepada Allah supaya diberikan rezeki-Nya yang halal. Jadi, bisa terhindar dari rezeki yang sifatnya haram. Selain itu juga meminta diperkaya karunia-Nya, sehingga tidak meminta selain kepada-Nya.

Doa ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang tersebut pernah disarankan oleh Ali bin Abi Thalib kepada seorang budak laki-laki pada zaman dahulu. Budak tersebut mengatakan tidak mampu melunasi uang sebagai syarat pembebasannya.

Jenis Amalan Supaya Niat Membayar Hutang Tapi Tidak Punya Uang Terlaksana

Ada kondisi tertentu di mana kita sudah mengusahakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan uang, tapi belum juga berhasil. Padahal doa sudah diamalkan dengan khusyu’. Nah untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba menerapkan beberapa amalan lainnya sebagai berikut:

1. Bertaubat

Apakah Anda sedang bingung besok harus bayar hutang padahal sudah mengusahakan yang terbaik? Untuk mengatasinya, coba menerapkan amalan bertaubat dengan nasuha atau sebenar-benarnya barangkali tiba-tiba ada keajaiban setelahnya.

Sebab, bisa saja pinjaman tersebut merupakan bagian dari dosa yang pernah dilakukan. Terkadang kita lupa pernah berbuat dosa yang menimbulkan kerugian terhadap diri sendiri. Akibatnya bukan hanya saat itu juga dirasakan tapi di kemudian hari.

2. Membantu Orang Lain yang Membutuhkan

Bila Anda ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, coba melakukan amalan membantu orang lain yang membutuhkan. Tapi harus didasari dengan keikhlasan, bukan hanya semata-mata karena ingin segera melunasi pinjaman.

Membantu tidak harus selalu diukur dalam bentuk materi. Selain materi, Anda bisa membantu dalam bentuk tenaga atau waktu. Siapa yang memudahkan urusan orang lain, akan dipermudah juga urusan baginya oleh Allah.

3. Pasrah kepada Allah

Amalan berikutnya, pasrah kepada Allah atas segala hal yang dialami. Walaupun pasrah bukan berarti tanpa melakukan apapun. Anda tetap perlu berikhtiar dengan maksimal serta mengulang-ulang doa setiap harinya supaya terbebas dari pinjaman.

4. Melakukan Silaturahmi

Ketika ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, sebaiknya Anda tetap melakukan silaturahmi. Perbaiki hubungan Anda dengan kerabat, keluarga, pasangan, rekan kerja, teman, sahabat dan lain-lain.

Mempererat tali silaturahmi ini akan membuka pintu rezeki. Rezeki itu datangnya bisa dari mana saja dan seringkali tanpa disangka-sangka. Barangkali dengan memperbaiki hubungan tersebut, Anda memperoleh solusi terbaik dari mereka.

5. Memperbanyak Sedekah

Bila ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang dalam Islam, bisa dilakukan dengan memperbanyak sedekah. Sedekah bukan akan menghabiskan uang Anda, justru sebaliknya.

Sesuai dengan HR. An Nasai, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah ditanya mengenai sedekah manakah paling afdal. Beliau menjawab, sedekah dari seseorang yang serba kekurangan.

6. Meningkatkan Amalan Salih

Amalan bagi Anda yang ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang terakhir yaitu meningkatkan amalan salih. Seperti salat tepat waktu, berjamaah, berzikir, salat sunnah dhuha, tahajud, tadarus dan jenis amalan baik lainnya.

Keutamaan Bila Membebaskan Hutang Orang yang Mengalami Kesusahan

Penolong orang terlilit hutang akan mendapatkan keutamaan. Sesuai dengan salah satu HR. Muslim mengungkapkan bahwa siapa yang ingin diselamatkan oleh Allah dari kesulitan di hari kiamat kelak, sebaiknya membebaskan pinjaman seseorang.

Jadi, ketika ada seseorang yang kesulitan membayar pinjaman dan situasinya Anda bisa membantu, tidak ada salahnya untuk memberikan bantuan. Terkadang tindakan demikian di dunia juga akan mendapatkan balasan dalam bentuk serupa.

Misalnya, ketika tiba-tiba di kemudian hari ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, ada orang lain yang juga membantu Anda. Mereka melakukan seperti yang pernah Anda lakukan, tanpa diduga sebelumnya. Hal-hal seperti ini seringkali terjadi tapi jarang disadari.

Beberapa Azab Orang yang Tidak Bayar Hutang Penting Diwaspadai

Masih banyak orang meremehkan kewajiban membayar pinjaman dan sengaja tidak melunasinya. Bahkan ada juga berpura-pura tidak pernah berhutang. Seseorang yang tidak membayar pinjamannya akan mendapatkan beberapa azab sebagai berikut:

1. Sulit Masuk Surga

Azab pertama, sulit masuk surga. Bila seseorang meninggal dunia dalam kondisi membawa hutang, akan terhalang baginya masuk surga walaupun masuk dalam kategori mati syahid.

Inilah pentingnya untuk segera menyelesaikan urusan hutang piutang supaya tidak menjadi beban di kemudian hari sesudah kematian tiba. Jadi, walaupun ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, tetap harus mengusahakannya.

2. Siang Melarikan Diri, Malam Merasakan Kegelisahan

Azab berikutnya, tidak akan memiliki nasib baik di dunia serta akhirat. Hidup orang tersebut akan dipenuhi dengan kegelisahan karena selalu menghindari pihak yang meminta pelunasan pinjaman.

Pada siang harinya selalu berusaha melarikan diri. Sedangkan malam harinya sulit tidur dengan nyenyak. Hal ini akan dirasakan setiap harinya, sehingga menimbulkan perasaan ketidaknyamanan.

3. Nasibnya Menggantung

Seorang mukmin yang mengabaikan pelunasan hutang, diakhirat nanti jiwanya akan digantung antara neraka dan surga hingga lunas. Jadi, tetap usahakan yang terbaik bila ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang, bukannya menghindar.

4. Statusnya Pencuri

Sudah ditegaskan oleh Rasululah bahwa seseorang yang berhutang dan tidak memiliki niat untuk segera melunasinya, maka statusnya saat bertemu Allah kelak di hari kiamat yaitu pencuri. Bila di dunia tidak merasakan akibatnya, akhirat siap menanti.

5. Rasulullah Tidak Mensholatkannya

Rasulullah pernah tidak mensholatkan seorang mayat laki-laki yang belum melunasi hutang dunianya. Bahkan beliau menerangkan kepada para sahabat tentang keharusan menyegerakan pembayaran hutang supaya terhindar dari kesulitan kelak diakhirat.

Jangan mengabaikan masalah pinjaman ini bila tidak ingin mendapatkan azab dunia serta akhirat tersebut. Tetap ikhtiar dan berdoa, maka Allah akan memberikan jalan bagi Anda yang ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang. (SA)

Kata Kunci Populer:

Ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang