Cara Menagih Hutang Ke Orang Yang Susah Bayar
Tips Bagaimana Cara Menagih Hutang Ke Orang Yang Susah Bayar

Cara Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar Penting Diketahui

Alkisahnews.com – Sudah capek-capek menagih hutang akan tetapi tidak mendapatkan hasil, Anda perlu tahu cara menagih hutang ke orang yang susah bayar. Cara ini dijamin ampuh agar orang tersebut mau membayar hutang kepada Anda.

Sejatinya, hutang merupakan kewajiban yang harus dibayarkan sesuai dengan waktu kesepakatan. Bagi orang yang memberikan hutang, juga memiliki kewajiban untuk mengingatkan peminjam untuk mengembalikan pinjamannya.

Tidak jarang orang yang memiliki kebutuhan terdesak, akhirnya terpaksa untuk berhutang demi bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, setelah diberi pinjaman, banyak orang yang lupa atau justru sangat sulit ketika diminta untuk membayar hutangnya.

Jika menemukan orang seperti ini, ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba agar orang tersebut mau membayarkan hutangnya. Mau tahu seperti apa caranya? Pastikan baca ulasan ini sampai akhir, ya..

Baca Juga : Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

4 Cara Menagih Hutang Ke Orang yang Susah Bayar

Menemukan orang yang susah saat diminta untuk membayar hutang pastinya sangat menjengkelkan. Ditambah lagi jika Anda memang sedang membutuhkan uang sehingga sangat berharap orang tersebut membayarkan hutangnya.

Jika menemukan orang dengan sifat seperti ini, Anda bisa mencoba cara menagih hutang secara hokum yang pasti ampuh untuk membuat orang tersebut membayar hutangnya. Di antaranya seperti di bawah ini :

1. Tagih Secara Halus

Langkah pertama jika Anda ingin melakukan cara menagih hutang kepada seseorang adalah mulai dengan menggunakan kata-kata menagih hutang secara halus terlebih dahulu. Anda bisa mengajak orang yang bersangkutan untuk bertemu dan membicarakan terkait perihal hutang.

Anda bisa menjelaskan bahwa ini sudah waktunya membayar hutang sesuai dengan waktu yang telah disepakati sebelumnya. Anda juga bisa menambahkan bahwa saat ini sedang membutuhkan uang untuk kebutuhan sehingga berharap hutang segera dikembalikan.

Sedang Trending :  Cara Ambil Uang di ATM BCA Tanpa Kartu

2. Simpan Bukti Piutang

Setiap meminjamkan uang kepada orang lain, biasa untuk membuat perjanjian secara tertulis. Perjanjian ini berisi nominal yang dipinjamkan serta tenggat waktu untuk pelunasan hutang.

Bukti ini bisa menjadi alat yang kuat bagi Anda untuk menagih hutang kepada seseorang. Jika cara menagih hutang lewat WA atau bertemu langsung tidak berhasil, bukti ini bisa menjadi ancaman untuk berlanjut pada kasus perdata. Dengan cara seperti ini, pasti orang tersebut akan segera membayar hutangnya.

3. Mengirim Somasi

Jika cara menagih hutang secara halus dan kekeluargaan tidak berhasil, Anda bisa mengambil langkah lebih tegas dengan mengirimkan surat somasi. Cara ini untuk menegaskan bahwa jika yang bersangkutan tidak segera melunasi hutangnya, maka Anda akan membawanya ke jalur hukum.

Perkara hutang piutang memang bisa dibawa ke jalur hukum jika salah satu pihak ada yang merasa dirugikan. Hal ini tertulis dalam pasal 19 ayat 2, Undang-undang tahun 1999 No 39 tentang Hak Asasi Manusia (HAM).

4. Mengajukan Gugatan ke Pengadilan

Jika somasi yang Anda kirimkan masih membuatnya tidak mau membayar hutang, maka kasus seperti ini bisa dilanjutkan ke jalur hukum. Anda bisa mengajukan gugatan ke pengadilan pada kasus perdata.

Nantinya gugatan yang Anda ajukan akan nilai oleh hakim dan jika terbukti berhutang maka memiliki kewajiban untuk segera melunasinya. Jika tidak, maka yang bersangkutan akan ditindak secara pidana alias dipenjara.

Memberikan pinjaman atau hutang kepada orang lain memang merupakan tindakan terpuji karena menolong orang yang sedang kesulitan. Akan tetapi jika ternyata hutang tidak segera dikembalikan, maka jalan terakhir adalah gunakan doa menagih hutang ke orang yang susah bayar agar segera terbuka hatinya untuk mengembalikan. (SA)

Tinggalkan Balasan