Samsung A3
Samsung A3

Samsung A3, Smartphone Jadul yang Masih Cocok Digunakan!

Samsung A3 sempat dirilis pada seri Alpha di mana perusahaan menambahkan ornament logam pada tepian smartphone. Sempat menjadi ponsel cerdas kelas menengah yang cukup dinilai hebat dan berhasil minat dunia.

Memang tidak ada yang sempurna dalam dunia ini, termasuk pada smartphone dari vendor besar tersebut. Hingga pengembangnya memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sempat ada pada smartphone tersebut dan merilisnya di masa kini.

Meski begitu, ponsel cerdas tersebut pada perilisan pertamanya telah memiliki beragam fitur pendukung terbaik dalam kelasnya. Apalagi, saat perilisan pertamanya Samsung telah mneyematkan penyimpanan yang cukup besar pada smartphone tersebut.

Sebenarnya, perusahaan tersebut telah beberapa kali merilis kembali seri Samsung A3 dengan pembaruan-pembaruan yang menakjubkan. Terlebih lagi, harganya yang merakyat membuat semua orang bisa mendapatkan ponsel cerdas terbaru dari Samsung.

Meskipun memiliki harga merakyat, tapi tampilan dan penampakan dari ponsel cerdas tersebut tidak murahan. Samsung selalu memberi kejutan menakjubkan setiap smartphone yang dirilisnya sehingga para penggunaannya merasa bangga saat menggunakannya.

Sebab itu, produk dari perusahaan ternama Samsung ini tidak pernah mati dipasaran, hampir semua orang suka dengan produknya. Bahkan, cenderung menang jika dibandingkan dengan vendor lain, bahkan vendor-vendor di atasnya.

Tanpa berlama-lama lagi, jika Anda tertarik dengan A series Galaxy ini simak artikel berikut. Kami akan memberikan beberapa rincian mengenai spesifikasi, perbedaan dengan seri terbarunya, hingga harga di tahun 2022.

Baca Juga : Perbedaan Charger Samsung Ori dan KW

Spesifikasi Samsung A3, Smartphone Flasghip Tergila di Masanya

Secara resmi, tahun 2016 lalu merupakan tahun perilisan seri A3 di Indonesia. Seri tersebut menjadi unggulan di kelasnya. Selain harganya murah, tampilan serta fiturnya juga juara.

Desain dari smartphone lebih premium, sama seperti seri flagship sebelumnya. Terdapat kombinasi dari bahan material terbaik yakni metal dan kaca gorilla glass 4 2.5 D bagian depan dan belakangnya.

Samsung A3 menampilkan kesan mewah dengan sudut-sudut ergonomis yang nyaman ketika dipegang. Ditambah lagi, bodi dari smartphone tersebut cukup tipis sehingga penggunanya tidak kesulitan saat menggunakannya, ketebalannya hanya berkisar 7.3mm.

Namun, ukuran smartphone tersebut dibuat lebih compact sehingga terasa kecil bagi Anda yang memiliki tangan berukuran besar. Selain itu, karena tampilan belakang juga menggunakan material kaca, jadi mungkin akan licin.

Samsung A3 juga membawa UI khas vendor tersebut, sama seperti seri sebelumnya tampilan antarmuka tidak pernah diganti. Jika Anda merupakan pengguna Samsung lama tentu akan mudah mengenali tampilan antarmuka tersebut.

Kurang lengkap jika tidak kamera vendor ini, karena selalu memberikan perbedaan besar di antara smartphone lain. Pada galaxy A3 perusahaan menyematkan UI kamera terbaik bagi penggunanya.

Terdapat beragam pengaturan mode pro, panorama, continuous shot, hdr, Iso, balanced, lainnya. Kamera smartphone dibekali sensor 13 MP dan autofocus di bagian belakang. Sedangkan selfie adalah 5 MP.

Samsung A3 ram 4 dibekali penyimpanan internal yang lumayan besar, apalagi pada saat itu tahun 2016. Kebanyakan ponsel masa itu baru mengembangkan penyimpanan sebesar 1/2 GB saja.

Perilisannya di tahun tersebut membawa keberuntungan bagi perusahaan dan masyarakat. Karena masyarakat mampu merasakan teknologi terbaru dari ponsel cerdas. Dan serinya menjadi pelopor perkembangan smartphone.

Simak Juga : Cara Download Font Samsung Berbayar Jadi Gratis

Kenali Kekurangan dan Kelebihan dari Samsung A3

Menjadi salah satu ponsel cerdas yang banyak diminati oleh masyarakat dunia pada masanya. Meski banyak diminati oleh hampir seluruh masyarakat dunia, bukan berarti ponselnya tidak memiliki kekurangan.

Memang jika dibandingkan dengan ponsel modern seperti sekarang, spesifikasi smartphone tersebut masih tertinggal jauh. Berikut di bawah ini Kami berikan beberapa kekurangan serta kelebihan dari Samsung a3.

1. Telah Menggunakan Teknologi 3G/4G

Jika dilihat dari segi konektivitasnya, smartphone tersebut jelas unggul karena telah menggunakan 3G/4G. Hal tersebut tentu membuat ponselnya bekerja lebih baik dalam mengakses internet pada masa itu.

2. Memori yang Lebih Luas

Jika membahas media penyimpanan Samsung A3, tentu Anda akan mengingat bahwa ponsel tersebut merupakan smartphone dengan kapasitas memori terluas 2016. Bahkan memorinya yang luas tersebut masih bisa diperluas menggunakan microSD.

3. Chipset Gahar Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410

Kelebihan smartphone sebagai unggulan di kelasnya adalah, ditanamkannya chipset gahar. Dengan begitu, desain grafis serta arsitektur 64 bit dapat tercipta dan menghasilkan gambar lebih cemerlang.

4. Kamera Utama dan Selfie Beresolusi Tinggi

Kamera beresolusi tinggi masa itu belum dimiliki oleh seluruh vendor. Pada samsung A3, kamera sudah menjadi fitur unggulan apalagi resolusinya sangat besar yakni 5MP dan 13MP.

5. Tampilan Lebih Trendy, Tapi Licin

Saat melihat penampakan dari galaxy A3, tentu siapa saja terkesima karena memang tampilannya sangat modern. Tapi, dibalik tampilannya yang modern, permukaannya licin sehingga sulit digenggam dengan nyaman, harus menggunakan pelindung.

6. Baterai Non-Removable

Bagi sebagian pengguna, baterai non-removable atau permanen dianggap kekurangan. Hal ini dikarenakan penggunanya akan kesulitan terutama ketika baterainya mengalami masalah, berbeda jika menggunakan baterai cabut.

Baca Juga : HP Samsung yang Ada Infrared

Perbedaan Samsung A3 2016 dengan Versi Terbarunya

Seperti diketahui bahwa seri Galaxy A3 sempat dirilis dua kali oleh vendornya, yakni pada tahun 2016 dan 2017. Pada perilisannya yang kedua, perusahaan tentu telah meningkatkan berbagai fitur bagi penggunanya.

Sempat disebut sebagai varian terendah dari A series, perusahaan akhirnya merilis Samsung A3 2017. Jadi pada saat ini terdapat koleksi A-series A3, A5, dan juga A3 2017 atau dikenal A7.

Tahun 2016 lalu, layar Series A3 mengusung tema diagonal dengan layar ukuran 4.7 inch yang cukup compact. Pada peluncuran terbarunya 2017, Samsung tetap mengusung tema yang sama, tapi lebih lebar.

Jika dilihat secara sekilas, tentu tidak terlihat perbedaan di antara seri 2016 dan 2017. Apalagi keduanya sama-sama mengemas layar beresolusi HD 720p super amoled berukuran 4.7 inch yang membuat visualnya menakjubkan.

Namun, pada samsung A3 terbaru memiliki peningkatan yang signifikan yakni mengantongi sertifikat IP68. Penggunaan IP68 membuat smartphone tersebut mampu tahan dari cipratan air dan debu.

Perbedaan lain dari kedua smartphone ini adalah, adanya sidik jari pada seri 2017 yang terintegrasi dengan tombol home. Sehingga keamanan dari ponsel ini tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, pada karena tentu mengalami peningkatan terutama kamera selfie atau depan. Di mana seri sebelumnya hanya menggunakan 5MP, pada 2017 perusahaan berhasil meningkatkannya menjadi 8MP.

Daya tampung baterai juga diberi peningkatan yakni menjadi 2350 mAh. Memang tidak terlalu besar seperti pada samsung A3 2016, yakni hanya mengalami peningkatan sejumlah 50 mAh saja.

Samsung menyadari pentingnya perubahan atau peningkatan dari produknya, sehingga melakukan perilisannya kembali di tahun berikutnya. Peningkatan beragam fitur dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para penggunanya.

Simak Juga : Panggilan Darurat Samsung J2 Prime

Alasan Mengapa Harus Memilih Samsung A3 dengan Versi Terbarunya

Perangkat kelas menengah yang tidak diragukan kehebatannya, terutama dalam fitur-fitur canggih di dalamnya. Tidak ada alasan yang bisa membuat Anda menolak untuk menggunakan smartphone canggih ini.

Meskipun merupakan smartphone keluaran beberapa tahun lalu, ponsel ini masih cocok digunakan di zaman sekarang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan Samsung A3 2017 sebagai seri terbaru.

1. Adanya Teknologi Anti Air

Fitur tahan air mungkin menjadi unggulan bagi kelas smartphone mahal seperti sekarang ini. Samsung telah menggunakan fiturnya sejak 5 tahun lalu pada produknya. Jadi Anda bisa menggunakannya meski saat gerimis.

2. Ukurannya Sangat Compact

Ini mungkin menjadi keunggulan tersendiri dari samsung A3 Pro di mana menjadikan tampilannya lebih modern. Apalagi saat itu, ponsel masih berukuran tebal, sehingga samsung berhasil membawa bentuk baru dalam pasar.

3. Baterai Lebih Baik

Dibandingkan seri sebelumnya, A3 2017 tentu memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Meskipun tidak terlalu besar yakni dari 2.300 mAh menjadi 2.350 mAh, tapi berfungsi untuk meningkatkan daya hidup.

4. Kamera Jauh Lebih Baik

Seperti diketahui bahwa Samsung A3 2017 telah menggunakan kamera selfie beresolusi 8MP. Meskipun pada kamera utamanya tidak mengalami peningkatan yakni tetap dengan resoulusi 13 MP.

5. Desain Tampilannya Cocok untuk Galaxy S7

Seperti diketahui jika Galaxy S7 memiliki desain yang terinspirasi dari A3 dan A5. Namun, tampilan A3 2017 dipandang lebih cocok untuk digunakan pada Galaxy S7 karena modern, simple, dan elegan.

Memiliki banyak keunggulan dari Galaxy seri 2016, hp ini jelas lebih layak digunakan. Dengan menggunakannya, Anda bisa mendapatkan pengalaman menggunakan hp canggih pada tahun tersebut.

Harga HP Samsung Galaxy Seri A3 Terbaru

Seperti diketahui lambat laun smartphone tentu akan menurun. Hal ini dikarenakan adanya produk lebih canggih sehingga membuat seri lama tergeser oleh kehadirannya. Hal itu terjadi pada A3.

Jika seseorang disuruh memilih harus ketinggalan handphone atau dompet, tentu jawabannya adalah dompetnya. Karena di masa sekarang yang semuanya serba digital, handphone menjadi salah satu hal penting dalam hidup manusia.

Penyebab harga samsung galaxy A3 sendiri turun adalah ketatnya persaingan dalam dunia teknologi. Tidak heran saat ini banyak sekali vendor yang ingin menyaingi galaxy A3 dengan menawarkan banyak fitur terbaru.

Selain itu, adanya pengaruh dari merek yang lebih dominan, terutama vendor luar negeri. Meskipun Samsung merupakan vendor besar di mana sudah banyak orang mengenalnya, tapi tidak menutup kemungkinan terkalahkan.

Apalagi spesifikasi smartphone seri A3 2016 dan 2017 telah terkalahkan dari ponsel cerdas masa kini. Bukan dari penampilannya saja, tapi fitur di dalamnya sudah tertinggal, tapi masih worth it digunakan.

Harga samsung A3 2022 saat ini hanya dibanderol sekitar 1,3 juta rupiah saja tergantung tempat penjualannya. Setelah sebelumnya, terutama awal perilisannya ada di angka 3-4 juta rupiah.

Meski harganya turun drastis, smartphone seri tersebut masih cocok digunakan di masa sekarang. Hal ini dikarenakan fiturnya masih cocok untuk kebutuhan masyarakat. Dengan kamera beresolusi 8/13MP.

Fitur lain seperti memori dan tampilan tersebut masih sangat layak digunakan pada masa sekarang. Hal ini dikarenakan perusahaan telah menyediakan penyimpanan besar bagi pengguna pada ponselnya.

Dengan harga 1,3 tapi mendapatkan produk sekelas produsen besar asal Korea Selatan tersebut tentu sangatlah worth it. Saat ini tentu sangat sulit menemukan harga segitu.

Harga Samsung A3 Second di 2022

Jika Anda belum memiliki uang cukup untuk membeli ponsel cerdas satu ini, tidak ada salahnya mencari versi second. Banyak platform saat ini yang menjual barang-barang second atau bekas berkualitas.

Seperti diketahui bahwa segmen entry level sangat ketat persaingannya. Sehingga salah satu ponsel cerdas terbaik yang bisa jadi pilihan Anda saat ini adalah samsung A3, terutama jika dilihat dari fiturnya.

Sebenarnya, hampir semua merek menawarkan hp bekasnya dengan harga yang sangat murah. Bahkan beberapa merek atau vendor membanting harganya hingga di bawah 1 jutaan demi menarik pelanggan pasar.

Sebagian masyarakat sekarang berpikir bahwa lebih baik membeli smartphone zaman dahulu dengan spesifikasi yang baik, daripada membeli hp sekarang. Ini dikarenakan banyak hp sekarang harga dan fiturnya tidak seimbang.

Membeli hp second tidak selamanya merugikan, karena terdapat banyak keuntungan saat membelinya. Seperti misalnya, jaminan harga jelas lebih murah dibandingkan versi baru, bahkan selisih harganya bisa sangat besar.

Harga jualnya tidak jatuh, karena Anda membeli juga bekas. Berbeda jika Anda membeli hp baru, harga jual dari hpnya tentu akan jatuh drastis. Apalagi setiap tahun harganya turun.

Membeli samsung A3 bekas, artinya sudah membantu mengurangi sampah-sampah elektronik di dunia. Sebab, berhasil memperpanjang masa pakai dari perangkat elektronik tersebut sehingga tidak menjadi sampah yang mengotori lingkungan.

Untuk harga seri A3 2016 di pasaran dan platform jual beli online dibanderol mulai dari 600 ribuan. Sedangkan A3 2017, dibanderol mulai dari 700 ribuan.

Namun, harga tersebut tentu disesuaikan dengan seberapa rusak smartphone tersebut. Perlu diingat bahwa Anda membeli smartphone bekas yang sudah pasti terdapat kerusakan pada ponsel tersebut.

Harga Suku Cadang LCD Samsung A3 versi Original

Tidak jarang sebuah hp membutuhkan suku cadang baru, entah karena rusak atau sudah harus ganti. Beberapa alasan juga mendasari mengapa Anda harus mengganti suku cadang tersebut ke versi lebih barunya.

Meskipun hp Anda sangat canggih dan memiliki perlindungan serta keamanan cukup tinggi, bukan berarti akan terhindar dari masalah. Contohnya saja seperti layar lcd retak akibat tekanan, jatuh, dan hal lainnya.

Selain itu, dikarenakan masalah sepele seperti Anda tidak pernah melepaskan genggaman dari hp. Atau arti lainnya, Anda tidak bisa lepas dari hp. Hal itu tentu bisa merusaknya meskipun secara pelan-pelan.

Intinya, kerusakan LCD Samsung A3 biasanya dikarenakan kecerobohan penggunanya sendiri. Sebab itu, Anda harus menjaganya agar tidak rusak karena biaya perbaikan LCD terbilang cukup mahal.

Untuk harga LCD original dari seri A3 baik 2016 maupun 2017 dibanderol mulai dari 800 ribuan. Harga tersebut belum dengan biaya jasa pemasangan, jadi bila ditaksir kurang lebih 1 jutaan.

Harga 1 jutaan untuk memperbaiki lcd yang rusak tentu sangatlah mahal, apalagi dengan 1 juta Anda bisa mendapatkan hp baru. Memang jika membeli lcd original harga yang dibayarkan cukup mahal.

Memang ada beberapa merk lcd tapi tidak original, tapi jika menggunakannya itu hanya akan menambah kerusakan pada hp. Sebab itu, lebih baik menggunakan lcd ori meskipun mahal.

Untuk harga lcd tidak ori memang murah, harganya dimulai dari 100 ribuan saja. Tapi, tidak worth it untuk digunakan. Mungkin hanya bisa bertahan 1 bulan saja.

Smartphone jadul belum tentu tidak layak pakai di masa sekarang ini. Yang terpenting adalah smartphonenya memiliki fitur canggih seperti samsung A3, sehingga masih layak digunakan hingga saat ini. (SA)