Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC
Tips Bagaimana Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC

Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC, Mudah Dicoba

Alkisahnews.com – Ada beberapa cara membuat filter air dari pipa PVC yang mudah untuk dicoba. Apabila kondisi air di rumah Anda nampak kotor dan tidak jernih, Anda bisa coba untuk memasang filter.

Jika Anda membelinya di pasaran, bisa dipastikan harganya cenderung lebih mahal. Untuk itu, alangkah lebih baiknya, Anda membuat saja sendiri filternya, caranya cukup mudah dan bahannya juga murah.

Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya apabila membuatnya sendiri. Karena alat dan juga bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat sederhana. Setelah itu, Anda cukup ikuti petunjuk yang tersedia.

Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC

Bagi Anda yang dirumah kondisi airnya kotor dan tidak jernih, Anda bisa menggunakan filter untuk menyaringnya. Tidak perlu biaya mahal untuk membeli, Anda bisa membuatnya sendiri, begini caranya :

1. Siapkan alat dan bahan

Cara pertama tentu Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Antara lain seperti pipa PVC 3 inci berukuran 60 cm, 3/4 inci 30 cm dan 2 inci 15 cm.

Selain itu dop PVC 3 inci dan pipa elbow 3/4 masing-masing 2 buah, jangan lupa lem pipanya. Untuk bahan saringannya, siapkan saringan aquarium, batu zeolite, arang, genting atau pecahan batu.

2. Lubangi pipa

Setelah menyiapkan alat dan bahan, langkah pertama adalah membuat lubang di sudut pipa. Gunakan bor sebesar 3 hingga 4 cm atau sampai PVC 3/4 inci bisa muat memasuki lubang tersebut.

Sebenarnya cara membuat filter air sendiri itu mudah, cukup ikuti saja petunjuknya. Setelah membuat lubang di PVC, lubangi juga 1 dop PVC memakai bor sebagai lubang tempat masuk air.

Pasang dop yang mempunyai lubang di bagian atas pipa. Sementara dop yang tidak mempunyai lubang, simpan di bagian bawah. Lalu Anda bisa merangkai wadah filter dalam pipanya.

Caranya, masukan PVC 2 inci berukuran 15 cm ke pipa, lalu lubangi dengan ukuran yang sama seperti lubang keluar air. Kemudian, masukkan PVC 3/4 inci 30 cm ke lubang keluar.

Sedang Trending :  Cara Membuat Tempat Tanda Tangan di Word Mudah Dipraktikkan

Agar kedua pipanya dapat diam di tempat. Lalu tutuplah menggunakan pipa elbow dengan lubang menghadap ke atas. Kemudian setelah semua pipanya terpasang, tutup PVC menggunakan dop yang tidak berlubang.

3. Menyusun media filternya

Cara berikunya dalam membuat filter air pipa PVC adalah menyusun media filter di dalam pipa. Terlebih dahulu, Anda perlu memasukkan media filter paling bawah, terakhir media filter paling atas.

Gunakan saringan aquarium sebagai media filter paling bawah. Ambilah 1 busa filter saringan dan lipat hingga membulat. Lalu masukan saringan tersebut ke dalam pipa, dorong hingga ke bagian bawah.

Setelah itu, masukkan genting atau potongan batu ke dalam. Usahakan potongan batunya berukuran kecil-kecil agar dapat menjernihkan air. Kemudian, masukkan kembali saringan yang sudah dilipat ke dalam pipa.

Lalu masukan batu zeolite sebagai filter air, kemudian seperti tadi, masukkan kembali saringan yang telah dilipat. Terakhir, tutup pipa dengan arang atau karbon aktif sebagai lapisan filter pertama.

Tutuplah bagian atas pipa dengan menggunakan dop yang telah dilubangi sebagai lubang masuknya air. Jangan lupa untuk mengelem bagian tersebut agar tidak bocor atau merembes.

4. Mencuci saringan

Anda sudah dapat mulai mencuci saringan pipa PVC. Caranya sangat mudah, cukup alirkan air ke dalam saringan, agar semua kotoran yang menempel di dalam pipanya teralirkan keluar.

Setelah itu, air akan terlihat lebih jernih daripada sebelumnya. Kini, Anda sudah bisa menempelkan filter air ini ke aliran air yang ada di tempat Anda.

Bisa dibilang, membuat filter air dari PVC ini sangat mudah untuk dipraktikkan. Anda bisa mendapatkan air yang lebih bersih di rumah dengan menggunakan filter air buatan sendiri. (SA)

Tinggalkan Balasan