Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening
Panduan Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening

Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening, Mudah dan Mantap

Tahukah kamu cara membuat sop daging sapi kuah bening? Makanan yang berkuah memang cocok disajikan saat cuaca sedang dingin, apalagi jika makan sop daging sapi. Rasanya yang lezat membuat siapa saja ketagihan.

Kuah kaldu yang gurih membuat selera akan meningkat, dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Anda harus tahu rahasia dalam mengolah sop daging sapi ini, karena proses merebus dagingnya lah membuat cita rasanya semakin enak.

Terdapat beberapa resep yang dapat Anda coba, bisa menggunakan resep khas Betawi, atau masakan sop jawa, dan kombinasi resep jawa sunda. Nah, beberapa pilihan ini bisa Anda praktikan di rumah.

Baca Juga : Cara Membuat Martabak Mini Manis Sederhana di Rumah

Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Bening

Sebelum memasak sop daging Anda harus menyiapkan bahan-bahannya sesuai dengan masakan yang hendak dibuat. Resep ini bisa dipraktikan kapan saja karena caranya mudah dan tidak ribet.

1. Resep Sop Betawi

Makanan ini salah satu makanan yang banyak diincar pembeli, untuk memasak sop betawi Anda harus menyiapkan bahan yang pertama karena ini masakan sop daging menjadi penting adalah persiapkan daging sapinya.

Untuk bumbu rempah Anda bisa menyiapkan kapulaga, cengkih, kayu manis, biji pala. Siapkan juga untuk bumbu halusnya yaitu bawang merah, bawang putih, jahe, merica, dan garam.

Untuk sayur pendampingnya Anda bisa menggunakan wortel, kentang, daun bawang, dan daun seledri, untuk pelengkap agar rasanya lebih nikmat Anda bisa menambahkan bawang merah goreng, tomat, jeruk limau dan sambal rawit, cara masaknya:

  • Didihkan air terlebih dahulu, masukan potongan daging sapi rebus sebentar dan tiriskan. Lalu didihkan kembali air bersih masukkan kembali daging sapinya dengan api kecil.
  • Untuk bumbu, panaskan minyak dalam wajan tumislah bumbu yang halus hingga tercium aroma wanginya. Tambahkan rempah-rempah yang telah disiapkan sebelumnya, dengan takaran secukupnya.
  • Setelah itu, masukan tumisan bumbu pada panci rebusan daging sapi tadi, tambahkan kaldu bubuk rebus hingga daging empuk. Anda juga bisa menambahkan wortel dan kentang yang telah dipotong.
  • Setelah semua matang, matikan api masukkan daun bawang dan daun seledri. Sajikan dalam mangkung, tambahkan potongan tomat beserta taburan bawang goreng tak lupa jeruk limau dan sambal rawitnya.
Sedang Trending :  Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Sajiku

Simak Juga : Cara Membuat Nasi Uduk di Magic Com

2. Resep Sop Daging Jawa

Bumbu sop daging jawa lebih sederhana dibandingkan sop daging betawi, walaupun kuahnya sama-sama bening. Bumbu yang harus disiapkan yaitu, bawang putih, merica dan pala. Serta garam.

Bahan isian lainnya pada resep sop daging sapi simple kuah bening yaitu daging sapi, air, minyak sayur, kentang, wortel, tomat, daun bawang,dan daun seledri. Semua dipotong sesuai dengan selera. Cara memasak sop daging jawa yaitu:

  • Potonglah terlebih dahulu daging sapi yang akan dimasak, selanjutnya didihkan air dan masukkan potongan daging pada air yang mendidih hingga lunak. Tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi.
  • Setelah bumbu harum angkat dan masukkan pada rebusan daging tadi. Masukkan sayuran pelengkapnya seperti wortel, kentang dan tomat yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Cara terakhir masukkan potongan daun bawang san seledri, angkat dan sajikan pada mangkok saji. Jangan lupa untuk menambah cita rasa taburkan bawang goreng diatasnya.

Jadi, 2 resep tersebut bisa Anda coba, masing-masing mempunyai karakteristik rasa yang berbeda walaupun namanya hampir sama. Cara membuat sop sapi agar tidak bau kuah bening ini bisa menjadi referensi masakan yang bisa dicoba di rumah. (SA)

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Liwet di Magic com

Tinggalkan Balasan