Prospek Kerja Administrasi Bisnis Setelah Lulus Kuliah
Prospek Kerja Administrasi Bisnis Setelah Lulus Kuliah

Ketahui Prospek Kerja Administrasi Bisnis Setelah Lulus Kuliah

Ketika mengambil jurusan, beberapa orang sudah mencari tahu apa prospek kerja administrasi bisnis jika nanti lulus kuliah. Meskipun dikatakan belajar akademik itu bukan untuk mencari uang, namun pada akhirnya semua manusia akan membutuhkan uang.

Mendapatkan uang sebagai upah mengaplikasikan kemampuan dan pengetahuan selama belajar juga hal baik. Jadi, bagi Anda yang saat ini bingung menentukan jurusan kuliah, pastikan ketahui dahulu ketika lulus nanti, profesi apa yang bisa diselami.

Baca Juga : Perencanaan Bisnis

Ilmu Administrasi Bisnis Adalah

Administrasi bisnis merupakan satu jurusan yang akan Anda temukan pada bangku perkuliahan. Program studi ini mempelajari tentang semua aspek yang berhubungan dengan operasional perusahaan tempat nantinya Anda bekerja.

Berbagai operasional yang dimaksud bisa berhubungan dengan marketing, keuangan, sumber daya manusia, dan juga produksi. Ketika mempelajari adm niaga, Anda juga akan diarahkan bagaimana menciptakan inovasi atau hal baru dalam berbisnis.

Kemampuan merumuskan dan menganalisa merupakan skill yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang. Para pelajar jurusan adm niaga diberikan bekal untuk memahami perumusan dan melakukan analisa selama beberapa tahun secara matang.

Setelah lulus, berbagai perusahaan negara maupun swasta akan banyak menanti kemampuan Anda. Selain menggunakan keilmuan untuk menjadi pekerja di perusahaan-perusahaan, lulusan adm niaga juga berpotensi membuka bisnis sendiri.

Program studi ilmu administrasi bisnis yaitu program studi yang akan Anda temukan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Biasanya passing grade untuk bisa menjadi mahasiswa FEB ini cukup tinggi dibandingkan dengan passing grade beberapa fakultas sosial lain.

Simak Juga : Bisnis Daring dan Pemasaran

Peluang Kerja Lulusan Ilmu Administrasi Bisnis

Akan ada banyak perusahaan menanti, bukan hal sulit mendapatkan kerja setelah lulus dan benar-benar menguasai ilmu adm niaga dari sebuah universitas. Terdapat beberapa profesi menjanjikan yang bisa Anda tekuni setelah lulus kuliah, seperti:

  1. Menjadi konsultan bisnis internal maupun eksternal. Tugas dari seorang konsultan adalah memberikan masukan terkait kebijakan, kerja sama, dan setiap jenis keputusan oleh perusahaan tertentu.
  2. Masuk ke departemen pemasaran, namun bukan orang yang turun langsung ke lapangan. Prospek kerja dari administrasi bisnis adalah di kantor, mengurus segala hal yang berhubungan dengan administrasi marketing.
  3. Menjadi manajer, namun biasanya posisi ini didapatkan setelah pengalaman kerja sekian tahun. Pengalaman tersebut bisa ditimba dari perusahaan yang sama atau sudah memiliki pengalaman dari perusahaan lain kemudian jadi manajer tempat lain.
  4. Menjadi bagian dari tim HRD dengan tanggung jawab mengatur berbagai hal terkait pegawai. Mulai dari rekrutmen, pemutusan hubungan kerja, dan sebagainya merupakan tugas dan tanggung jawab seorang HRD.
  5. Menjadi staff administrasi yang termasuk lapangan kerja dengan banyak sekali kesempatan di berbagai perusahaan. Prospek kerja dari administrasi bisnis beragam, mulai dari tingkat untuk lulusan baru sampai dengan yang mahir berpengalaman.

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri untuk menentukan kualifikasi detail pegawainya seperti apa. Jika tidak memiliki passion untuk bekerja pada orang lain maka Anda bisa membuka bisnis sendiri dengan kemampuan yang dimiliki.

Gaji Lulusan Ilmu Administrasi Bisnis

Ketika mencari pekerjaan, tidak dapat dimungkiri bahwa salah satu faktor pendorong terbesarnya adalah mendapatkan gaji. Besaran gaji secara rinci tergantung kota dan UMR yang ditetapkan serta tergantung kebijakan perusahaan yang merekrut.

Ada orang masuk menjadi staff di perusahaan tertentu, namun melalui outsource maka nantinya gaji tidak full masuk kantong pegawai tadi. Jika ingin mengesampingkan UMR, gaji dari lulusan ilmu administrasi bisnis untuk tingkat pemula adalah Rp 3 juta sampai Rp 6 juta.

Kisaran tersebut tergantung posisi yang dilamar serta kembali lagi tergantung seberapa settle perusahaan yang dilamar. Tentunya seiring waktu nilai tadi akan bertambah sesuai dengan dedikasi dan kemampuan para pegawai dalam menjalankan tanggung jawab.

Itu gaji jika menjadi pekerja di perusahaan, namun jika Anda berniat membuka usaha sendiri maka besaran gaji tidak bisa ditentukan. Seberapa mahir Anda menjalankan bisnis maka semakin besar potensi pendapatan masuk kantong.

Namun, perbedaan bisnis dengan menjadi pegawai adalah jaminan pendapatan tetap. Menjadi pebisnis harus siap dengan segala resiko, termasuk kerugian pada awal menjalankan usaha.

Sementara menjadi pegawai diberikan ketetapan nilai pendapatan per bulan, namun jika tidak mampu bersaing maka gaji tidak akan naik signifikan. Tersedia banyak Prospek kerja administrasi bisnis, mulai dari bekerja di perusahaan lain sampai jadi pebisnis. (SA)

Baca Juga : Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis

Tinggalkan Balasan