9 Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis

Apakah Anda memiliki pemikiran bahwasanya email bisnis sama dengan surat bisnis ? Begitu banyak orang yang menyamakan antara keduanya karena bertolak dari arti surat. Anda perlu tahu perbedaan email bisnis dan surat bisnis.

Pada dasarnya perbedaan keduanya ada pada media atau platform yang digunakan. Namun, ada pembeda lain yang harus Anda pahami. Sebelum itu mari kita simak apa sebenarnya email bisnis itu dan apa saja manfaatnya.

Baca Juga : Konsultan Bisnis

Pengertian Email Bisnis

Pada umumnya, email bisnis adalah email yang diperuntukkan bagi kepentingan bisnis. Email bisnis tentunya berbeda dengan email pribadi atau personal.

Email bisnis adalah alamat email yang ditutup dengan nama domain dari perusahaan, instansi, atau satuan bisnis. Biasanya nama domain berada setelah simbol @. Ini berguna untuk alat komunikasi internal dan branding perusahaan yang menambah kepercayaan konsumen.

Manfaat Email Bisnis

Adapun beberapa keuntungan dan manfaat dari penggunaan email bisnis, antara lain:

  • Loyalitas pelanggan semakin meningkat
  • Sistem keamanan lebih baik dibandingkan email pribadi
  • Fitur yang lebih lengkap
  • Branding perusahaan
  • Dapat dijadikan media penyimpanan data dengan kapasitas tertentu

Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis

Lantas apa beda antara email bisnis dan surat bisnis itu? Setelah Anda memahami pengertian dari email bisnis maka Anda juga harus tahu apa beda antara email dan surat bisnis. Lebih lengkap simak bahasan dari AlkisahNews.com di bawah ini.

1. Ditinjau Dari Sisi Definisi

Surat bisnis adalah surat yang mempunyai fungsi sebagai alat komunikasi secara tertulis yang dibuat untuk tujuan bisnis dan dunia kerja. Biasanya surat ini dibuat oleh suatu perusahaan dan dikirimkan kepada konsumen, investor, klien, perusahaan lain, dll. Tujuannya bermacam-macam seperti undangan, kesepakatan, invoice, informasi, pernyataan, dan sebagainya.

Sementara itu, email bisnis adalah Email bisnis adalah surat berbentuk elektronik yang diperuntukkan bagi kepentingan bisnis. Email bisnis tentunya berbeda dengan email pribadi atau personal. Email bisnis biasanya merekat dengan nama perusahaan sehingga sering dijadikan alat branding.

2. Penggunaan Media

Perbedaan antara surat dan email bisnis ini bisa dilihat dari media yang digunakan. Dari namanya saja kita sudah paham bahwasanya email adalah surat elektronik yang berarti pembuatan dan pendistribusian suratnya menggunakan perangkat elektronik semisal laptop, PC, smartphone, tablet, dll. Selain itu, jaringan internet juga diperlukan untuk menyambungkan beberapa media tersebut.

Sementara itu, surat bisnis adalah surat yang ditulis atau diketik sebagai media cetak yang diperuntukkan kepada kepentingan bisnis. Pembuatan dan pendistribusiannya dilakukan secara manual.

3. Penggunaan Nama Domain

Penulisan email bisnis sebaiknya menggunakan identitas perusahaan yang biasanya berasal dari nama domain website perusahaan tersebut. Itu biasanya tercantum setalah tanda @. Contoh : purwanto@indofood.com

Sementara itu, surat bisnis tidak memerlukan nama domain. Penulisan nama dan identitas perusahaan dalam surat mengikuti aturan surat formal lainnya.

4. Fungsi dan Peranan

Perbedaan yang berikutnya adalah dari segi fungsi. Pada dasarnya kedua hal ini berpedan penting sebagai penunjang dalam duia bisnis bila digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Namun, ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Kalau email bisnis biasanya berfungsi sebagai email marketing, pengiriman invoice kepada konsumen, alat integrasi tools perusahaan, dan meluaskan jangkauan promosi oleh perusahaan.

Sementara itu, surat bisnis biasanya dipergunakan pada pengiriman barang, surat jalan distribusi, invoice dalam bentuk cetak, surat cetak, dan hal-hal lain yang bersifat print out.

5. Praktis Dalam Pemakaian

Dalam kegiatan bisnis sehari-hari, email bisnis terbilang cukup mudah dan praktis untuk dimanfaatkan ketimbang surat bisnis. Apalagi dunia bisnis saat ini bergeser dari offline ke online.

Sementara itu, surat bisnis lebih sesuai dimanfaatkan pada perusahaan-perusahaan yang bersifat konvensional.

6. Kebutuhan Bisnis

Email bisnis biasanya dibutuhkan oleh perusahaan yang bertujuan untuk mencari engage kepada para konsumennya. Hal ini bisa dimanfaatkan melalui strategi email marketing.

Sementara itu, surat bisnis lebih dibutuhkan pada perusahaan yang sedang membangun kepercayan bisnis dan pada transaksi bisnis bersakala besar. Banyak orang yang lebih percaya surat bisnis karena berupa bukti tertulis otentik.

7. Bentuk Perusahaan

Yang menjadi pembeda selanjutnya adalah dari sisi bentuk perusahan. Pada dasarnya, segala jenis dan bentuk perusahaan bisa memanfaatkan baik surat atau email bisnis. Namun, biasanya perusahaan yang menggunakan email bisnis lebih dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan calon konsumen.

Selain itu, bentuk perusahaan yang daring lebih cocok untuk menggunakan email bisnis dalam menjaring dan menjangkau pelanggan. Terlebih lagi umur perusahaan terbilang baru. Sementara itu surat bisnis biasanya masih diterapkan oleh perusahaan yang sudah memiliki banyak pelanggan dan masih bersifat konvensional.

8. Keamanan Bisnis

Bilamana ditinjau dari segi keamanan maka email dan surat bisnis sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pemanfaatan email bisnis akan rentan terkena gangguan dari jaringan internet seperti hacking, cracking, phising, dll. Sebenarnya ini bisa dicegah dengan tetap melakukan pembaharuan program email. Selain itu, peningkatan keamanan dengan menggunakan jasa internet security bisa mengatasi masalah keamanan ini, akan tetapi akan membutuhkan biaya.

Sementara itu, surat bisnis lebih aman pada penggunaannya. Tidak akan akan masalah dari para hacker dan cracker. Hanya saja, surat bisnis bisa hilang dalam pemanfaatannya.

9. Biaya

Pengunaan email bisnis tentunya membutuhkan biaya bulanan karena penyediaan email bisnis sampai saat ini berasal dari perusahaan yang menyediakan jasa ini. Bilamana telat membayar jasa bulanan maka email bisnis tidak akan berfungsi.

Walaupun tidak semahal email bisnis, surat bisnis juga membutuhkan biaya. Beban keuangannya berupa persiapan alat tulis kantor yang biasanya tidak terlalu mahal.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang pengertian dan manfaat email bisnis serta perbedaan email bisnis dan surat bisnis. Semoga bermanfaat.

Simak Juga : Jurusan Administrasi Bisnis