contoh surat bisnis
Contoh Surat Bisnis

Surat Bisnis : Pengertian, Fungsi, Jenis, Format, Cara Membuat, dan Contoh

Surat bisnis adalah alat komunikasi tertulis yang digunakan dalam dunia usaha untuk menyampaikan informasi, gagasan, atau permintaan tertentu kepada pihak lain, baik antar perusahaan maupun antara perusahaan dengan individu. Surat bisnis memiliki fungsi utama sebagai media komunikasi formal, bukti transaksi, serta alat koordinasi dan pengendalian dalam berbagai aktivitas bisnis.

Ulasan Tentang Surat Bisnis

Ada berbagai jenis surat bisnis yang umumnya digunakan dalam dunia kerja, seperti Surat Perkenalan, Surat Permintaan Penawaran, Surat Penawaran, dan lain-lain. Masing-masing surat bisnis memiliki format dan struktur tertentu yang harus diperhatikan agar surat tersebut efektif dan sesuai dengan tujuannya. Selain memahami format, memahami cara membuat surat bisnis yang baik dan benar juga penting agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas oleh penerima.

Untuk memberikan gambaran yang lebih konkret, ada beberapa contoh surat bisnis yang sering ditemui, seperti Surat Pesanan, Surat Balasan Pesanan, Surat Konfirmasi Pesanan, Surat Pengaduan, Surat Penangguhan Pembayaran, dan Surat Tagihan Utang. Melalui berbagai jenis surat bisnis tersebut, komunikasi antar entitas bisnis dapat berjalan dengan lancar dan profesional.

Pengertian Surat Bisnis

Berdasarkan informasi dari buku “Korespondensi Bisnis Indonesia” oleh Juni Ahyar, surat bisnis dapat didefinisikan sebagai bentuk komunikasi tertulis yang disampaikan oleh individu atau organisasi kepada pihak lain berkaitan dengan urusan bisnis. Cara pengiriman surat ini bervariasi, dapat melalui pos, fax, email, atau diberikan secara langsung.

Beberapa contoh jenis surat bisnis meliputi surat introduksi, surat tawaran, surat pemesanan, balasan atas pemesanan, konfirmasi pemesanan, surat pengiriman, serta surat tagihan.

Fungsi Surat Bisnis

Salah satu keuntungan menggunakan surat bisnis adalah dapat memperkuat relasi dengan entitas bisnis lain, termasuk investor atau klien. Ini juga efektif dalam memelihara hubungan baik dengan konsumen.

Dalam karyanya “Komunikasi Bisnis”, Djoko Purwanto menjelaskan bahwa surat bisnis memiliki tujuh peranan penting.

  • Bertindak sebagai perwakilan dari individu atau organisasi dalam menyampaikan pesan bisnis kepada pihak ketiga.
  • Menyediakan catatan resmi dari transaksi bisnis, seperti nota perjanjian, faktur, dan surat bukti penerimaan. Surat bisnis dapat dianggap sebagai konfirmasi tertulis yang sah dan otentik. Ini bisa dijadikan sebagai tanda bukti untuk kesepakatan bisnis, transaksi pembayaran, dan hal-hal lainnya.
  • Dapat dijadikan sebagai arsip untuk keperluan di masa depan.
  • Merupakan alat komunikasi dalam urusan bisnis, seperti mengajukan permintaan atau menyampaikan penawaran, contohnya surat tawaran produk atau surat tagihan.
  • Menjadi panduan dalam pelaksanaan tugas, seperti surat instruksi atau surat keputusan.
  • Digunakan sebagai sarana promosi, khususnya dalam mengenalkan produk baru kepada konsumen.
  • Mencatat sejarah penting dari suatu perusahaan, termasuk izin pendirian bisnis, surat pemberitahuan kebangkrutan, dan surat penggabungan bisnis.

Jenis Surat Bisnis

Secara umum, pembagian surat bisnis adalah sebagai berikut:

1. Surat Bisnis Formal

Variasi surat bisnis ini umumnya digunakan untuk komunikasi yang bersifat resmi. Misalnya, ketika Anda ingin mengatur kesepakatan dengan klien, investor, atau entitas bisnis lainnya.

Berdasarkan pengertiannya, penyusunan surat bisnis resmi harus dengan ketelitian, memastikan aspek-aspek seperti pemilihan kata, kepala surat, dan elemen lainnya disusun dengan tepat.

2. Surat Bisnis Informal

Berdasarkan namanya, Anda mungkin telah menyimpulkan bahwa tipe surat bisnis ini memiliki nuansa yang lebih ringan, tidak formal, dan bersifat bebas. Surat semacam ini seringkali digunakan untuk minta rekomendasi pekerjaan, evaluasi karyawan, mengungkapkan rasa terima kasih, dan sebagainya.

Macam Surat Bisnis Lainnya

Namun, berdasarkan informasi dari masoemuniversity.ac.id dan literatur “Korespondensi Bisnis Indonesia” oleh Juni Ahyar, berikut beberapa variasi surat bisnis :

1. Surat Kontrak/ Faktur :

Surat ini mencakup detil kesepakatan antara pemasok dan konsumen mengenai transaksi bisnis tertentu. Ini berfungsi sebagai bukti resmi dari transaksi yang telah terjadi.

2. Surat Pengajuan Kredit :

Umumnya dikirim oleh lembaga keuangan kepada individu atau bisnis yang ingin mendapatkan kredit. Surat ini biasanya disertai dengan formulir yang perlu diisi oleh pihak yang mengajukan.

3. Permintaan Secara Langsung :

Disebut juga sebagai direct request, surat jenis ini adalah representasi tertulis dari permintaan produk atau layanan yang dibuat secara langsung atau tatap muka.

4. Surat Pengaduan :

Ditujukan oleh pelanggan yang merasa tidak puas dengan produk atau layanan yang diterima, surat ini biasanya mencakup komplain dan sering kali dilampirkan dengan bukti seperti gambar, nota pembelian, atau dokumen pendukung lainnya.

5. Surat Pemesanan/ Invitasi/ Reservasi :

Mengandung informasi terkait pemesanan, ajakan, atau reservasi, surat jenis ini seringkali mencantumkan detail seperti nama, alamat, dan informasi kontak pengirim agar mudah dihubungi.

6. Permintaan Informasi Rutin :

Surat ini biasanya mengandung informasi reguler yang disalurkan oleh perusahaan, seperti rilis produk baru atau daftar produk. Surat semacam ini meningkatkan reputasi perusahaan karena menunjukkan komunikasi formal dan tepercaya.

Format Surat Bisnis

Format surat bisnis memiliki beberapa kesamaan dengan surat konvensional, namun dengan penekanan khusus pada isi yang relevan dengan bisnis. Berdasarkan buku “Komunikasi Bisnis” karya Djoko Purwanto, berikut adalah format umum dari surat bisnis:

1. Kepala Surat :

Merupakan elemen yang membedakan surat formal dengan surat pribadi, biasanya menampilkan nama, alamat, dan informasi kontak perusahaan.

2. Tanggal Penulisan :

Menyatakan dari mana dan kapan surat tersebut ditulis.

3. Nomor Surat, Lampiran, Perihal :

Nomor surat diisi berdasarkan urutan pengiriman dan dapat bervariasi berdasarkan kebijakan perusahaan. Jika terdapat dokumen tambahan, dicantumkan pada bagian lampiran. Perihal menjelaskan inti dari surat.

4. Identitas Penerima :

Menyertakan nama dan alamat lengkap penerima surat.

5. Pembukaan :

Mengawali surat dengan salam yang sesuai, seperti “Yang terhormat” atau “Salam sejahtera”.

6. Konten Surat :

Merupakan bagian inti yang disesuaikan dengan maksud dan tujuan surat. Beberapa contoh pendahuluan isi surat termasuk:

  1. Merespons pertanyaan Anda pada surat nomor … tanggal …, berikut jawaban dari kami.
  2. Kami sertakan surat tawaran beserta daftar produk kami.
  3. Sayangnya, lamaran pekerjaan Anda belum dapat kami terima saat ini.
  4. Dalam menyambut pembukaan kantor kami yang baru, Anda diundang untuk…
  5. Mengacu pada kesepakatan tanggal …, kami mengingatkan Anda mengenai kewajiban pelunasan tagihan.

Surat diakhiri dengan rasa terima kasih dan ekspektasi setelah penerima membaca surat.

7. Penutup :

Sebuah ungkapan atau salam yang sejalan dengan salam pembuka.

8. Identitas Pengirim :

Menampilkan nama pengirim, posisinya, tanda tangan resmi, dan cap perusahaan (jika ada).

Cara Membuat Surat Bisnis

Setelah memahami tujuan surat bisnis dan elemen-elemennya, bukan berarti Anda dapat segera menyusun surat bisnis tanpa pertimbangan. Ada beberapa aspek dalam penyusunan surat bisnis yang perlu diperhatikan dengan cermat, antara lain:

Jelas dan Ringkas :

Minimalkan kalimat-kalimat yang tak perlu dan hindari penggunaan kata-kata yang terlalu berlebihan atau puitis.

Memberikan Manfaat bagi Pembaca :

Susun surat bisnis yang memberikan nilai bagi penerima atau pembaca. Fokuskan pada apa yang dapat Anda tawarkan, bukan apa yang Anda harapkan mereka lakukan untuk Anda.

Gunakan Kata Ganti Pribadi :

Walaupun ini berkaitan dengan surat bisnis, tetaplah gunakan kata ganti pribadi seperti “Anda”, “saya”, dan “kami” untuk membuatnya lebih personal.

Periksa Format dan Struktur :

Sebelumnya Anda telah diajarkan mengenai elemen-elemen surat bisnis. Pastikan saat menyusunnya, semua elemen telah tercantum dan disusun dengan rapi serta sesuai format yang seharusnya.

Baca Juga : Perbedaan Email Bisnis dan Surat Bisnis

Contoh Surat Korespondensi Bisnis

contoh pesan bisnis yang efektif
Contoh Pesan Bisnis Yang Efektif

Berikut ini adalah 10 contoh surat bisnis perusahaan yang bisa Anda jadikan rujukan dalam pembuatan surat oleh Anda sendiri.

Contoh 1 Surat Perkenalan Usaha

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam surat ini adalah pendiriaan usaha, bentuk usaha, kegiatan usaha, dan relasi yang telah dijalani dalam kurun waktu tertentu.

PT. CAHAYA TEKNOLOGI
TOKO PERALATAN ELEKTRONIK
Jalan Kresna 45 No Telepon 081299977777

Medan, 27 Oktober 2023

No. : 135/CT/X/2023
Lamp. : 1 (satu) lembar
Hal : Perkenalan Usaha

Kepada Yth.
Kepala ElektraMart
Jalan Bintaro No 15
Medan Timur

Dengan hormat,

Sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan ketersediaan peralatan elektronik berkualitas di wilayah Medan, kami dengan ini ingin memperkenalkan diri sebagai PT. Cahaya Teknologi yang bergerak di bidang penjualan serta servis berbagai jenis peralatan elektronik.

Kami berharap di kesempatan yang akan datang, kami dapat menjadi mitra andalan dalam penyediaan serta perbaikan peralatan elektronik bagi ElektraMart. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Rizki Setiawan
Direktur

Contoh 2 Surat Permintaan Penawaran

Berikut ini adalah contoh surat perjanjian kerjasama bisnis dalam hal permintaan dan penawaran. Ini juga bisa dijadikan panduan sebagai contoh surat bisnis penawaran. Beberapa aspek yang harus Anda pertimbangkan:

  • Kebutuhan akan tipe barang apa
  • Waktu ketika barang diharapkan tersedia
  • Ketentuan mengenai pembayaran dan pengantaran barang
  • Diskon yang ditawarkan
  • Rincian metode pengantaran
  • Detil dari surat permintaan
  • Keuntungan tambahan, seperti layanan tanpa biaya, jaminan, dan dukungan setelah pembelian
  • Jasa tambahan yang bisa ditawarkan oleh pihak penjual.
  • Mohon informasi mengenai daftar harga, material promosi, katalog, serta contoh produk yang diperlukan.

PT. MEGA PERSADA
Jalan Inspirasi 27 Semarang

Surakarta, 27 Oktober 2023

No. : 456/MPX/2023
Hal : Permohonan Penawaran Produk

Kepada Yth. :
Direktur PT Utama
Jalan Aero
Surakarta

Dengan Hormat,

Kami mendapatkan referensi dari mitra bisnis kami, PT. LIMAN, bahwa PT Utama adalah penyedia aksesoris handphone berkualitas. Sebagai perusahaan yang fokus pada pembuatan pelindung layar handphone berdesain kustom, kami dari PT. MEGA PERSADA berkeinginan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan oleh PT. Utama.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk memberikan penawaran produk dari PT. Utama kepada kami.

Surat permohonan ini kami sampaikan dengan harapan dapat membangun kerjasama yang saling menguntungkan. Atas perhatian dan respons positifnya, kami mengucapkan terima kasih.

Salam hormat,

Ir. Rizal Prakoso
Direktur

Contoh 3 Surat Penawaran

Contoh surat bisnis kerjasama ini berisi tentang bagaimana kualitas produk dan fasilitas yang akan didapatkan oleh konsumen.

PT. CAHAYA PAGI
Jl. Pelangi No. 88 Sleman, DIY 08123456789

Sleman, 27 Oktober 2023

Nomor : 04/SPK/LAM/2023
Lampiran : 1 (satu) lembar
Perihal : Penawaran Produk Elektronik

Kepada
Yth. Pimpinan perusahaan
PT SEJAHTERA SELALU
Jl. Harmoni No. 99 Sleman, DIY

Dengan hormat,
Kami dari PT CAHAYA PAGI yang berfokus di bidang elektronik rumah tangga ingin mengajukan penawaran produk kami kepada perusahaan Saudara dengan harga yang kompetitif dan kualitas yang tidak perlu diragukan. Berikut rincian produk yang kami tawarkan:

  • Merek dan warna : Samsung (merah, emas, hitam, hijau)
  • Jenis barang : Televisi LED
  • Ukuran layar : 42 inch
  • Harga : Rp. 5.750.000,00
  • Pembayaran : Cash atau Transfer

Kami berharap produk kami dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Saudara. Sebagai tawaran khusus, kami akan memberikan diskon sebesar 15% untuk pembelian pertama. Jika memerlukan informasi lebih detail atau ingin bertanya, silakan menghubungi kami melalui kontak yang tertera di atas. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan.

Hormat saya,

Dewi Anggraeni, S.T.

Contoh 4 Surat Pesanan (Contoh Pesan Bisnis Yang Efektif)

Surat pesanan memuat hal-hal berikut ini:

  • Tipe dan variasi produk yang diminta.
  • Standar kualitas produk.
  • Jumlah unit produk yang diinginkan.
  • Tarif atau biaya produk.
  • Ketentuan pengantaran dan transaksi.
  • Metode transaksi dan pengiriman produk.
  • Diskon yang mungkin diberikan (jika tersedia).

PT. KERANJANG SUPERMARKET
Jalan Puncak Bukit No. 16, Bandung Telp. (022) 13456782

Bandung, 27 Oktober 2023

Nomor : 42/KSM/X/2023
Hal : Permintaan Barang

Kepada Yth. Direktur
PT. Lentera Nusantara
Jalan Riau No. 52
Bandung

Dengan hormat,
Terima kasih kami ucapkan atas penawaran produk Saudara dengan Nomor: 125/LNT/IX/2023 tanggal 19 September 2023. Kami ingin menyampaikan ketertarikan kami terhadap produk yang Saudara tawarkan. Untuk itu, kami ingin mengajukan pesanan sebagai berikut:

  • 12 rim kertas A4 ELEVO 70gr katalog no. 11
  • 4 rim kertas A4 ELEVO 80gr katalog no. 11A
  • 8 rim kertas F4 GreenPaper 70gr katalog no. 12
  • 2 kotak pensil HB Staedtler katalog no. 25
  • 6 kotak pulpen Premium AX9 katalog no. 22B
  • 2 kotak Map Hijau 406 katalog no. 51.

Kami harap pengiriman barang dapat dilakukan sebelum tanggal 10 November 2023 dan pembayaran akan kami proses setelah menerima barang dalam kondisi baik. Kami berterima kasih atas kerjasamanya.

Hormat kami,

Andi Saputra, M.M.
Bagian Akuisisi

Contoh 5 Surat Balasan Pesanan

PT. Sinar Terang Nusantara
Jalan Pattimura No. 78
Bandung

29 Oktober 2023

Nomor : 105/STN/LX/2023
Lampiran : 1 (satu) lembar
Hal : Konfirmasi Pengiriman

Kepada
Yth. Pimpinan PT. KERANJANG SUPERMARKET
Jalan Puncak Bukit No. 16
Bandung

Dengan hormat,
Kami ingin menginformasikan bahwa surat pemesanan dengan Nomor 42/KSM/X/2023 mengenai permintaan alat tulis kantor telah kami terima dan kami ucapkan terima kasih. Semua alat tulis yang Saudara pesan saat ini tersedia dan sudah kami kirimkan melalui perusahaan ekspedisi JNE.

Kami perkirakan alat tulis tersebut akan tiba di tempat Saudara pada tanggal 2 November 2023. Mohon ketika barang sudah diterima, segera memberikan konfirmasi kepada kami. Kami berterima kasih atas kepercayaan dan kerjasama yang diberikan.

Hormat kami,

Rizky Pratama, M.B.A
Kepala Bagian Pemasaran

Contoh 6 Surat Konfirmasi Pesanan

PT. BERLIAN KINASIH
Perlengkapan Elektronik
Jl. Singgalang No. 27 Depok, Phone. (021) 76543210

Depok, 31 Oktober 2023

No. : 045/SPK/PT.BK/2023
Lampiran : 2 (dua) lembar
Hal : Konfirmasi Surat Pesanan No. 97/Request/IX/2023

PT Garuda Yogyakarta
Jln. Sudirman No. 45
Yogyakarta

Dengan hormat,
Kami mengucapkan terima kasih atas pesanan yang Saudara lakukan pada tanggal 24 Oktober 2023 melalui email. Melalui surat ini, kami ingin mengonfirmasi rincian barang yang Saudara pesan:

  • Sony LED Television 43″ 3 pcs @ Rp 4.500.000,00
  • Samsung Refrigerator Single Door 1 pc @ Rp 3.200.000,00
  • Philips Electric Fan 16″ 4 pcs @ Rp 400.000,00

TOTAL Rp 17.000.000,00
Terbilang : Tujuh belas juta rupiah
Pembayaran : Cash upon receipt

Penyerahan : Franco gudang pemesan

Kami mohon agar Saudara menandatangani surat ini dan mengembalikan lembar aslinya kepada kami sebagai konfirmasi.

Hormat kami,

Ari Wibowo
Direktur

Contoh 7 Surat Pengiriman Barang

PT. SINAR PELANGI
Jl. Raya Selo No. 158
Magelang

Magelang, 28 Oktober 2023

No. : 67/TPR/X/2023
Hal : Pengiriman Perlengkapan

Kepada Yth,
Direktur PT. SUNDORO
Jl. Merapi No. 21
Temanggung

Dengan hormat,
Kami telah menerima pesanan saudara melalui surat No.155/HHY/TM/X/2023 berupa:
4 buah printer merek HP
6 buah komputer desktop merek Lenovo
3 buah laptop merek Asus

Barang-barang tersebut kami kirim hari ini melalui ekspedisi SRR dan diperkirakan akan tiba di tempat Saudara pada tanggal 31 Oktober 2023. Semua peralatan kami kemas dengan baik dalam 10 kardus yang aman. Sebagai kesepakatan, Saudara akan melakukan pembayaran saat barang tiba di lokasi.

Dalam hal ini, kami telah melampirkan dokumen-dokumen yang perlu Saudara tanda tangani. Kami juga telah menugaskan saudara Hari Wibowo untuk menangani transaksi tersebut.

Kami berharap kiriman kami diterima dengan baik oleh Saudara. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kerja sama yang telah diberikan.

Hormat kami,

RATIH ANGGRAINI

Contoh 8 Surat Pengaduan

PT BINTANG MUTIARA
Jln. Pandanaran No.45
Surakarta, Jawa Tengah
Tlp. 08125678565

Surakarta, 10 Februari 2022

No. 135/MK/02
Hal : Klaim Produk Meja Kerja

Kepada Yth,
Pimpinan PT HARAPAN BANGUN
Jln. Lengkong Gudang No.78
Semarang, Jawa Tengah

Dengan Hormat,

Pesanan saudara sejumlah 50 unit meja kerja dengan kode MJ123, yang kami terima melalui Perusahaan Ekspedisi “Pandawa Logistik”, telah kami terima pada tanggal 9 Februari 2022. Saat kami melakukan pemeriksaan kualitas, kami menemukan bahwa pada unit ke-10, lapisan melaminnya tidak rata dan ada bagian yang mengelupas.

Berdasarkan temuan tersebut, kami berpendapat bahwa kualitas kontrol pada produksi kali ini mungkin kurang optimal. Sehubungan dengan kondisi produk tersebut, kami memohon penggantian untuk unit meja kerja yang bermasalah. Kami sangat menghargai kerjasama yang baik selama ini dan berharap hal ini dapat diselesaikan dengan cepat dan memuaskan.

Hormat kami,

Susanti Dewi
Manager Pembelian

Contoh 9 Surat Penangguhan Pembayaran

TOKO BUANA SINAR
Jalan Melati No. 23
Malang

Malang, 12 November 2022

Nomor : 145/KT/XI/2022
Lamp : –
Hal : Permohonan Penundaan Pengiriman

Kepada Yth:
PD. JASMINE JAYA
Jalan Majapahit No. 45
Blitar

Dengan hormat,
Surat Saudara Nomor: 137/BR/XI/2022 telah kami terima dengan baik. Kami ingin memberitahukan bahwa kami membutuhkan penundaan pengiriman untuk pesanan dengan Nomor: 445/G sebesar Rp 2.800.000,00 (dua juta delapan ratus ribu rupiah). Hal ini disebabkan oleh renovasi mendadak pada toko kami yang membuat kami tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup hingga akhir bulan ini.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon pengertian dari Saudara untuk menunda pengiriman pesanan tersebut hingga akhir bulan November. Kami memastikan bahwa pesanan akan kami terima pada tanggal yang telah disepakati setelah renovasi toko selesai.

Selain itu, kami berencana menambah pesanan dengan 30 set sarung bantal motif garis, 10 karpet bulu pendek ukuran 2×3 meter, dan 15 set tirai jendela motif polkadot. Mohon Saudara dapat segera memberikan konfirmasi terkait pesanan tambahan tersebut.

Terima kasih atas kerjasama dan perhatian Saudara selama ini.

Hormat kami,

Rini Ward

Contoh 10 Surat Tagihan Utang

PT MAJU TERUS PANTANG MUNDUR
Jln. Cempaka Putih No.28 Bandar Lampung
Telp. 08875645453

Bandar Lampung, 25 Januari 2022

No. 055/B/I/10
Hal: Tagihan Piutang No.45/IX/012

TOKO BUKU MERAJUT MIMPI
Jln. Mawar No.18
Metro

Dengan hormat,
Kami telah berulang kali berupaya menghubungi Saudara, serta mengirimkan surat dengan Nomor: 035/B/XII/09 dan No.046/B/I/10, namun sayangnya belum mendapatkan respons yang memadai dari pihak Saudara. Untuk itu, kami ingin kembali menekankan mengenai tagihan piutang yang belum Saudara lunasi.

Kami memahami mungkin ada beberapa halangan yang membuat Saudara belum dapat menyelesaikan pembayaran, namun kami memohon agar Saudara dapat segera menginformasikan kondisi yang sebenarnya kepada kami. Jika sampai tanggal 10 Februari 2022 belum ada tindak lanjut dari pihak Saudara, kami terpaksa akan mengambil langkah hukum lebih lanjut guna menyelesaikan masalah ini.

Kami sangat menghargai kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik, dan berharap hal ini tidak akan mempengaruhi hubungan bisnis kita di masa yang akan datang.

Hormat Kami,

Sudrajat Wiranegara
Direktur

Contoh Business Letter Dalam Bahasa Inggris

Contoh Business Letter Dalam Bahasa Inggris
Contoh Business Letter Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh surat bisnis dalam bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini kami ambil contoh surat perkenalan usaha dalam dunia bisnis.

CAHAYA TECHNOLOGIES, LTD.
ELECTRONIC EQUIPMENT STORE
45 Kresna Street, Phone Number 081299977777

Medan, October 27, 2023

Ref. No.: 135/CT/X/2023
Attachment: 1 (one) sheet
Subject: Business Introduction

To the Esteemed
Manager of ElektraMart
15 Bintaro Street
East Medan

Dear Sir/Madam,

In our continuous effort to enhance the availability of high-quality electronic equipment in the Medan region, we would like to introduce ourselves as Cahaya Technologies, Ltd., engaged in the sales and services of various electronic devices.

We hope that in the future, we can be your trusted partner in supplying and repairing electronic equipment for ElektraMart. We greatly appreciate your attention and look forward to future collaborations.

Sincerely,

Rizki Setiawan
Director

(Alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan