Salah Satu Cara Meningkatkan Integrasi Nasional Adalah
Salah Satu Cara Meningkatkan Integrasi Nasional Adalah Dengan Cara Apa?

Salah Satu Cara Meningkatkan Integrasi Nasional Adalah Apa?

Ada salah satu cara meningkatkan integrasi nasional adalah yakni dengan memberi kebebasan beragama bagi orang lain. Integrasi Nasional merupakan hal yang penting bagi sebuah negara.

Pentingnya integrasi berdasarkan gerakan sebuah negara. Jika sebuah negara tidak terdapat integrasi antar manusianya, maka akan sangat sulit untuk maju, dan memikirkan kepentingan negara.

Kebebasan beragama telah diatur dalam UUD 45, siapapun berhak memeluk agama apapun yang diakui oleh Indonesia. Bahkan belakangan aliran kepercayaan juga sudah masuk dalam pengakuan pemerintah RI.

Selain dalam UUD 45, kebebasan beragama juga diatur dalam Pancasila, pada sila pertama, “Ketuhanan Yang Maha Esa.” Artinya selama masih memiliki Tuhan yang dianut, orang tersebut haknya masih diakui sebagai warga negara.

Salah Satu Cara Meningkatkan Integrasi Nasional Adalah ?

Beberapa waktu ini kebebasan beragama kadang terusik oleh tokoh-tokoh yang mengaku paling beragama. Namun tokoh tersebut hanya menunjukan ego dalam dirinya, tanpa memberikan solusi nyata untuk integrasi.

Hendaknya, sebagai manusia Anda mengakui kebebasan beragama orang lain. Selama aktivitas beragama mereka tidak menganggu umat agama lainnya.

Perlu diingat bahwa semua agama mengajarkan kebaikan dan kasih sayang kepada sesama manusia. Tidak ada agama satupun yang mengajarkan untuk membenci orang lain, walaupun beda agama.

Penghasutan untuk memberikan kesulitan pada orang lain, pun tidak ada agama yang mengajarkan. Bahkan tidak ada ajaran agama yang bisa dipelintir untuk menjelekan agama lain.

Sedang Trending :  Mengapa Setiap Orang Perlu Menyusun Skala Prioritas dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya ?

Jadi, semua agama itu hendaknya dicari persamannya, bukan perbedannya. Apabila persamaan yang dicari akan mudah bersatu, sedangkan jika perbedaan yang dicari, akan mudah terbentur.

Sejarah mengatakan sudah banyak konflik berlandaskan agama terjadi di Indonesia. Namun, setelah ditelusuri ternyata yang terjadi hanyalah masalah persenggolan antar manusia.

Persenggolan ini membesar, dan pada akhirnya membuat gesekan horizontal antar umat manusia. Terjadilah disintegrasi yang tidak diinginkan. Memang untuk mencapai integrasi dibutuhkan penurunan ego masing-masing manusia.

Bukan hal mudah, apalagi jika sudah tahu ajaranmulah yang paling benar. Sesama manusia perlu saling memahami lebih dalam satu sama lain. Mulai dari karakter, pendidikan, budaya, hingga ritus-ritus keagamaan. Agar kita tidak mudah asal melontarkan pendapat.

Jika pendapat benar, hanya akan menjadi perdebatan juga. Lebih baik cari saja kemungkinan agar sesama manusia saling akrab kembali.

Jadi, untuk mewujudkan integrasi nasional, hendaknya kita semua mengakui hak dan kebebasan beragama orang lain. Mulai dari mengetahui ritusnya, hingga budaya yang berkembang di dalam agama tersebut.

Sehingga, jika sudah terwujud integrasi nasional, semua arah pandang masyarakat akan menuju ke depan. Bukan melihat ke samping dana malah terjadi keributan. (SA)

Tinggalkan Balasan