Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong kegiatan ekspor adalah
Ilustrasi faktor yang bukan pendorong kegiatan ekspor

Berikut Ini yang Bukan Merupakan Faktor Pendorong Kegiatan Ekspor Adalah Apa?

Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong kegiatan ekspor adalah ? Menjadi pertanyaan yang sering muncul, ketika mempelajari bagaimana kerjasama dagang dengan melibatkan hubungan dua negara atau lebih.

Kerjasama multi negara atau disebut sebagai perdagangan internasional, sangat penting karena menyangkut pemenuhan kebutuhan untuk masyarakat suatu bangsa. Biasanya beberapa kebutuhan belum mampu dipenuhi sehingga memerlukan produk dari negara lain.

Ekspor menjadi suatu aktivitas dalam perdagangan internasional, barang dan jasa dikirim ke negara lain untuk memperoleh keuntungan. Untuk mengetahui hal tersebut, perlu mengetahui hal yang bukan faktor pendorong dari kegiatan ekspor.

Berikut Ini yang Bukan Merupakan Faktor Pendorong Kegiatan Ekspor Adalah Kekuatan Importir dalam Persaingan Pasar, Salah Satunya

Ada sejumlah hal yang bukan menjadi penyebab dan faktor pendorong terjadinya kegiatan ekspor barang atau jasa suatu negara dalam perdagangan internasional. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui bukan pendorong negara mengekspor produk.

1. Pasar dalam Negeri

Ekspor merupakan aktivitas menjual dan memperdagangkan suatu produk, bisa berupa barang atau jasa ke luar negeri. Keadaan dari pasar dalam negeri, tentu tidak berpengaruh terhadap aktivitas pengusaha dalam negeri mengekspor produknya.

2. Kekuatan Importir dalam Persaingan Pasar

Kekuatan importir pada sebuah persaingan pasar, justru bisa menjadi penghambat aktivitas ekspor. Adanya importir yang memiliki kekuatan terhadap suatu komoditas, akan membuat produsen kita sulit bersaing sehingga menghambat penjualan barang ke luar negeri.

Sedang Trending :  Kesatuan Yuridis dan Ekonomis yang Bertujuan Mencari Laba Atau Memberi Layanan Kepada Masyarakat Disebut?

3. Perbedaan Kurs Mata Uang

Adanya perbedaan kurs mata uang akan menyebabkan para eksportir kesulitan menentukan nilai tukar dalam valuta asing. Akibatnya berimbas kepada harga permintaan dan penawaran dalam perdagangan internasional.

Adanya perbedaan kurs mata uang, menyebabkan pengusaha berusaha menghindari kegiatan ekspor. Adanya ketidakstabilan kurs biasanya disebabkan karena krisis global dunia.

4. Jumlah Penduduk Negara Lain yang Lebih Besar

Pengusaha dalam negeri melakukan mengekspor produk ke luar negeri, untuk melakukan perluasan pasar pasar bisnis. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan negara lain terhadap produk atau jasa, karena mereka tidak mampu memproduksi sendiri.

Biasanya dipengaruhi keadaan wilayah, kondisi geografis dan sumber daya alam yang dimiliki. Jadi negara dengan jumlah penduduk besar, tidak mempengaruhi adanya suatu negara melakukan kegiatan ekspor.

Anda kini mengetahui hal yang bukan faktor pendorong ekspor dalam kegiatan ekonomi dan perdagangan. Kekuatan importir dalam persaingan pasar internasional ini menjadi faktor utama yang tidak termasuk dalam faktor pendorong kegiatan mengekspor barang. (SA)

Tinggalkan Balasan