Untuk meningkatkan ekspor pemerintah bisa melakukan
Untuk meningkatkan ekspor pemerintah bisa melakukan hal apa?

Untuk Meningkatkan Ekspor Pemerintah Bisa Melakukan Cara Ini

Salah satu faktor perkembangan ekonomi adalah dengan kegiatan ekspor, untuk meningkatkan ekspor pemerintah bisa melakukan langkah berikut ini. Perdagangan internasional menjadi salah satu faktor perkembangan ekonomi suatu negara.

Semakin besar nilai perdagangan internasional yang dilakukan oleh suatu bangsa, semakin berkembang juga roda perekonomian mereka. Terbukti, jika nilai ekspor lebih besar dari nilai impor, maka negara tersebut akan mengalami neraca perdagangan positif atau biasa disebut juga dengan surplus neraca perdagangan.

Hal tersebut bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi negara tersebut. Bahkan keuntungan tersebut bisa dirasakan oleh semua elemen, mulai dari pemerintahan yang semakin maju serta rakyat yang sejahtera karena merasakan dampak dari surplus neraca ini.

Untuk Meningkatkan Ekspor Pemerintah Bisa Melakukan Langkah-Langkah Berikut Ini

Demi membantu meningkatkan nilai perdagangan internasional untuk menghasilkan surplus neraca. Berarti setiap bangsa harus mencoba meningkatkan nilai ekspor dan menurunkan nilai impornya.

Ketika sudah tercapai nilai perdagangan internasional yang melebihi nilai impor, hal tersebut akan mengakibatkan neraca positif yang berdampak baik bagi negara tersebut dan juga seluruh rakyatnya. Berikut langkah yang patut dicoba untuk meningkatkan perdagangan internasional.

1. Membuat keragaman dan variasi ekspor

Semakin banyak macam dan variasi barang perdagangan internasional yang dimilik suatu negara, maka kesempatan untuk meningkatkan nilai ekspor akan semakin tinggi. Jangkauan pasar perdagangan internasional juga semakin luas.

Sedang Trending :  Redistribusi Horizontal Dapat Pula Bersifat Pribadi, Ini Penjelasannya

2. Melakukan subsidi pada ekspor

Kemudian, langkah kedua adalah memberikan subsidi pada ekspor yang bisa berupa keringanan pajak, kemudahan pengurusan atau administrasi, tarif pengiriman dikurangi, dan juga kemudahan untuk melakukan pinjaman modal demi meningkatkan produksi dalam negeri serta meningkatkan ekspor.

3. Promosi produk dagang ke luar negeri

Demi mendapatkan partner dagang luar negeri dan bisa melakukan perdagangan internasioanl ke luar negeri, pemasaran produk harus dilakukan. Caranya adalah bisa dengan mempromosikannya ke berbagai negara.

4. Membuat perjanjian dagang internasional

Membuat perjanjian dagang dengan negara lain mengenai perdagangan internasional baik itu multinasional, regional, atau hanya bilateral yang melibatkan dua negara saja bisa memberikan akses suatu negara untuk masuk ke dalam pasar negara yang bersangkutan dengan lebih mudah.

5. Menurunkan kuantitas impor

Agar nilai perdagangan ke luar negeri semakin tinggi, cara terakhir yang bisa dipraktikkan adalah dengan menekan jumlah atau kuantitas impor dan memberikan kuota impor, memberi pajak bea impor dan lain-lain.

Semakin tinggi nilai ekspor yang dimiliki oleh suatu negara, semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan rakyatnya. Dengan begitu semua akan merasakan untung, entah itu pemerintah maupun rakyat. (SA)

Tinggalkan Balasan