Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah Apa Saja?

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah Apa?

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah hal yang sangat penting untuk Anda pahami sebagai seorang akademisi. Materi satu ini dibahas dengan detail di bangku SMA. Khususnya pada saat Anda mendalami pelajaran matematika dan fisika.

Tentu saja ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi gaya dan tekanan ini. Namun Anda harus memahaminya secara rasional dengan merujuk pada fakta-fakta ilmiah yang ada. Bagi Anda yang duduk di bangku SMA, pasti pernah mempelajari hal ini secara mendalam. Lantas apakah Anda bisa menjawab pertanyaan di atas dengan tepat?

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah?

Ketika guru memberikan pertanyaan tersebut, umumnya mereka melengkapi pertanyaan dengan beberapa opsi jawaban atau pilihan ganda. Sebagai murid tentu saja Anda harus memilih salah satu diantara pilihan ganda tersebut.

Namun Anda harus hati-hati karena seringkali jawabannya mengecoh dan mirip satu sama lain. Berikut ini pilihan ganda yang biasa diberikan oleh guru ketika memberikan pertanyaan tersebut :

A. Gaya tekan dan massa benda.
B. Gaya tekan dan gaya gravitasi.
C. Luas bidang tekan dan gaya tekan.
D. Luas bidang tekan dan gaya gravitasi.

Diantara keempat jawaban tersebut, mana yang menurut Anda paling tepat? Semuanya terasa benar bukan? Para ahli sendiri berpendapat kalau C adalah jawaban yang paling sesuai dengan pertanyaan di atas. Sudah tentu ada beberapa fakta ilmiah yang menjadi alasan utama kenapa mereka memilihnya. Mari kita bahas hal ini lebih lanjut.

Faktor yang Mempengaruhi Besaran Tekanan

Penting untuk dipahami kalau konsep tekanan ini sama persis dengan konsep penyebaran gaya di permukaan obyek. Pada konsep tersebut, luas wilayah permukaan sangat berpengaruh terhadap besar tekanan yang diberikan.

Sedang Trending :  Yang Bukan Merupakan Faktor Pendukung Integrasi Nasional Adalah Apa?

Jadi ketika sebuah objek memiliki luas permukaan yang besar, maka gaya atau tekanan yang diberikan juga akan semakin besar. Sebaliknya jika sebuah objek memiliki luas permukaannya sempit, maka tekanan yang diberikan akan jauh lebih kecil.

Untuk menghitung tekanan seperti ini digunakan rumus :

P = F/A
P adalah tekanan dengan satu (Pa atau N/m²)
F adalah gaya tekan dengan satuan Newton (N)
A adalah Luas bidang tekan dengan satuan (m²)

Dengan merujuk pada rumusan diatas, bisa diambil kesimpulan kalau faktor utama yang mempengaruhi besar tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang yang ditekan itu sendiri. Artinya gaya tekan akan berbanding tegak lurus dengan besar tekanan.

Sedangkan luas bidang atau luas permukaan objek akan berbanding terbalik dengan besar tekanan yang diberikan. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahli, gaya tekan yang diberikan kepada sebuah objek bisa memberikan dampak yang berbeda-beda.

Hal ini sangat bergantung pada bidang tekannya. Jadi sangat mungkin jika gaya tekanan yang sama bisa berdampak berbeda jika permukaan objeknya memiliki tekstur yang berbeda. Tentu saja diperlukan riset lebih lanjut untuk memahami hal ini. (SA)

Tinggalkan Balasan