Perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan memerlukan
Ilustrasi Kemerdekaan dan Perjuangan Bangsa Indonesia

Perjuangan Bangsa Indonesia untuk Mencapai Kemerdekaan Memerlukan Apa?

Perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan memerlukan kualitas kegigihan yang tentu wajib maksimal. Ada banyak pengorbanan dan bahkan tidak terhitung berapa kepentingan yang harus dikubur dalam-dalam hanya untuk memberikan kemerdekaan.

Satu hal yang tidak dipungkiri adalah bahwa kapasitas pola perkembangan teknologi di Indonesia pada waktu tersebut tentu sangat tertinggal jauh. Bahkan untuk alat perang dan persenjataan umum bagi tentara republic juga masih minim bahkan sangat sulit ditemukan.

Perjuangan rakyat Indonesia untuk bisa mendapatkan negara yang berdaulat pada saat ketertinggalan dari yang dimiliki musuh lantas tidak menjadi halangan untuk tidak bersemangat dalam meraih kemerdekaan. Bahkan dengan adanya hal tersebut sikap patriotism tetap terjaga.

Pertimbangan lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah bahwa kapasitas pola pergerakan penjajah juga sangat aktif dalam merebut kekuasaan. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara yang sangat kaya dengan sumber daya alam melimpah ruah.

Perjuangan Bangsa Indonesia untuk Mencapai Kemerdekaan Memerlukan Banyak Patriotisme

Seperti yang telah diketahui bahwa proses pengorbanan yang panjang dan besar menjadi syarat utama dari alasan mengapa Indonesia mampu mengusir penjajah meski memiliki banyak kekurangan. Akan tetapi semangat rela berkorban tersebut menjadi modal yang besar.

Sedang Trending :  Berikut Ini yang Bukan Gejala Listrik Statis Adalah Apa?

Semua masyarakat Indonesia berbondong-bondong untuk bersatu dalam merebut kekuasaan dan melawan penjajah untuk mundur dari tanah air. Semua jenis perbedaan suku, latar belakang, hingga agama saling berpegang teguh pada niatan khusus membela tanah air.

Bahkan tidak sedikit para pejuang yang gugur dalam membela dan merebut tanah air merupakan bagian penting dari banyaknya suku dan agama di Indonesia. Sehingga hal tersebut juga yang menjadi alasan mengapa ada asas hukum persatuan dalam pancasila sebagai dasar negara.

Pengorbanan yang dilakukan juga tidak hanya berdasar pada tenaga untuk bergerilya melawan penjajah. Akan tetapi terlepas dari hal tersebut tidak sedikit para pejuang yang rela mengeluarkan semua hartanya untuk modal perjuangan mengusir penjajah.

Pada akhirnya semua hal yang berkembang dan terjadi di masyarakat hingga saat ini sangat wajib untuk memelihara dan mengingat sejarah panjang perjuangan rakyat Indonesia dalam berkorban untuk mencapai kemerdekaan. (SA)

Tinggalkan Balasan