Tahapan Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah Adalah
Tahapan Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah Adalah Bagaimana?

Tahapan Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah Adalah Apa?

Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah? Pertanyaan satu ini pasti pernah diberikan oleh guru-guru Anda di masa sekolah lalu. Materi tersebut masuk ke dalam materi Teknologi Informasi, tepatnya untuk mereka yang sudah duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.

Tentu saja untuk menjawab pertanyaan ini diperlukan kaidah-kaidah teknologi informasi yang tepat. Jika Anda sudah pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini, apakah Anda bisa menjawabnya dengan benar?

Tahapan Dalam Menyelesaikan Suatu Masalah Adalah Berikut Ini

Pertanyaan tersebut merupakan salah satu soal yang diberikan oleh guru Teknik Informatika kepada murid-muridnya. Ketika memberikan soal tersebut, tentu saja guru tidak meminta murid untuk berpikir sendiri.

Mereka juga memberikan beberapa opsi jawaban yang bisa dipilih sesuai logika muridnya masing-masing. Berikut ini poin-poin tersebut

A. masalah, Pseudocode, Flowchart, Program, Eksekusi, Hasil
B. masalah, Algoritma, flowchart, Program, Eksekusi, Hasil
C. masalah, Model, Algoritma, Eksekusi, hasil
D. masalah, model, algoritma, program, eksekusi, hasil

Dari keempat opsi jawaban diatas, mana menurut Anda yang paling mewakili pertanyaan di atas? Di dalamnya memang ada beberapa istilah yang membingungkan. Namun tentu saja masing-masing istilah tersebut memiliki makna.

Para ahli sendiri memilih jawaban A yakni Masalah-Pseudocode – flowchart – program – eksekusi – hasil sebagai jawaban yang paling tepat. Kenapa jawaban ini dianggap paling sesuai dengan pertanyaan di atas? Mari kita bahas lebih lanjut

Mengenal Tahapan Penyelesaian Masalah Dalam Konsep Pemrograman

Di dalam konsep pemrograman, tahapan penyelesaian masalah harus dilakukan secara sistematis. Tujuannya agar proses penyelesaian masalah tersebut bisa berlangsung dengan efektif dari berbagai sektor. Tentu saja hasilnya juga maksimal. Ini dia tahapan-tahapannya.

Sedang Trending :  Pada Dasarnya Konsep Integrasi Nasional Secara Politis Mengandung Arti Apa?

1. Masalah

Tahapan pertama yang harus dilalui adalah masalah. Dalam tahap satu ini kita harus melakukan observasi dan analisis kemungkinan terkait cara untuk menyelesaikan masalah tersebut dan output yang diinginkan.

2. Pesudocode

Pseudocode adalah bentuk kode pemrograman, namun tidak terikat dengan aturan apapun dan menggunakan bahasa yang universal. Dengan menggunakan konsep satu ini, Anda bisa menggambarkan langkah-langkah yang harus diambil secara lebih akurat.

3. Flowchart

Langkah lain yang harus dilakukan adalah flowchart. Pada tahap ini Anda harus mengubah algoritma pseudocode menjadi garis dan simbol sehingga menyerupai sebuah proses diagram. Fase ini akan memudahkan semuanya untuk melakukan analisis.

4. Program

Fase satu ini merupakan fase pemrograman di mana semua programmer akan menyusun algoritma menjadi kode program yang sesuai dengan kebutuhannya.

5. Eksekusi

Tahap keempat ini merupakan fase eksekusi kode yang sudah dirancang sebelumnya. Tujuannya adalah menguji apakah kode tersebut bisa berjalan dengan baik atau malah menyebabkan terjadinya error pada sistem.

6. Hasil

Fase terakhir dari penyelesaian masalah dalam dunia informatika adalah hasil. Pada momen ini kita mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dan bisa menyelesaikan permasalahan yang sudah direset sebelumnya.

Itulah kelima tahap penyelesaian masalah dalam dunia IT yang harus Anda pahami. Jadi dengan penjelasan di atas, jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan tersebut adalah jawaban A. (SA)

Tinggalkan Balasan