Pembaruan Aplikasi
Pembaruan Aplikasi - Sumber gambar : Pixabay Free License

Teknik Pembaruan Aplikasi Yang Perlu Anda Tahu

AlkisahNews.com – Mungkin banyak dari Anda, yang sampai saat ini masih belum mengetahui, sebenarnya bagaimana cara melakukan pembaruan aplikasi pada ponsel pintar Anda, terutama ketika Anda menggunakan ponsel Android. Sebenarnya cara untuk melakukan pembaruan atau update ini sendiri tidak sulit, dan berikut ulasannya untuk Anda.

Melakukan Pembaharuan Secara Manual

Terdapat 2 cara untuk melakukan pembaruan aplikasi, yaitu secara manual dan otomatis. Untuk cara update aplikasi manual, maka yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Buka aplikasi Play Store yang ada di ponsel Anda.
  2. Apabila sudah masuk, kemudian cari tombol strip sebanyak 3 buah, yang biasanya terdapat di bagian pojok kiri atas layar.
  3. Apabila Anda sudah menemukan tombol tersebut, kemudian klik tombol yang dimaksud. Nantinya terdapat beberapa pilihan menu, kali ini Anda akan memilih ‘My apps & games’.
  4. Selanjutnya halaman akan berpindah, dan kali ini, terdapat 3 buah menu tabs yang ada di bagian atas layar, antara lain Updates, Instalted, dan Library. Kali ini Anda akan memilih atau tap ‘Updates’, dimana posisinya ada di bagian atas layar, agak sebelah kiri.
  5. Pada halaman update tersebut, Anda akan memperoleh berbagai macam aplikasi, yang nantinya harus Anda update. Dalam melakukan update kali ini, Anda dapat memilih sendiri, aplikasi mana yang akan di update. Misalnya saja Anda ingin melakukan pembaruan aplikasi Youtube, maka sentuh tombol ‘Update’, yang ada di samping kanan aplikasi tersebut. Nantinya aplikasi tersebut akan melakukan proses update.
    • Atau Anda dapat melakukan update untuk semua aplikasi yang ada. Jika demikian, maka Anda dapat memilih atau menyentuh tombol ‘Update All’, yang ada di bagian atas layar, yang artinya semua aplikasi pembaruan sistem android, akan melakukan update secara 1 per satu.

Melakukan Pembaruan Secara Otomatis

Adapun cara update aplikasi otomatis ini, tidak jauh berbeda dengan pembaruan aplikasi di iPhone. Adapun cara untuk melakukannya adalah dengan melakukan pengaturan langsung di App Store tersebut.

  1. Seperti biasa, buka aplikasi Play Store yang ada di ponsel Anda.
  2. Jika sudah, maka pilih tombol 3 buah baris yang ada di pojok kiri atas layar ponsel Anda.
  3. Setelah menekan tombol tersebut, maka akan muncul deretan menu di bagian kiri layar. Kali ini, geser layar ke arah bawah, dan sentuh pilihan menu ‘Setting’, atau ‘Pengaturan’.
  4. Setelah menu pengaturan Anda sentuh, maka Anda akan masuk ke dalam halaman berikutnya. Kali ini pilih menu ‘Auto-Update apps’, Dimana pilihan tersebut, berada di bagian atas menu, pada segmen ‘General’.
  5. Setelah menu tersebut terbuka, berikutnya tentukan sendiri proses pembaharuan aplikasi yang Anda inginkan, yaitu:
    • Auto-Update apps at anytime – guna memperbaharui aplikasi dengan menggunakan data seluler. Yang artinya Anda akan langsung dikenakan biaya penggunaan data oleh pihak penyedia layanan seluler. Selain itu artinya Anda akan membiarkan pihak Play Store, untuk melakukan pembaruan secara otomatis, jika memang ada pembaharuan atau ketika ada internet. Jadi ketika ada informasi tentang pembaruan aplikasi WA, atau juga pembaruan aplikasi Akulaku, akan secara otomatis dilakukan.
    • Auto-Update apps over Wi-Fi only – Dimana proses pembaharuan tersebut akan dilakukan secara otomatis, keti perangkat tersebut terhubung dengan jaringan Wi-Fi.
    • Do not auto-Update apps – ini adalah layanan untuk menghentikan pembaruan secara otomatis.

Bagaimana Jika Aplikasi Gagal Diperbaharui

Lalu bagaimana jika pembaruan aplikasi android gagal dilakukan. Tidak perlu panik, dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda cek dan lakukan terlebih dahulu, antara lain :

  1. Cek koneksi internet
    • Cek koneksi internet Anda, siapa tahu koneksinya sedang bermasalah. Jika demikian, ada baiknya langsung pindah ke jaringan Wi-Fi, untuk melakukan pembaharuan. Cek juga apakah Anda menggunakan VPN, jika memang menggunakan, sebaiknya matikan VPN tersebut, untuk memperoleh koneksi yang lebih cepat.
  2. Cek tanggal dan waktu
    • Cek juga sistem pengaturan tanggal dan waktu yang ada di ponsel Anda. Pastikan tanggal dan waktu tersebut, sesuai dengan tanggal dan waktu yang sedang berjalan saat itu, sudah menggunakan waktu dan tanggal yang disediakan oleh jaringan, serta mengaktifkan zona waktu yang disediakan.
    • Umumnya layanan atau aplikasi dari pihak ketiga sering gagal diperbaharui, karena masalah seperti ini. Jadi ketika Anda akan melakukan pembaruan aplikasi Tik Tok, sebaiknya cek juga tentang tanggal dan waktu tersebut.
  3. Nonaktifkan Bluetooth
    • Cek juga apakah layanan Bluetooth pada ponsel Anda sedang dalam posisi aktif atau tidak. Ada baiknya jika dalam posisi off, atau dalam posisi sedang tidak diaktifkan.
  4. Kosongkan ruang penyimpanan
    • Ada baiknya jika Anda juga mengecek ruang penyimpanan pada ponsel tersebut. Umumnya aplikasi tidak dapat melakukan update, karena ruang penyimpanan dinilai terlalu penuh. Jika demikian segera kosongkan ruang penyimpanan, dengan menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan kembali, atau memindahkannya ke dalam perangkat lain, seperti ke micro sd, dll.
  5. Hapus cache & data play store
    • Ada kalanya data pada play store dan cache terlalu menumpuk, ini juga yang jadi salah satu hal dimana Anda tidak dapat melakukan update. Jadi Anda juga perlu menghapus cache tersebut.
  6. Uninstal dan pembaharuan play store
    • Tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan pembaruan aplikasi Google Play Store, karena ada kalanya dengan memperbaharui aplikasi tersebut, membuat proses update, atau pembaharuan aplikasi jadi lebih lancar.
  7. Muat ulang perangkat
    • Melakukan muat ulang perangkat juga jadi salah satu cara agar proses pembaharuan aplikasi jadi dapat dilakukan. Anda hanya perlu menekan tombol daya selama beberapa detik, kemudian pilih muat ulang. Kemudian lakukan proses update aplikasi seperti sebelumnya.
  8. Perbaharui sistem perangkat
    • Apabila proses muat ulang masih belum dapat Anda lakukan, coba saja dengan melakukan pembaharuan android. Misalnya saja pembaruan aplikasi sistem Xiaomi, atau yang lainnya. Anda dapat mencari sistem ini pada menu pengaturan atau setting.
  9. Cek akun Google Anda
    • Cara yang terakhir adalah, coba keluar dari akun Google yang ada di ponsel. Kemudian masuk kembali. Pastikan Anda juga melakukan pencadangan data seperti kontak, dan yang lainnya. Setelah akun Google di ponsel berhasil dihapus, kemudian masukkan kembali, dan buka Play Store, dan lakukan update aplikasi seperti biasa.
Sedang Trending :  Ingin Tahu Cara Menghapus Pembaruan Aplikasi? Simak Disini

Cara Menghapus Pembaruan Aplikasi

Untuk cara menghapus pembaruan aplikasi sendiri tidak sulit, yang harus dilakukan adalah :

  • Buka ponsel Anda, kemudian cari jendela pengaturan atau juga Setting. Kemudian klik menu tersebut.
  • Cari bagian ‘Apps’, Dimana menu ini berada di bagian atas menu setting, kemudian pilih menu tersebut.
  • Apabila sudah memilihnya, kali ini sentuh tombol 3 titik, yang ada di pojok kanan atas layar. Dengan demikian menu baru akan terbuka.
  • Kali ini, pilih ‘Show System’, yang ada di bagian atas menu. Dengan demikian, sistem aplikasi yang ada di ponsel akan terbuka.
  • Berikutnya pilih salah satu aplikasi yang tidak ingin Anda perbaharui, dan lakukan proses penghapusan pembaruan pada aplikasi tersebut.
  • Kembali sentuh tombol 3 titik vertikal yang ada di pojok kanan atas layar.
  • Lalu pilih ‘Uninstall update’.
  • Klik ‘ok’, untuk memastikan layanan tersebut berhasil dinonaktifkan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, untuk masalah cara melakukan pembaruan aplikasi, dan bagaimana juga cara menonaktifkannya. Semoga ulasan kali ini berguna bagi Anda yang saat ini kesulitan melakukan update aplikasi yang diinginkan. (PC)

Tinggalkan Balasan