Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi
Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi

Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi ?

Alkisahnews.com – Bagaimana langkah menghias karya dengan teknik aplikasi menggunakan bantuan dari pihak ketiga bukan hal yang asing lagi sekarang ini. Deretan karya seni aplikasi dengan teknik seperti halnya mozaik, montase dan juga kolase.
Karya seni aplikasi pun kini sudah dapat dibuat oleh siapa pun. Memakai bahan – bahan dasar yang relatif mudah ditemukan, bahkan dari bahan sisa yang sudah tidak terpakai lagi.

Di dalam proses pembuatan karya seni dari aplikasi sebenarnya cukup mudah dilakukan, sebab tanpa harus memerlukan bantuan dari mesin jahit. Seni aplikasi sendiri merupakan cara yang paling mudah jika dibandingkan dengan kerajinan tangan secara manual.

Baca Juga : Apa Persamaan Karya Kolase Montase Aplikasi dan Mozaik ?

Hias Karya Seni dengan Bantuan Aplikasi

Di sisi lainnya, Anda hanya perlu memakai peralatan menjahit, seperti halnya gunting dan juga jarum yang mudah sekali dijumpai. Selain itu juga, ide lainnya yang bisa dipakai untuk menghasilkan karya seni aplikasi, semisalnya dari perabotan yang sudah tidak lagi terpakai.

Suasana di pekarangan rumah Anda pun mungkin dapat dijadikan sebagai ide bagus yang nantinya dapat dituangkan kembali ke dalam aplikasi hias karya seni. Aplikasi tersebut dibuat dengan cara menempelkan sesuai bentuk dari bahan tertentu, umumnya sering digunakan ialah kerajinan dari bahan dasar kain.

Karya seni yang dibuat menggunakan aplikasi ini caranya cukup sederhana sekali untuk Anda coba, yakni dengan menempelkan gunting kain yang sudah dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai dengan bentuk yang Anda inginkan.

Baca juga : Apa yang dimaksud dengan karya aplikasi ?

Tahapan Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi

Selain dengan menghiasi kain menggunakan aplikasi, Anda pun dapat juga menutupi bagian kain yang robek. Hal ini supaya kain yang akan ditempelkan tidak lagi terlepas, alangkah baiknya dengan memakai benang dan perhatikan ketebalan dari kain yang Anda gunakan.

Sedang Trending :  Manakah Karya Seni yang Merupakan Karya Seni Kolase Montase Mozaik dan Aplikasi

Bisa juga dengan cara memakai benang sulam agar hasil karya seni menjadi lebih indah dibandingkan dengan jenis benang yang biasa. Berikut ini ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk membuat sebuah karya seni dengan teknik aplikasi.

1. Memilih Desain dan Bahan

Langkah pertama ialah dengan memilih desain dan juga bahan kain yang akan digunakan. Bisa juga dengan memakai jenis bahan kain yang sesuai dengan bentuk desain serta warna dasar yang diinginkan.

2. Menggambar Desain dan Potong

Langkah berikutnya ialah dengan menggambar atau pun jiplak desain yang telah Anda pilih di atas selembar kertas HVS. Sesudah itu, perlahan – lahan potong dengan gunting, jiplak juga pola yang sudah Anda potong pada kain tersebut untuk bisa menjadi aplikasi.

3. Proses Penempelan

Kemudian, kain yang telah dijiplak, siapkan juga bahan dasarnya untuk menempelkan pada aplikasi. Tempelkan langsung pola kain yang barusan Anda potong.

4. Finishing

Supaya tampak lebih rapi, jahit karya seni aplikasi dengan teknik dasar, rapikan tiap benang pada bagian belakang aplikasi menggunakan bahan yang telah tersedia lengkap di dalam aplikasi tersebut.

Menghias karya dengan bantuan teknik aplikasi ini sangatlah membantu siap orang yang ingin menciptakan sebuah karya dan bisa dilakukan kapan saja. (SA)

Baca juga : Apa perbedaan karya kolase montase aplikasi dan mozaik ?

Tinggalkan Balasan