Apa yang dimaksud dengan karya aplikasi
Apa yang dimaksud dengan karya aplikasi ? Gambar oleh Mysticsartdesign dari Pixabay Free License

Apa yang Dimaksud dengan Karya Aplikasi dan Cara Membuatnya

Untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak, para orang tua disarankan mengetahui apa yang dimaksud dengan karya aplikasi dan bagaimana cara membuatnya. Teknik aplikasi sendiri merupakan cara menghias kain atau kertas dengan menggunakan motif tertentu.

Sebenarnya teknik ini berasal dari kebiasaan orang-orang untuk menambal baju atau celana bolong dengan kain lain. tambalan tersebut agar terlihat lebih modis dan indah biasanya memakai kain dengan motif indah dan memiliki fungsi lain sebagai hiasan.

Teknik ini juga ternyata bisa merangsang kreativitas buah hati. Membuat seni rupa dua dimensi seperti ini juga bisa menjadi favorit mereka sehingga bisa mengetahui bentuk dan warna.

Apa yang Dimaksud dengan Karya Aplikasi dan Cara Membuatnya

Sudah dijelaskan karya aplikasi merupakan cara menghias kain atau kertas dengan cara menjahit atau menempelkan kain memiliki motif/gambar unik pada medianya. Cara ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghias sarung bantal, rok anak atau dewasa menjadi terlihat baru.

Bisa dibuat oleh siapa saja termasuk juga anak-anak karena bahan digunakan juga mudah buat didapat. Bisa berasal dari baju atau kain sudah tidak dipakai lagi. Seni ini termasuk ke dalam yang termudah dari berbagai macam kerajinan tangan lain.

Karena mudah, ini bisa menjadi salah satu kegiatan orang tua bersama anak menghabiskan waktu bermain sambil belajar bersama. Buat masih balita, orang tua bisa sambil mengajarkan berbagai macam warna.

Sedangkan buat usia balita dan keatasnya orang tua bisa sambil mengajarkan motorik mereka dengan cara menggunting dan menempelkan kain kepada bidang sudah disediakan. Bahan yang digunakan termasuk ramah bagi si kecil dan tidak membahayakan tetapi orang tua harus tetap mendampinginya.

Sedang Trending :  Tuliskan Perbedaan Bahan yang Digunakan dalam Karya Seni Aplikasi dan Karya Seni Mozaik

Ini Cara Membuat Karya Aplikasi

Selain sebagai media untuk belajar, cara ini juga bisa berfungsi menghias ruangan atau benda lainnya. Salah satu teknik bisa menjadi pilihan adalah menggunakan benang sulam. Berikut ini cara membuat seni aplikasi dengan benang sulam.

  1. Pilih desain terlebih dahulu, padukan warna yang senada dengan benda ingin diaplikasikan. Agar nanti hasil akhirnya menjadi cantik.
  2. Gambar desain sesuai keinginan untuk dijadikan pola kain pada selembar kertas lalu gunting dengan hati-hati.
  3. Selanjutnya gambar tersebut akan menjadi pola untuk menggunting kain yang akan diaplikasikan.
  4. Siapkan bahan dasar/benda ingin dihias seperti celana, sarung bantal, baju atau lainnya.
  5. Selanjutnya tempelkan pola pada bahan dasar, dan jahit secara rapi dengan menggunakan teknik sulam.
  6. Setelah itu rapikan benang dari sisi belakangnya, lalu setrika agar hasilnya akan terlihat lebih halus dan rapi lagi.

Cara tersebut merupakah salah satu teknik sederhana dari pengaplikasian karya seni dua rupa yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Masih banyak lagi teknik jahit untuk membuat karya aplikasi seni dua rupa bisa digunakan untuk mempercantik barang lama. (SA)