Kode Warna Kabel Load Cell
Detail Kode Warna Kabel Load Cell

Kode Warna Kabel Load Cell yang Perlu Anda Ketahui

Serba-Serbi – Mengetahui kode warna kabel Load Cell diperlukan agar tidak melakukan pemasangan yang salah. Hal tersebut sangat penting karena perannya dalam proses pengiriman beban berat yang dapat terdeteksi oleh tampilan skala.

Load Cell (sensor berat) sendiri adalah alat yang biasanya digunakan untuk menghasilkan sinyal listrik dan besarnya akan berbanding lurus dengan gaya yang telah diukur. Biasanya, banyak digunakan untuk timbangan-timbangan elektronik.

Prinsipnya menggunakan prinsip tekanan dan memanfaatkan sensor strain gauge. Penyebab kerusakan Load Cell biasanya karena cara pemasangannya salah. Maka dari itu, sangat perlu untuk memahaminya terlebih dahulu.

Mengenal Kode Warna Kabel Load Cell

Biasanya sensor berat mempunyai beberapa warna kabel yang berbeda-beda. Namun, dalam mempermudah pemasangannya, biasanya disediakan data sheet kalibrasi setiap Load Cell sebagai panduan pemasangannya.

Untuk memberikan pengetahuan yang lebih baik tentang sistem kelistrikan, ada standarisasi kode warna tersendiri yang digunakan di Indonesia. Untuk hijau strip hitam, hubungkan kabel ke hx711.

Untuk biru langit atau biru muda output beban maksimalnya adalah 3 milivolt /volt ( mv / v ). Untuk hijau muda atau hijau terang setiap data sheetnya harus sesuai dengan nomor serinya, nomor modelnya juga kapasitasnya.

Untuk menghubungkannya dengan junction box sebenarnya cukup mudah, asalkan Anda telah memahami dan dapat membedakannya terlebih dahulu. Jika ada kesalahan dalam pemasangan, maka tidak akan bekerja dengan baik.

Terdapat beberapa terminal pada junction box, pertama adalah terminal vertikal ada input juga output untuk mengirimkan sinyal ke indikator. Sedangkan, 4 terminal horizontal lainnya merupakan terminal kaki sensor berat serta 5 kabel harus dipasang sesuai urutan.

Pada junction box, dibagian terminal terdapat tulisan exc +, exc – dan masih banyak lainnya. Biasanya kode exc tersebut dibaca exciter baik pada Load Cell atau junction box. Sensor berat dapat mengubah gaya atau beban menjadi keluaran yang teratur.

Agar berfungsi dengan baik, sensor berat harus dipasang dengan baik dan benar. Pemasangan yang salah akan mengakibatkan kinerja tidak maksimal dan bisa menyebabkan kerusakan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui urutan kabel Load Cell sebelum mulai memasangnya. (www.alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan