Cara Berbicara Dengan Google
Tutorial Cara Berbicara Dengan Google Assistant

Cara Berbicara Dengan Google Untuk Permudah Urusan Anda

Google saat ini terus memperbarui teknologinya untuk memudahkan pengguna, misalnya saja sudah ada cara berbicara dengan Google. Fitur untuk berbicara ini sering juga disebut dengan istilah Google Assistant.

Misalnya, dengan mengatakan “Ok Google”, maka penggunanya dapat segera menuliskan teks, menemukan peta lokasi, serta mencari informasi. Hal ini tentu sangat membantu di saat Anda memiliki kesibukan yang padat.

Untuk aktifkan asisten Google ini caranya juga mudah, sehingga Anda dapat melakukannya dengan sekali percobaan. Untuk informasi untuk menggunakan asisten ini, simak pembahasan berikut.

Inilah Manfaat Asisten Google

Asisten Google atau Google Assistant adalah suatu kecerdasan buatan yang tersedia untuk perangkat seluler dan perangkat smart home. Layanan yang sudah ada sejak tahun 2016 tersebut dapat menjalankan banyak fungsi dan pekerjaan, serta mampu melakukan percakapan dua arah.

Simak Juga : Cara Melihat Hasil Google Form Orang Lain

Tidak hanya pada android, pengguna iOS juga dapat memanfaatkan fitur ini arena sudah berbentuk aplikasi. Manfaat yang akan Anda rasakan ketika menggunakan fitur ini antara lain sebagai berikut ini.

1. Sebagai Pengingat

Karena layanan ini tersambung dengan layanan Google lainnya maka Anda dapat memanfaatkannya untuk menjadi pengingat atau reminder. Beberapa layanan yang terhubung adalah Calendar, Keep, dan Gmail.

2. Memberitahu Kondisi Lalu Lintas

Apabila banyak beraktivitas di luar dan ingin waktu perjalanan lebih singkat, Anda dapat menggunakannya untuk mencari rute paling bagus untuk mencapai suatu lokasi. Ini menjadi sangat bermanfaat untuk digunakan tentunya.

3. Mengirim Pesan

Saat terlalu sibuk untuk sekadar menuliskan pesan untuk orang lain, Anda dapat menggunakan asisten ini untuk menuliskan pesan. Panggil fitur ini dan minta mengirimkan pesan setelah Anda mengatakan apa yang ingin disampaikan.

4. Merekomendasikan Pom Bensin dan Restoran

Dengan menggunakan layanan ini, pengguna dapat menemukan pom bensin terdekat ataupun restoran ketika berada di wilayah yang tidak dikuasai rutenya. Dengan begitu, Anda tidak akan tersesat dan kebingungan lagi.

5. Menerjemahkan Kata

Fitur ini juga dapat membantu Anda menerjemahkan sebuah kata atau kalimat asing menjadi bahasa pengguna. Kendala bahasa memang sering kali menjadi suatu penghambat bagi orang-orang yang kurang bisa berbahasa.

6. Membacakan Berita

Asisten juga dapat membacakan berita setelah diberikan perintah misalnya “Ok Google, play the news”. Fitur ini menjadi sangat canggih karena sudah dikembangkan, selain itu juga sifatnya yang praktis menjadikannya sesuatu yang berguna.

Baca Juga : Cara Mengetahui Password Email Google

Seperti Ini Cara Berbicara dengan Google

Untuk berbicara dengan Google memang ada beberapa tahapan awal yang harus dilakukan. Setelah mengenal fitur serta manfaatnya, maka berikut langkah atau cara agar bisa berbicara dengan Google yang bisa dilakukan sendiri.

1. Cara Mengaktifkan

Mengaktifkan menjadi salah satu cara yang harus dileewati. Untuk membuatnya demikian, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan. Langkah mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut.

  • Bukalah aplikasi pada HP Anda. Jika tidak ada, unduhlah terlebih dahulu melalui Play Store. Selain di HP, ada perangkat lain yang dapat terhubung yaitu smart display, smart watch, perangkat yang sudah terintegrasi dengan Google Home, serta perangkat yang dapat memberikan respon terhadap kata “Ok, Google”.
  • Saat aplikasi terbuka, Anda dapat melihat sudah aktif atau belumkah asisten tersebut. Jika masih nonaktif, maka aktifkanlah terlebih dahulu. Opsi Aktifkan terdapat pada bagian bawah.
  • Setelah itu buka lagi aplikasi dan ucapkan “Setelan Asisten”. Pada menu Setelan Populer, klik atau ketik Voice Match. Pastikan juga bahwa fitur Ok Google sudah aktif.
  • Kemudian pilihlah menu Model Suara dan latih model suara agar asisten ini mampu mengingat suara Anda.
  • Ikuti langkah-langkah dalam merekam, dan kemudian Anda sudah dapat menggunakannya.

2. Cara Berbicara

Bahkan untuk cara berbicaranya juga memiliki aturan. Anda cenderung diminta untuk mengatakannya dengan jelas agar sistem tidak salah tangkap. Sedangkan untuk berbicara, maka lakukanlah langkah seperti ini:

  • Tahanlah tombol tengah layar perangkat atau tombol dengan tulisan Google Home pada perangkat yang terintegrasi. Setelah itu, akan terhubung dengan Assistant tersebut.
  • Ucapkan “Ok Google” dan tunggu responnya.
  • Setelah itu buatlah perintah yang diinginkan. Tidak hanya mencari informasi, Anda juga dapat mengobrol dengan fitur ini, meskipun jawabannya kadang tidak sesuai. Perintah yang dapat Anda lakukan misalnya, menyetel alarm, membuka dokumen, menelepon, dan sebagainya.

Dengan manfaat dan kemudahan dalam menggunakannya, Anda akan memperoleh berbagai kemudahan untuk beraktivitas. Kini melakukan sesuatu menjadi lebih mudah dan sederhana dengan adanya Google Assistant. (SA)

Simak Juga : Cara Membuat Akun Google Drive Unlimited Selamanya