Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari yang Benar
Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari yang Benar

Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari yang Benar

Kesehatan – Ketahui bagaimana cara mengatasi anak demam di malam hari secara tepat sebagai orang tua agar tidak panik. Sebelum menuju fasilitas kesehatan terkadang kita bisa mengupayakan penurunan panas sendiri di rumah, asalkan perawatannya dilakukan secara tepat.

Karena ada beberapa orang yang tidak bisa 24 jam ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat, jadi apa yang harus dilakukan ketika anak demam di malam hari? Bisa saja membangunkan petugas puskesmas setempat, itupun kalau petugas kesehatannya ada di lokasi.

Penyebab Demam Pada Anak di Malam Hari

Jangan panik ketika tubuh buah hati terasa panas. Ketahui apa penyebab anak demam di tengah malam? dengan membaca artikel ini secara lengkap. Ingat kembali apa aktivitas anak pada hari tersebut karena bisa jadi panasnya disebabkan oleh:

1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi pada saluran pernapasan bagian atas biasanya ditandai dengan gejala pilek. Oleh sebab itu, waspadai kondisi kesehatan buah hati ketika mengalami pilek selama beberapa hari. Jika sudah melebihi tiga hari dan kondisi panasnya naik turun, maka segera berobat.

2. Paparan Bakteri dari Luar

Adanya paparan bakteri dari luar biasanya terjadi pada buah hati yang cukup aktif beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa menerapkan cara mengatasi anak demam di malam hari secara tepat ketika mengetahui sebabnya secara tepat pula.

3. Terjadi Peradangan

Radang tenggorokan, telinga, dan juga sinus dapat menjadi salah satu sebab terjangkitnya suhu panas pada buah hati. Penyebabnya bisa dari berbagai hal, contohnya udara lembab, makanan, dan berbagai hal lain pemicu terjadinya radang, terutama jika turunan.

4. Infeksi Kulit

Jangan heran jika pernah mengalami panas pada buah hati setelah terjatuh atau terluka. Karena ternyata infeksi kulit akibat paparan bakteri bisa menyebabkan suhu panas meningkat. Jadi, cara mengatasi anak demam di malam hari adalah membersihkan luka.

5. Infeksi Saluran Kemih

Terakhir, penyebab suhu panas meningkat bisa juga dari infeksi saluran kemih. Waspadai ketika buah hati kerap menahan buang air kecil atau memakai celana terlalu ketat. Karena kedua hal tersebut dapat menyebabkan suhu panas buah hati meningkat saat malam hari.

Komplikasi Demam Tinggi Pada Anak di Malam Hari

Demam sebenarnya merupakan pertanda buah hati Anda mengalami penyakit. Untuk itu, mengetahui cara mengatasi anak demam di malam hari secara tepat mesti diterapkan untuk menghindari terjadinya komplikasi seperti berikut:

  1. Membiarkan suhu panas pada buah hati setelah berhari-hari dapat memicu terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan.
  2. Jika buah hati Anda sampai mengalami halusinasi maka periksa rutin suhunya, bisa jadi sudah melebihi angka 40 derajat celcius.
  3. Paling berbahaya adalah saat menghadapi kejang, tak jarang orang tua bingung dan panik dan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan saat anak demam.

Anda dapat menerapkan berbagai solusi mengobati suhu panas berlebih pada buah hati setelah mengetahui penyebabnya. Berbagai kemungkinan komplikasi bisa dialami ketika orang tua tidak melakukan penanganan secara tepat.

Jangan pernah menyepelekan kondisi suhu tubuh meningkat pada buah hati. Selalu sedia termometer dan obat penurun panas agar kondisinya tidak semakin parah. Waspadai selalu kondisi buah hati setiap saat dengan memeriksa suhu secara rutin.

Jika harus segera ke dokter maka jangan menunda lagi sebelum kondisinya semakin parah. Anda harus tahu fasilitas kesehatan terdekat yang beroperasi selama 24 jam sebagai antisipasi.

Sekarang, Anda sudah tahu apa akibat mengabaikan suhu panas pada tubuh buah hati. Jadi, pastikan untuk selalu menerapkan cara mengatasi anak demam di malam hari secara tepat untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Cara Tradisional Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

Tidak terlepas dari pengobatan tradisional, metode ini sudah dilakukan sejak nenek moyang atau turun-temurun sejak dulu. Contohnya, memanfaatkan minyak telon dan bawang merah. Tapi, apakah bawang merah dan minyak telon bisa menurunkan panas?

Keduanya bisa memberikan efek positif apabila kondisi kening buah hati panas, tetapi area kakinya dingin. Anda bisa memanfaatkan bawang merah sebagai pengobatan tradisional melalui berbagai metode berikut:

  1. Mencampurkan bawang merah dengan minyak telon kemudian membalurkan hasil campuran tersebut atau satu butir bawangnya pada tubuh anak.
  2. Cara mengatasi anak demam di malam hari dengan bawang merah berikutnya bisa melalui olesan alami saja ketika anak sedang tidur.
  3. Beberapa orang juga percaya bahwa meminum air jahe dan campuran rempah lainnya dapat berkhasiat untuk menurunkan suhu panas.
  4. Air kelapa juga sejak dulu dipercayai bisa membantu menurunkan suhu panas pada anak maupun dewasa. Bahkan khasiat air kelapa ini dipercayai oleh sebagian orang Indonesia dapat menangkal racun dalam tubuh.
  5. Lemon dan madu bisa menjadi salah satu cara mengatasi anak demam di malam hari secara tepat jika dikonsumsi secara rutin.
  6. Terakhir, untuk anak di bawah usia 2 tahun, pengobatan tradisional atau alami paling ampuh adalah dengan meminum ASI. ASI terbukti memiliki banyak khasiat bagi anak di bawah usia 2 tahun, salah satunya bisa memperkuat imun tubuh.

Berbagai cara mengatasi anak demam di malam hari tersebut sudah dilakukan sejak dulu. Sampai sekarang masih ada orang tua yang merasa metode tradisional bahkan lebih minim komplikasi dibandingkan langsung melalui penanganan medis.

Cara Mengobati Anak Demam di Malam Hari

Panik saat suhu tubuh buah hati tiba-tiba meningkat di sela tidur nyenyaknya adalah hal wajar. Namun, antisipasi kepanikan tersebut agar tidak berlebihan dengan mempelajari proses penanganannya.

Ketika suhu tubuh meningkat, Anda bisa saja langsung ke fasilitas kesehatan terdekat. Namun, ketahui juga proses penanganan tepat dari rumah seperti berikut:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa suhu tubuh menggunakan termometer. Salah satu cara mengatasi anak demam di malam hari ini membantu Anda menilai indikator urgensi pada buah hati.
  2. Kedua, cukupi kebutuhan cairan buah hati Anda dengan memperbanyak asupan ASI bagi yang masih ASI. Kemudian perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi. Waspada ketika bibir anak mulai mengering dan pecah-pecah.
  3. Segera berikan obat penurun panas yang telah disiapkan di rumah. Ketika sudah mempunyai anak, sedia obat penurun panas adalah hal wajib untuk menghindari melonjaknya suhu tinggi saat malam.
  4. Perhatikan pakaian buah hati Anda. Jangan selimuti atau jangan berikan pakaian yang menghalangi sirkulasi udara. Sebaliknya, buat buah hati merasa nyaman dengan berpakaian longgar dan pendek saja.
  5. Kompres merupakan cara mengatasi anak demam di malam hari secara tepat sejak dulu. Bukan hanya di Indonesia, banyak negara salah satunya Korea Selatan mempercayai bahwa kompres air dingin bisa menurunkan suhu tubuh.
  6. Skin to skin atau merekatkan kulit buah hati dengan orang tua merupakan metode tradisional lainnya. Metode ini dipercayai mampu menurunkan suhu, bukan hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga banyak negara.

Kondisi kesehatan buah hati merupakan anugerah bagi semua orang tua. Jadi, ketika menghadapi suhu tubuh meningkat saat malam, paniknya bukan main. Padahal, setelah Anda mengetahui berbagai cara mengatasi anak demam di malam hari, tidak perlu panik. (www.alkisahnews.com)

About administrator

Kami Menyediakan Informasi Berdasarkan Sumber Yang Kredibel dan Terpecaya

Tinggalkan Balasan