Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas, Penting untuk Diketahui!

Mengetahui cara membaca kode kompresor kulkas secara tidak langsung sangat berguna untuk Anda apabila ingin membeli sebuah pendingin. Karena dengan membaca kode kompresor tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai kulkas yang ingin dibeli sesuai kebutuhan.

Secara khusus mungkin saja terdapat perbedaan cara baca karena tergantung merk dan jenis kulkasnya. Namun secara umum Anda dapat menggunakan panduan di bawah ini untuk mengetahui kode-kode dari kompresor kulkas.

Baca Juga : Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 2 Pintu

Berikut Kemudahan Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas

Sekarang, ambil contoh dengan kode AE A 4 430 Y – 1. Berikut ini cara membaca kode kompresor pada kulkas yang bisa Anda coba.

1. Kelas Kompresor

Kode pertama AE menandakan kelas kompresor tersebut. Ada berbagai macam kode kelas kompresor misalnya AZ, AW, WJ, hingga AZA. Perlu dipahami bahwa setiap kulkas akan memiliki kelas yang berbeda.

2. Terbitan Kulkas

A selanjutnya menunjukkan model sebagai terbitan kulkasnya. Misal A disini menunjukkan bahwa kulkas tersebut merupakan rilisan pertama dari seri tersebut. Adapun jika B berarti terbitan kedua dari suatu produksi.

3. Low Back Pressure With High Starting Torque

Angka 4 menunjukkan arti low back pressure with high starting torque maksudnya, kulkas itu memiliki tekanan rendah dengan kekuatan awal torsi yang tinggi.

Simak Juga : Spesifikasi Kulkas Aqua AQR d181

4. Tipe Pendingin yang Digunakan

Huruf Y menunjukkan tipe pendingin yang digunakan kulkas tersebut. Untuk kode Y berarti menggunakan pendingin R134a. Ada juga kode-kode lainnya misalnya A, V dengan pendingin R12, E untuk pendingin R22, dan masih banyak lagi.

5. Besar Daya Listrik

Sedangkan angka satu setelah tanda strip menandakan besarnya daya listrik yang digunakan. Angka satu berarti 115 V/60 Hz, sedangkan angka 2 artinya membutuhkan daya 208-230 V/60 Hz. Namun tidak perlu bingung apabila tidak tersedia kode angka kompresor setelah tanda strip karena berarti kulkasnya mengonsumsi daya listrik sekitar 220-240 V/50 Hz.

Selain mengetahui panduan kode kompresor, Anda juga perlu tahu cara membaca pk kompresor kulkas. Dengan mengetahui pknya Anda juga bisa membedakan kompresornya. Selain itu bisa juga membedakan kompresornya berdasarkan jumlah pintu.

Misalnya, kode kompresor kulkas 1/8 berarti kompresornya sebesar 1/8 PK atau setara dengan daya 0.42 Ampere. Selain itu untuk penggunaan satu pintu umumnya menggunakan kompresor dengan 1/4 , 1/5, dan 1/6 PK. Beberapa cara membaca kode dari kompresi kulkas bisa Anda praktikkan agar dapat membeli sesuai kebutuhan. (SA)

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua AQR d251

Kata Kunci Populer:

kode kompresor kulkas 1/6