Usaha Bersama yang Modalnya Berupa Kumpulan Saham Adalah
Usaha Bersama yang Modalnya Berupa Kumpulan Saham Adalah

Usaha Bersama yang Modalnya Berupa Kumpulan Saham Adalah Apa?

Usaha bersama yang modalnya berupa kumpulan saham adalah PT atau kepanjangan dari perseroan terbatas. PT ini sebelumnya disebut sebagai NV atau Naamloze Vennootshap ini merupakan kata yang berasal dari Bahasa Belanda.

Badan usaha yang modalnya berasal dari saham-saham investor dikatakan Perseroan Terbatas, jadi jika nanti ada perubahan kepemilikan perusahaan ini tidak perlu mengalami pembuaran terlebih dahulu.

Karena pemilik saham pada perusahaan memiliki hak kepemilikan yang sama dan berhak untuk mendapatkan keuntungan dividen. PT dibagi lagi menjadi lebih beberapa jenis yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Baca Juga : Perusahaan yang Modalnya Dari Penjualan Saham yaitu Apa?

Apa sebenarnya Usaha Bersama yang Modalnya Berupa Kumpulan Saham Adalah Apa?

Perusahaan terbatas atau PT dibagi menjadi tiga jika dilihat dari segi kepemilikannya. Berikut ini beberapa jenis yang harus Anda ketahui.

1. Perseroan terbatas biasa

PT biasa adalah badan usaha perseroan terbatas yang pendiri, pemegang saham dan juga pengurusnya memiliki warna negara Indonesia dan berjalan di badan hukum Indonesia.

Jadi dengan kata lain untuk perseroan terbatas biasa ini tidak ada modal yang diberikan oleh pihak asing sama sekali.

2. Perseroan terbatas terbuka

Selanjutnya adalah terbatas terbuka, merupakan perusahaan yang pada saat didirikannya dengan penamaan modal dengan memungkinkan memasukkan warga asing untuk jadi pendiri, pemegang saham, dan modalnya bisa diikuti oleh warna negara asing.

Sedang Trending :  Ingin Tahu Cara Investasi Saham di Waktu yang Tepat? Simak Disini

Simak Juga : Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

3. Perseroan terbatas

Perseroan terbatas merupakan badan usaha yang telah dimiliki oleh badan usaha milik negara. Biasanya perusahaan terbatas yang dimaksud akan dikelola dengan pengaturan tunduk pada beberapa ketentuan BUMN. Contohnya seperti PT Telko (persero) dan masih banyak lagi.

Selain dari segi kepemilikannya, Anda juga bisa membedakannya dari segi statusnya. Jenis yang pertama perseroan tertutup adalah jumlah pemagang wajib memenuhi kriteria yang sudah ditentukan dan tidak melakukan permintaan umum lainnya.

Sedangkan jenis perseroan terbatas yang kedua adalah perseroan terbuka merupakan badan usaha dengan modal dan pemegang sahamnya dapat memenuhi kriteria tertentu. Jenis badan usaha ini juga akan memberikan penawaran secara umum.

Agar bisa membedakannya dengan badan usaha lainnya ada karakteristik yang dapat diketahui dengan mudah, seperti PT akan didirikan oleh pihak yang ikut terlibat serta melakukan kegiatan usaha tertentu sesuai dengan yang dijalankan. (SA)

Baca Juga : Data Saham Indonesia Premium APK

Tinggalkan Balasan