Cara Membuat Buku Kas Harian di Buku Tulis yang Mudah
Panduan Cara Membuat Buku Kas Harian di Buku Tulis yang Mudah

Cara Membuat Buku Kas Harian di Buku Tulis yang Mudah

Alkisahnews.com – Cara membuat buku kas harian di buku tulis ternyata tidak sesulit kelihatannya. Itu karena seseorang bisa membuatnya dengan mudah. Nantinya keberadaan buku kas harian sendiri akan sangat berguna.

Keberadaannya membuat aktivitas berjualan menjadi lebih terkontrol. Jika melihat pada kondisi sekarang, minat masyarakat terhadap usaha memang meningkat. Namun minat tersebut tidak dibarengi dengan pemahaman yang baik mengenai usaha.

Fenomena yang sekarang terjadi memperlihatkan ada banyak orang yang menjalankan usaha namun sembarangan dalam melewati prosesnya. Normalnya kondisi semacam itu membuat hasil yang didapat menjadi kurang maksimal.

Untuk membuktikan keseriusan dalam pembuatan, cara membuat buku kas pengeluaran dan pemasukan adalah hal yang penting. Memang kemajuan teknologi membuat banyak aplikasi terkait hal ini yang bermunculan.

Tetapi jika dilihat secara keseluruhan, tidak semua aplikasi tersebut memuaskan. Kebanyakan malah berkualitas rendah dan sangat mengecewakan. Daripada menggunakan aplikasi semacam itu, membuat secara manual jauh lebih tepat.

Baca Juga : Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Kardus Bekas

Cara Membuat Buku Kas Harian di Buku Tulis Sangat Mudah

Jika Anda sedang mencari cara membuat buku kas harian, ini adalah tempat yang sangat tepat. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai tahapan yang perlu dilalui dalam proses pembuatannya.

Mungkin salah jika menganggap cara membuat buku uang kas adalah hal sulit. Karena tahapannya sendiri sangat mudah. Untuk lebih lengkap, berikut beberapa tahap yang perlu dilewati dalam pembuatannya.

1. Siapkan Buku

Hal pertama yang perlu dilakukan saat membuat buku kas harian adalah menyiapkan buku. Perlu diingat, kas harian adalah hal yang akan digunakan dalam waktu lama. Oleh sebab itu, pastikan buku yang dipakai memiliki kualitas terbaik.

Jangan sampai melakukan kesalahan dengan asal dalam memilih buku. Karena kondisi semacam itu hanya akan membuat buku rusak dalam waktu cepat. Selain memerhatikan kualitasnya, penting juga untuk memerhatikan ketebalannya.

Sedang Trending :  Cara Menggunakan Bonus Dadakan Lazada

Itu karena ketebalan buku tersebut perlu tinggi. Jika ketebalannya kurang, Anda perlu mengganti buku tersebut secara terus menerus.

2. Perkirakan Kolom

Jika buku sudah siap, tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memperkirakan kolom. Intinya ada enam kolom yang perlu disiapkan. Kolom pertama berukuran kecil yang akan digunakan untuk nomor.

Kolom kedua harus lebih besar karena dipakai untuk tanggal. Kolom selanjutnya adalah yang paling panjang karena dipakai untuk uraian. Dua kolom selanjutnya dibuat berukuran sama untuk pemasukan dan pengeluaran.

Terakhir buatlah kolom dengan ukuran secukupnya. Kolom tersebut akan dipakai untuk menuliskan saldo.

3. Buat Garis

Jika kolom sudah diperkirakan, langsung saja buat garis mengikuti perkiraan tersebut. Dalam pembuatan garis, sangat tidak disarankan untuk langsung menembaknya. Karena, akan lebih tepat jika menggunakan penggaris.

Dengan memakai penggaris, kolom yang tercipta akan menjadi lebih rapi. Nantinya kondisi rapi akan membuat Anda lebih semangat dalam menulis di dalamnya.

4. Isikan Keterangan

Jika garisnya sudah selesai, Anda tinggal mengisi keterangan di kolom tersebut. Keterangan sendiri mengacu pada perkiraan kolom yang dijelaskan sebelumnya. Keterangan tersebut berisi Nomor, Tanggal, Uraian, Pengeluaran, Pemasukan, dan Saldo.

5. Hitung Manual

Dengan menuliskan keterangan, pembuatan buku kas harian sudah selesai. Di sini Anda bisa langsung menuliskan hitungannya secara manual. Tentu Anda bisa menggunakan kalkulator sebagai alat bantu hitung.

Pastikan untuk detail ketika mengisi buku kas harian. Jika sampai ada kesalahan, kondisi tersebut akan menimbulkan kebingungan di masa depan.

Memang ada banyak orang yang merasa kesulitan karena tidak detail ketika mengisi buku kas. Perlu diingat, jangan sampai kesulitan semacam itu Anda rasakan juga. (SA)

Simak Juga : Cara Membuat Kado Yang Unik Dan Kreatif

Tinggalkan Balasan