Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas Kardus

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang mencari cara membuat kerajinan tangan dari barang kardus bekas untuk menghilangkan jenuh serta bosan karena harus berdiam diri di rumah. Hal ini tentunya juga dilakukan untuk mendukung langkah pemerintah dalam memutus rantai penularan covid 19.

Menghabiskan waktu dengan kerajinan dari kardus bekas yang mudah dibuat tentunya juga akan sangat menyenangkan. Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan dari barang tidak terpakai, mulai bingkai foto, miniatur, tempat lampu, sampai dengan rak buku.

Bagaimana, menarik bukan? Berbagai macam kerajinan tangan tersebut bisa Anda buat hanya menggunakan kardus bekas yang sudah tidak terpakai di rumah. Jadi, selain dapat mengurangi penggunaan ruang, kamu juga bisa memanfaatkannya menjadi hiasan rumah yang cantik.

Bukan hanya hiasan saja, Anda juga bisa menyulap barang tidak terpakai dan tidak berharga menjadi benda dengan memiliki nilai jual tinggi. Sebab, banyak orang menjual miniatur rumah, mobil, dan motor menggunakan barang tidak terpakai untuk dijadikan mata pencaharian.

Langkah – langkah yang dilakukan untuk membuat kerajinan dari barang bekas juga tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan keluarga, istri atau suami, maupun anak untuk meningkatkan keharmonisan dan kedekatan keluarga.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai cara membuat bingkai foto dan juga rak miniatur dari barang bekas. Setelah membaca teknik pembuatan kerajinan dari kardus ini, Anda juga bisa mencobanya di rumah bersama keluarga.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Bingkai Foto dari Barang Kardus Bekas

Kerajinan pertama yang bisa Anda buat dari bahan kardus bekas adalah bingkai foto. Walaupun terkesan murah karena terbuat dari barang bekas, namun jika dihias dengan cantik dan dikerjakan ikhlas tentunya bingkai foto tersebut dapat memiliki nilai tersendiri bagi Anda.

Tertarik dengan cara pembuatannya? Berikut langkah – langkah yang bisa Anda ikuti dalam membuat bingkai foto sendiri dari bahan kardus bekas yang hanya mempersempit gudang saja.

  1. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan bahan tidak terpakai di rumah Anda yaitu kardus bekas.
  2. Potong kardus sesuai dengan ukuran foto yang akan dimasukan ke dalam bingkai.
  3. Jangan hanya menggunakan satu lapis saja, gunakan beberapa lapis kardus supaya bingkai foto tetap kokoh walaupun terjatuh.
  4. Rekatkan potongan kardus tersebut, dan tunggu hingga kering.
  5. Agar bingkai foto bisa berdiri, buat juga penyangga dari bahan baku sama.
  6. Setelah lem sudah kering, Anda bisa menghiasnya dengan cat air sesuka hati dan juga semenarik mungkin.
Sedang Trending :  Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Sajiku

Cara Membuat Kerajinan Tangan Miniatur Dari Bahan Tidak Terpakai

Selanjutnya, kerajinan yang bisa Anda buat adalah miniatur. Menariknya, banyak orang yang menjual miniatur dari barang bekas semacam ini. Hal ini tentunya bisa menjadi prospek menarik untuk Anda lakukan. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat miniatur.

  1. Pertama, tentukan dulu miniatur apa yang akan Anda buat sebelumnya.
  2. Buatlah desain, atau pola dari miniatur yang bisa dengan mudah Anda temukan di internet, jadi tinggal copy dan paste saja.
  3. Agar rapi gunakan penggaris dan pensil dahulu untuk meminimalisir kesalahan, jika pola dirasa sudah tepat barulah gunakan spidol untuk mempertegas garis.
  4. Anda bisa membuat desain atau pola mulai dari mobil, rumah, maupun sepeda motor.
  5. Kemudian setelah selesai menggambar pola, potong kardus mengikuti pola yang sudah Anda buat sebelumnya.
  6. Rekatkan antar bagian kardus menggunakan lem.
  7. Agar tetap kokoh dan tidak langsung rusak ketika terjatuh jangan hanya gunakan satu lapisan, Anda bisa melakukan 2 – 3 lapisan kardus.
  8. Setelah lem kering, Anda bisa menghiasnya dan juga mewarnainya sesuka hati.

Barang tidak terpakai di rumah ternyata bisa disulap menjadi barang yang cantik bahkan bisa memiliki nilai juga. Salah satunya barangnya adalah kardus bekas yang hanya menghabiskan ruangan di gudang rumah kalian. (SA)

Simak Juga : Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah

Tinggalkan Balasan