Tips Cara Rekaman Dari Rumah

Alkisahnews.com – Cara rekaman dari rumah bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai banyak materi lagu dan ide dalam bermusik, akan tetapi tidak bisa sering-sering ke studio.

Tambahan lagi bagi mereka yang tidak memiliki biaya untuk menyewa studio rekaman. Jangan sampai hal ini menghalangi kreativitas yang dimiliki. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Cara Rekaman Dari Rumah

Tidak semua orang mempunyai modal yang cukup untuk membangun sebuah studio atau menyewanya. Namun, oleh karena perkembangan teknologi dan mudahnya mengakses informasi maka membuat studio rekaman di rumah bisa dilakukan. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam perangkat di sekitar Anda untuk mencoba mendekati peralatan studio rekaman profesional.

Peralatan Rekaman Dari Rumah

Walaupun dilakukan di rumah, proses rekaman akan tetap memerlukan peralatan home recording. Tenang saja, alat yang dibutuhkan tidak selengkap yang ada di studio. Beberapa alat tersebut antara lain:

1. Ruangan

Silahkan persiapkan ruangan yang kosong. Sebaiknya Anda memasang peredam suara pada ruangan ini agar suara tidak bocor yang merusak kualitas suara dan juga akan menimbulkan keributan di luar ruangan, terutama bila ruangan yang disediakan berdekatan dengan tetangga.

2. Komputer dan Laptop

Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi minimal untuk rekaman. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kecepatan prosesor dan kapasitas memori yang baik. Mengapa? Oleh karena banyak aplikasi atau software perekam lagu memerlukan dukungan laptop yang baik.

Anda bisa memiliki sistem operasi windows ataupun Mac. Namun, sampai saat ini banyak perekam yang memilih windows karena lebih mudah melakukan upgrade sound card.

3. Software atau Aplikasi Recording

Ada begitu banyak software atau aplikasi perekam yang bisa Anda gunakan di rumah. Silahkan cari di google dan pilih yang sesuai dengan spesifikasi musik Anda. Direkomendasikan untuk memilih aplikasi dengan lisensi freeware atau shareware. Untuk saat ini aplikasi yang paling sering dipakai adalah Garage Band dan Audacity.

4. Aplikasi Audio Mixer

Selain membutuhkan aplikasi recording audio, Anda juga harus mempersiapkan proses mixing-nya. Aplikasi yang bisa Anda gunakan bisa yang berbayar bisa juga yang gratisan semisal Adobe Audition, Audacity, Abletion Live, Cubase, Reaper, dan lain-lain.

5. Headphone/ Mikrofon

Headphone bisa dijadikan pengganti speaker dari monitor untuk mendegarkan hasil musik atau editannya. Selain itu, penggunaan headphone akan mengurangi rekaman yang bocor sehingga menjadi pedoman dalam proses rekaman.

Sementara itu, mikrofon akan menjadi alat yang sangat diperlukan. Beberapa jenis mikrofon akan berbeda. Anda bisa menentukan jenis mikrofon sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

6. Audio Interface

Audio interface ini memiliki fungsi untuk melancarkan koneksi antara alat musik dan mikrofon sehingga mudah untuk direcord di komputer. Alat ini harus ada dan tidak bisa diganti dengan alternatif yang lain.

Cara Rekam Suara dari Rumah dengan Ponsel

Merekam di rumah menggunakan smartphone kini menjadi lebih mudah. Mayoritas ponsel modern memiliki fitur rekaman suara bawaan yang memungkinkan Anda dengan mudah merekam, mengulang, dan menyempurnakan musik Anda, serta membagikannya ke perangkat lain atau aplikasi tertentu. Ini merupakan metode paling praktis untuk membuat demo musik.

Namun, untuk hasil rekaman yang berkesan profesional, aplikasi bawaan di ponsel mungkin tidak akan cukup. Meskipun begitu, Anda masih bisa menciptakan rekaman berkualitas tinggi dengan smartphone. Kuncinya adalah memilih aplikasi rekaman yang cocok dan berkualitas.

Selain aplikasi yang sesuai, penting juga untuk memiliki software pengeditan yang baik, mikrofon berkualitas, dan instrumen musik yang mendukung. Dengan perpaduan ini, Anda bisa menghasilkan karya musik yang luar biasa, bahkan jika hanya direkam menggunakan ponsel.

Tips Rekaman di Rumah dengan iPhone

iPhone dilengkapi dengan aplikasi rekaman suara standar bernama Voice Memo. Aplikasi ini sudah terpasang di perangkat, namun jika Anda kehilangan atau belum memilikinya, Anda dapat mengunduhnya tanpa biaya dari App Store.

Voice Memos adalah pilihan yang masih memadai untuk merekam suara, menangkap ide, atau membuat demo.

Inilah langkah-langkah untuk merekam di rumah menggunakan iPhone:

  • Buka aplikasi Voice Memos, tekan tombol rekam berwarna merah, dan mulailah memainkan musik Anda. Meskipun Anda tidak dapat menambah trek tambahan ke rekaman yang sudah ada, aplikasi ini akan otomatis menyimpan segala sesuatu yang Anda rekam.
  • Setelah selesai, Anda bisa mengirim rekaman tersebut ke perangkat lain atau membukanya dengan aplikasi berbeda untuk proses editing.
  • Untuk kualitas rekaman terbaik, pastikan mikrofon iPhone mengarah ke arah Anda dan lakukan perekaman di lingkungan yang tenang dan bebas dari kebisingan.

Cara Rekaman dari Rumah dengan Ponsel Android

Seperti iPhone, ponsel Android juga dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang berguna untuk merekam suara, dikenal sebagai Voice Recorder. Walaupun aplikasi ini tidak menyediakan hasil rekaman berkualitas profesional, ia mampu menghasilkan audio yang cukup baik untuk keperluan vocal dan demo.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan perekaman suara di rumah menggunakan smartphone Android:

  • Buka aplikasi perekam suara yang ada dan tekan ikon lingkaran merah untuk memulai proses perekaman.
  • Untuk menghentikan perekaman, tekan tombol berwarna abu-abu, lalu beri nama dan simpan file rekaman tersebut.
  • Rekaman bisa disimpan di perangkat atau dikirim ke aplikasi lain. Pastikan rekaman dilakukan di ruangan yang sunyi agar kualitas suaranya optimal.

Tentunya, rekaman dari rumah telah menjadi tren yang semakin populer, terutama di tengah keterbatasan yang kita hadapi saat ini. Untuk menghasilkan rekaman berkualitas tinggi dari kenyamanan rumah Anda, ada beberapa tips penting yang perlu diingat.

Pertama, pastikan untuk menyiapkan ruangan yang tenang dan terisolasi dari kebisingan luar. Pemilihan peralatan yang tepat juga sangat penting; mikrofon berkualitas, headphone, dan perangkat lunak pengeditan suara akan membuat perbedaan besar.

Selain itu, pencahayaan dan akustik ruangan harus diperhatikan untuk menghindari gema atau bayangan suara yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti tips ini, rekaman dari rumah tidak hanya akan lebih mudah tetapi juga dapat menghasilkan kualitas yang setara dengan studio profesional.

Tinggalkan Balasan