Cara Rekaman Dari Rumah
Tips Bagaimana Cara Rekaman Dari Rumah Dengan Mudah dan Praktis

Cara Rekaman Dari Rumah Dengan Mudah dan Praktis

Alkisahnews.com – Cara rekaman dari rumah bisa dilakukan oleh orang yang mempunyai banyak materi lagu dan ide dalam bermusik, akan tetapi tidak bisa sering-sering ke studio. Tambahan lagi bagi mereka yang tidak memiliki biaya untuk menyewa studio rekaman. Jangan sampai hal ini menghalangi kreativitas yang dimiliki. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Tips Cara Rekaman Dari Rumah

Tidak semua orang mempunyai modal yang cukup untuk membangun sebuah studio atau menyewanya. Namun, oleh karena perkembangan teknologi dan mudahnya mengakses informasi maka membuat studio rekaman di rumah bisa dilakukan. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam perangkat di sekitar Anda untuk mencoba mendekati peralatan studio rekaman profesional.

Baca Juga : Hubungan Email Dengan Pemanasan Global

Peralatan Rekaman Dari Rumah

Walaupun dilakukan di rumah, proses rekaman akan tetap memerlukan peralatan home recording. Tenang saja, alat yang dibutuhkan tidak selengkap yang ada di studio. Beberapa alat tersebut antara lain:

1. Ruangan

Silahkan persiapkan ruangan yang kosong. Sebaiknya Anda memasang peredam suara pada ruangan ini agar suara tidak bocor yang merusak kualitas suara dan juga akan menimbulkan keributan di luar ruangan, terutama bila ruangan yang disediakan berdekatan dengan tetangga.

2. Komputer dan Laptop

Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi minimal untuk rekaman. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kecepatan prosesor dan kapasitas memori yang baik. Mengapa? Oleh karena banyak aplikasi atau software perekam lagu memerlukan dukungan laptop yang baik.

Sedang Trending :  Yang Bukan Termasuk Aplikasi Pengolah Kata Pada Sistem Operasi Adalah Apa?

Anda bisa memiliki sistem operasi windows ataupun Mac. Namun, sampai saat ini banyak perekam yang memilih windows karena lebih mudah melakukan upgrade sound card.

3. Software atau Aplikasi Recording

Ada begitu banyak software atau aplikasi perekam yang bisa Anda gunakan di rumah. Silahkan cari di google dan pilih yang sesuai dengan spesifikasi musik Anda. Direkomendasikan untuk memilih aplikasi dengan lisensi freeware atau shareware. Untuk saat ini aplikasi yang paling sering dipakai adalah Garage Band dan Audacity.

4. Aplikasi Audio Mixer

Selain membutuhkan aplikasi recording audio, Anda juga harus mempersiapkan proses mixing-nya. Aplikasi yang bisa Anda gunakan bisa yang berbayar bisa juga yang gratisan semisal Adobe Audition, Audacity, Abletion Live, Cubase, Reaper, dan lain-lain.

5. Headphone/ Mikrofon

Headphone bisa dijadikan pengganti speaker dari monitor untuk mendegarkan hasil musik atau editannya. Selain itu, penggunaan headphone akan mengurangi rekaman yang bocor sehingga menjadi pedoman dalam proses rekaman.

Sementara itu, mikrofon akan menjadi alat yang sangat diperlukan. Beberapa jenis mikrofon akan berbeda. Anda bisa menentukan jenis mikrofon sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

6. Audio Interface

Audio interface ini memiliki fungsi untuk melancarkan koneksi antara alat musik dan mikrofon sehingga mudah untuk direcord di komputer. Alat ini harus ada dan tidak bisa diganti dengan alternatif yang lain. (ADM)

Baca Juga : Email Pemanasan Global

Tinggalkan Balasan