Faktor-faktor yang memberikan pengaruh terhadap besarnya tekanan adalah
Ilustrasi Faktor Besarnya Tekanan

Faktor-Faktor Yang Memberikan Pengaruh Terhadap Besarnya Tekanan Adalah Apa?

Dalam ilmu fisika, maka faktor-faktor yang memberikan pengaruh terhadap besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan. Tekanan atau pressure sendiri adalah nilai gaya dalam tiap satuan luas bidang permukaan.

Tekanan sendiri merupakan nilai ketika gaya menekan sebuah permukaan. Nilai dari pressure tersebut akan berbanding lurus dengan gaya tekan. Sebaliknya, besar tekanan akan berbanding terbalik dengan luas permukaan dari benda tersebut.

Faktor-Faktor yang Memberikan PengaruhTerhadap Besarnya Tekanan Adalah Apa?

Rumus tekanan adalah P = F/A. Yang mana P adalah pressure dengan satuan Pa atau N/m². F adalah gaya dengan satuan N dan Adalah luas bidang permukaan dengan satuan m².

Dari rumus tersebut terlihat jika faktor utama untuk bisa mempengaruhi pressure adalah gaya dan luas bidang. Kedua faktor ini akan menentukan besaran nilai nantinya.

1. Gaya Tekan

Secara pengertian maka gaya adalah besaran vektor dengan nilai dan juga arah. Pada tekanan, faktor ini merupakan gaya yang diberikan secara tegak lurus pada bidang tekan. Faktor ini juga sangat berpengaruh pada besaran pressure nantinya. Semakin besar nilai dari sebuah dorongan maka nilainya juga akan semakin besar.

2. Luas Permukaan

Faktor lain yang mempengaruhi pressure adalah luas permukaan. Luas permukaan ini akan berbanding terbalik dengan nilainya. Semakin besar permukaannya, maka semakin kecil nilai pressurenya.

3. Korelasi antar Faktor

Baik gaya maupun luas bidang, keduanya akan berpengaruh pada besar nilai tekanan. Dorongan yang diberikan bisa memiliki efek berbeda tergantung pada luas permukaan. Inilah nantinya yang akan menghasilkan nilai tekanan.

Sedang Trending :  Berikut Ini yang Bukan Gejala Listrik Statis Adalah Apa?

Semakin kecil bidang permukaannya, nilai dari tekanan akan semakin besar. Contohnya adalah jari tangan dan jarum suntik. Dalam hal ini maka jarum suntik memiliki luas permukaan yang lebih kecil.

Dengan besar gaya yang sama maka hasilnya akan berbeda. Ketika jari tangan tersebut digunakan untuk menekan tangan orang lain, maka nilai yang diberikan kecil. Hal ini karena permukaan tangan besar.

Sedangkan, jika menggunakan jarum suntik, dengan dorongan yang sama, maka jarum suntik memberikan nilai lebih besar karena luas permukaan yang lebih kecil.

Hal berbeda terjadi pada gaya tekan. Berapapun luas bidang permukaan, gaya tekan ini akan berbanding lurus dengan besar tekanan. Makin besar dorongan, makin besar juga tekanan.

Kesimpulannya adalah semakin kecil bidang tekan, maka dorongan akan terkonsentrasi pada area tersebut. Ini berbeda ketika menggunakan bidang tekan lebih lebar, karena dorongan akan lebih terdistribusi pada area luas.

Selain berdasarkan gaya tekan, maka pressure ini sendiri bisa dipengaruhi oleh massa benda. Rumusnya akan menjadi P=m.g/A. m merupakan massa benda. g menunjukan percepatan gravitasi. dan A adalah bidang permukaan.

Tekanan sendiri ada banyak jenisnya. Seperti tekanan pada zat padat, pada zat cair atau hidrostatik, dan juga pada gas. Setiap jenisnya ini memiliki rumus masing-masing. (SA)

Tinggalkan Balasan