Pluralitas Budaya Bangsa Sebaiknya Disikapi Dengan
Ilustrasi Pluralitas Budaya

Pluralitas Budaya Bangsa Sebaiknya Disikapi dengan Hal Ini

Info Pendidikan – Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan tindakan seperti apa? Tentunya sebagai warga negara kita wajib memahami hal ini dengan baik. Indonesia sendiri merupakan negara dengan keragaman yang sangat tinggi. Hampir setiap lokasi memiliki kebudayaan yang berbeda satu sama lain.

Negara ini dibangun oleh berbagai suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke jika. Sudah pasti mereka memiliki aturan dan kebudayaannya masing-masing. Jika pluralitas budaya bangsa tidak dipertahankan, tentu saja kekuatan negara ini akan sangat berkurang.

Sebagai generasi muda, kita harus mengetahui apa saja sikap-sikap yang harus ditempuh untuk mempertahankan kebhinekaan negeri ini dan menjaganya dari dalam. Jika tidak, pasti ada pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen tersebut.

Pluralitas Budaya Bangsa Sebaiknya Disikapi dengan?

Penting untuk dipahami kalau materi satu ini merupakan materi pelajaran Sosiologi di bangku SMP. Umumnya seorang guru akan memberikan beberapa opsi jawaban (pilihan ganda) agar memudahkan Anda dalam memahami pertanyaan tersebut.

Sejauh ini ada 5 opsi jawaban yang bisa Anda pilih untuk melengkapi pertanyaan kebhinekaan di atas. Diantaranya adalah :

A. Keseragaman agar tercapai kedamaian di dalam negeri ini.
B. Berusaha untuk mempelajari tarian adat daerah
C. Mempelajari berbagai jenis lagu daerah masing-masing
D. Mengarang lagu bahasa daerah sebagai representasi kebanggaan
E. Mempelajari seni bela diri karate

Dari ke-5 jawaban tersebut, mana yang menurut Anda paling tepat dalam merepresentasikan pluralisme itu sendiri? Dalam hal ini para ahli sepakat kalau jawaban yang paling tepat adalah (A) yakni keseragaman agar tercapai kedamaian di dalam negeri ini.

Sedang Trending :  Berikut Ini yang Bukan Merupakan Struktur Penyusun Bumi Adalah Apa?

Mengapa harus jawaban A yang paling tepat? Padahal jawaban yang lain juga bernada positif? Tentu saja ada alasan kuat yang mendasari hal ini. Para pakar sudah mempertimbangkannya dengan sangat baik berdasarkan pemahaman mereka.

Alasan Kenapa Jawabannya Harus A

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih detail, tentu harus Anda harus mengenal makna dari pluralisme itu sendiri. Dalam hal ini pluralisme berasal dari 2 kata utama. Kata pertama adalah plural, sedangkan kata lainnya adalah isme.

Arti dari kata Pluralisme ini sendiri adalah kesepahaman diatas keberagaman. Jika diartikan secara harfiah, pluralisme adalah sebuah ideologi yang memungkinkan setiap orang untuk menghargai perbedaan di dalam satu kelompok masyarakat.

Pluralisme juga berarti pembolehan terhadap masing-masing kelompok untuk mempertahankan keragamannya tersebut tanpa mengancam atau merendahkan kebudayaan yang dipegang oleh suku lainnya.

Jika merujuk pada beberapa opsi yang diberikan oleh guru di atas, maka jawaban yang paling merepresentasikan hal tersebut adalah jawaban A, yakni Keseragaman agar tercipta kedamaian di negeri ini.

Bukan tanpa alasan, pluralitas budaya sendiri memang harus disikapi dengan sikap toleransi terhadap keberagaman. Makna yang terkandung dalam hal ini adalah sebagai warga negara kita harus bersikap sebagai satu kesatuan agar kedamaian bisa terjaga dengan baik.

Jika masing-masing pihak terlalu menonjolkan kebudayaan dan perbedaan masing-masing tentu saja kedamaian dan persatuan negeri ini adalah hal yang nonsense dan tidak mungkin terjadi. Siapa lagi yang harus bertindak kalau bukan kita semua sebagai generasi muda? (SA – AlkisahNews.com)

Tinggalkan Balasan