Cara Membuat Martabak Manis Teflon Rumahan Sederhana
Tutorial Cara Membuat Martabak Manis Teflon Rumahan Sederhana

Cara Membuat Martabak Manis Teflon Rumahan Sederhana

Memakan martabak manis di malam hari dengan ditemani kopi atau teh memanglah nikmat, oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara membuat martabak manis teflon rumahan sederhana.

Dengan begitu kalian bisa resep martabak manis teflon empuk dan lembut ini kapan saja kalian mau. Jika harus membelinya, Anda bisa mengeluarkan budget mulai dari Rp 20.000,- sampai Rp 50.000,- tergantung dari varian rasa dan juga topping di atasnya.

Di beberapa tempat, makanan ini memiliki berbagai nama lain, di antara adalah terang bulan, martabak bangka, hok lo pan, kue bandung, apam pinang, dan masih banyak lagi sebuatan lainnya. Namun, tetap saja bentuk dan rasanya yang sama, yaitu setengah lingkaran dan manis.

Menurut sejarahnya, makanan ini pertama kali berasal dari bangka belitung yaitu dengan sebutan hok lo pan. Kabarnya martabak manis atau hok lo pan diciptakan oleh hakka (khek) bangka. Hok lo pan sendiri memiliki artian yaitu kue orang hoklo.

Semakin berkembangnya zaman yang menyebabkan globalisasi juga semakin membuat varian rasa dari makanan ini bertambah macamnya. Makanan ini yang sebelumnya hanya memiliki rasa cokelat, sekarang sudah memiliki banyak varian rasa mulai dari red velvet, matcha, strawberry, toblerone, dan masih banyak rasa lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Krispi Dengan Tepung Biasa

Resep dan Cara Membuat Martabak Manis Teflon Rumahan Sederhana

Cara membuat makanan ini tidaklah mudah, bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Selain bisa lebih menghemat biaya membuat sendiri makanan ini di rumah juga lebih sehat, karena bahan – bahan yang kamu pilih untuk membuatnya pastilah bahan baru dan tidak kedaluwarsa.

Tidak hanya itu saja, jika sedang diet Anda juga bisa mengatur sendiri kemanisan sesuai keinginan atau bisa juga menggunakan gula yang lebih sehat lagi. Walaupun buatan sendiri, dengan bahan dan cara tepat, pasti rasanya tidak akan jauh berbeda dari yang jual dipinggir jalan.

Berikut bahan – bahan yang Anda perlukan dalam cara membuat martabak manis teflon anti gagal di rumah.

  • 225 gr tepung protein sedang
  • 30 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • ½ sendok teh baking powder
  • 230 ml air putih + 50 ml air putih
  • ½ sendok teh soda kue
  • Mentega
Sedang Trending :  Cara Membuat Donat Manual

Untuk toppingnya sendiri bisa Anda pilih sesuai selera, namun berikut kami berikan topping martabak manis pada umumnya.

  1. Gula pasir
  2. Kacang
  3. Keju
  4. Cokelat
  5. Susu kental manis putih
  6. Dan topping tambahan sesuai selera Anda

Kemudian, berikut langkah – langkah dalam membuatnya.

  1. Campurkan semua bahan ke dalam satu wadah, kemudian aduk menggunakan mixer selama 5 menit.
  2. Kemudian diamkan dahulu adonan selama 3 jam.
  3. Setelah itu, panaskan teflon dengan api sedang agar tidak cepat gosong.
  4. Agar tidak lengket, sebelum menuangkan adonan ke dalam teflon oleskan dulu mentega secara merata.
  5. Ketika martabak sudah setengah matang, taburkan berbagai macam topping sesuai selera Anda.
  6. Selanjutnya, tinggal tunggu martabak manis sampai matang dan siap untuk disajikan.

Simak Juga : Cara Membuat Ayam Crispy Dengan Tepung Sajiku

Fakta Unik Martabak Manis Yang Dijadikan Obat Ampuh Peluluh Hati Calon Mertua

Menariknya, makanan ini dianggap bisa menjadi senjata ampuh untuk meluluhkan hati calon mertua. Kebanyakan laki – laki akan membawakan calon mertuanya martabak manis ketika berkunjung ke rumah pacar atau mungkin sehabis pulang jalan dengan pacar.

Hal seakan menjadi tradisi tidak tertulis bagi para calon menantu laki – laki untuk mendekati calon mertuanya. Mungkin mereka beranggapan bahwa rasa manis dari makanan ini bisa membuat senang hati dan juga mood dari calon mertua, sehingga calon mertua mau memberikan restunya untuk berpacaran dengan anaknya.

Tradisi ini juga sudah dilakukan cukup lama dan bukan hanya sekarang – sekarang ini saja. Hal tersebut berarti menandakan makanan ini benar – benar ampuh untuk meluluhkan hati calon mertua kalian. (SA)

Baca Juga : Cara Membuat Batagor Sederhana Dari Tepung Terigu

Tinggalkan Balasan