Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral
Panduan Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral

Alkisahnews.com – Sebagai sampah yang sulit terurai, Anda dapat mencoba melakukan cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral. Jadi tumpukan sampah berkurang, sementara hasil daur ulang plastik dapat menjadi benda bermanfaat.

Sebenarnya ada banyak ide yang dapat dibuat dari bekas botol air mineral ini. Setiap bagiannya bisa diubah menjadi benda bermanfaat, mulai dari botol itu sendiri maupun tutupnya.

Pembuatannya juga tidak sulit, hanya perlu ketelatenan dan ketelitian. Bahan – bahannya juga mudah ditemukan, mungkin cukup menambahkan dekorasi lain agar hasilnya lebih lucu dan terasa lebih berwarna.

Baca Juga : Cara Membuat Taman Kecil Di Depan Rumah

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral

Berikut ini adalah 4 kerajinan tangan sederhana hasil dari daur ulang botol bekas air mineral. Anda dapat mencoba membuatnya di rumah dengan menyiapkan seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan.

1. Terarium Sederhana

Kerajinan tangan pertama adalah terarium sederhana dari bekas botol air mineral. Alat juga bahan yang dibutuhkan hanyalah bekas botol plastik bening, lem tembak, media tanam, tanaman, bola bekel tidak terpakai.

  1. Langkah pertama adalah membelah botol bening menjadi 2 bagian yaitu bagian atas dan bawah. Masukkan media (batu kerikil, tanah, pupuk) ke dalam botol bagian bawah. Mulai dari kerikil dahulu, tanah, pupuk.
  2. Selanjutnya masukkan tanaman yang kurannya tidak terlalu besar sehingga bisa masuk ke dalam botol. Anda dapat menambahkan hiasan kecil seperti hewan mainan di dalamnya. Satukan kembali dengan potongan botol bagian atas.
  3. Sementara berkas tutup botolnya bisa ditutupi menggunakan bola bekel bekas yang masih bagus. Caranya adalah menempelkannya menggunakan lem tembak pada sisi – sisinya.

2. Pot Bunga Gantung

  1. Kerajinan kedua yaitu pot bunga gantung. Siapkan botol bekas, tanah, pupuk, tali, gunting, palu, paku, cat.
  2. Potong botol plastik menjadi 2 bagian, lubangi botolnya sebagai jalan masuk tali gantungan.
  3. Cat seluruh sisi botol menggunakan warna yang diinginkan, keringkan di bawah sinar matahari.
  4. Masukkan tali ke tiap lubang tadi, lalu bentuk menjadi gantungan. Kemudian masukkan tanah, pupuk, tanaman di dalamnya. Pot bunga siap digantung di area halaman rumah.
Sedang Trending :  Cara Ambil Uang di ATM BCA Tanpa Kartu

3. Tempat Pensil dan Bolpoin

Berikutnya adalah tempat pensil, bolpoin, ataupun alat – alat menulis lainnya. Kerajinan dari botol bekas yang mudah dibuat ini hanya perlu botol plastik bekas, kain flanel, tali kur, kardus, lem tembak, gunting.

  1. Potong kardus menjadi bentuk tabung untuk mengelilingi botol bekas nanti
  2. Lapisi menggunakan kain flanel, caranya cukup direkatkan menggunakan lem tembak
  3. Potong botol menjadi beberapa ukuran, Anda dapat memotongnya sesuai selera dan kebutuhan.
  4. Susun kardus untuk ditempelkan pada botol bekas tadi. Eratkan menggunakan lem tembak agar tempat pensil tersebut melekat sempurna serta tidak mudah lepas dari kardusnya.

4. Dompet Mini untuk Uang Koin

Kerajinan tangan berikutnya yaitu dompet mini untuk uang koin. Bahan serta peralatan yang dibutuhkan hanyalah 2 botol bekas air mineral, lem tembak, cutter, resleting.

  1. Potong 2 botol bekas air mineral, cukup ambil bagian bawahnya saja.
  2. Lubangi bagian tengah sebagai tempat untuk tali pengait.
  3. Satukan kedua potongan botol tadi menggunakan resleting, rekatkan menggunakan lem tembak.
  4. Dompet mini sebagai wadah uang koin sudah dapat digunakan.

Sebenarnya masih ada banyak kerajinan tangan lainnya yang bisa diciptakan dengan menggunakan bahan utama, yaitu botol bekas air mineral. Cara membuat kerajinan dari botol plastik sangat mudah tapi tetap membutuhkan ketelatenan. (SA)

Simak Juga : Cara Menagih Hutang Ke Orang Yang Susah Bayar

Tinggalkan Balasan