Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah
Tutorial Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

Alkisahnews.com – Untuk membuat halaman tampak indah, Anda dapat menerapkan cara membuat taman kecil di depan rumah. Taman memberikan kesan sejuk pada rumah, apalagi jika banyak diberikan tanaman hijau.

Walaupun memiliki lahan terbatas, bukan menjadi masalah untuk mewujudkan rumah impian yang dihiasi oleh taman minimalis. Yang perlu dilakukan adalah cukup menyesuaikan ukuran halaman dengan keinginan konsep taman.

Dengan begitu, walaupun hanya memiliki lahan sempit, namun tetap dapat memberikan pemandangan asri di sekitarnya. Berikut panduan bagaimana membuat taman kecil di depan rumah dengan langkah – langkah sederhana.

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah

Dalam menghadirkan taman minimalis depan rumah, wajib memperhatikan beberapa hal. Misalnya ukuran lahan, konsep taman, jenis tanaman, saluran air, dan sebagainya. Berikut adalah cara membuat taman yang bisa Anda coba.

1. Menyiapkan Lahan dan Cek Ulang Ukurannya

Pertama, siapkan lahan yang akan digunakan sebagai area taman agar dapat memperkirakan jenis tanamannya. Hal penting dalam menyiapkan lahan adalah mengukur luasnya halaman agar mudah menentukan spot peletakan tanaman.

Biasanya jika rumah ukuran 36, luas taman depan yang dapat dipakai adalah sekitar 3,5 x 6 meter. Jadi Anda dapat menjadikan ukuran tersebut sebagai patokan luas sempitnya area taman nanti.

2. Menentukan Konsep yang Cocok dengan Tema Rumah

Selanjutnya adalah menentukan konsep yang cocok dengan tema atau tipe rumah. Tujuannya untuk tetap menjaga keharmonisan dan keseimbangan antara konsep taman dengan model tempat tinggal.

Misalnya untuk rumah desain mewah bisa ditambahkan air mancur bersama kolam ikan. Atau halaman yang tidak ada dekorasi apapun bisa dipenuhi oleh tanaman hijau.

3. Membuat Denah Tata Letak Tanaman

Langkah ketiga adalah membuat denah kasar mengenai tata letak elemen taman. Anda dapat memisahkan antara area hijau dengan bunga berwarna – warni. Namun idealnya, untuk area hijau membutuhkan sekitar sepertiga luas lahan.

Sedang Trending :  Cara Beli Pulsa Pakai Gopay

Perhitungkan juga tambahan elemen lain seperti meja outdoor, kursi santai, atau bahkan kolam mini. Jika tertarik menambahkan kolam, pastikan bahwa ukurannya tidak lebih dari dua per tiga luas lahan.

4. Memilih Tanaman yang Serasi dan Menyediakan Saluran Air

Langkah selanjutnya paling penting untuk memperindah halaman Anda, yaitu memilih tanaman yang serasi. Selalu perhatikan bagaimana cara menata bunga di depan rumah yang baik dan benar.

Hal ini dikarenakan setiap bunga memiliki ruang tumbuh yang berbeda – beda. Anda dapat melapisi tanah dengan rumput tanaman atau menggunakan tanaman dalam pot agar penataan serta perawatan jauh lebih mudah.

Membuat taman minimalis tidak hanya memperhatikan keindahan areanya saja, melainkan saluran air untuk proses penyiraman. Pastikan bahwa tidak ada genangan dalam saluran untuk menghindari kebusukan tumbuhan.

5. Memberi Tambahan Penerangan dan Dekorasi

Penerangan jadi faktor penting agar tetap memperindah taman walau sedang malam hari. Cobalah menggunakan lampu tenaga surya agar lebih hemat listrik. Gunakan warna lampu yang hangat untuk memberikan kesan tenang.

Anda juga bisa menambahkan dekorasi kecil – kecilan untuk menambah sedikit keramaian pada taman. Misalnya menambahkan pajangan lukisan simpel atau pagar kecil di area sekitarnya.

6. Merawat Tanaman dan Menjaga Kebersihan Taman dengan Rutin

Langkah terakhir tentunya rajin merawat tanaman serta menjaga kebersihan area sekitar taman dengan rutin. Anda perlu konsisten menyiram, memberikan pupuk sesuai takaran, serta membersihkannya dari hama.

Melalui langkah – langkah di atas, Anda dapat menyulap halaman kecil depan rumah menjadi taman minimalis. Hadirnya tanaman cantik dan tumbuhan hijau bikin taman depan rumah jadi lebih asri nan sejuk. (SA)

Tinggalkan Balasan